Destinasi

10 Destinasi Wisata Bengkulu Terpopuler, Terbaru dan Punya Pesona Memukau

Destinasi Wisata Bengkulu

Pernah berkunjung Ke Bengkulu? Sebuah Provinsi yang berada di Pulau Sumatera ini punya julukan Bumi Rafflesia, di mana di Bengkulu lah asal habitat dari bunga Rafflesia Arnoldi atau yang juga biasa dikenal dengan bunga bangkai. Tapi bukan itu saja keunggulan yang dimiliki Bengkulu. Siapa sangka, walaupun namanya mungkin tidak seterkenal daerah lain dalam hal wisata, namun destinasi wisata Bengkulu ternyata tidak kalah saing dan tidak kalah menarik dibanding daerah lainnya.

Berwisata ke Bengkulu akan membuatmu bisa menikmati destinasi menarik, mulai dari pesona alam yang indah seperti gunung, pantai, air terjun ataupun tempat wisata Bengkulu terbaru dan terhits yang sedang populer dikunjungi para wisatawan.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Purwakarta Terbaru, Terpopuler, Murah Meriah dan Seru Untuk Didatangi

Bila kamu berniatan untuk mengunjungi Bengkulu, jangan lupa meluangkan waktumu untuk singgah di tempat wisata Bengkulu berikut ini, mulai dari yang terpopuler, terbaru dan pastinya yang juga punya pesona yang memikat mata.

Destinasi Di Bengkulu

1. Fort (Benteng) Marlborough

Marlborough Salah satu destinasi wisata di Bengkulu yang Harus Dikunjungi

Benteng Marlborough berlokasi di Jalan Benteng, Keluruhan Kebun Keling, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu. Benteng peninggalan Inggris ini termasuk benteng terkuat kedua yang ada di wilayah timur Asia Tenggara. Sebelumnya, benteng ini pernah digunakan sebagai kantor, penjara dan juga barak. Kemudian di tahun 1977, Depdikbud akhirnya mengambil alih benteng ini dan melakukan pemugaran.

Yang unik dari benteng ini adalah bentuknya yang punya desain bentuk seperti kura-kura. Selain itu, bagian belakang benteng pun langsung menghadap ke arah Samudera Hindia lho. Di benteng ini, kamu masih bisa menjumpai adanya benda-benda peninggalan Inggris dan juga Belanda yang dijaga sampai saat ini.

2. Bukit Kaba

Wisata Alam Bukit Kaba

Kamu yang suka mendaki, pastinya akan cocok untuk datang ke Bukit Kaba ini. Bukit Kaba sendiri sebenarnya adalah gunung berapi yang masih aktif, dan masuk dalam kawasan Taman Wisata Alam. Di sini terdapat tempat konservasi bunga Rafflesia Arnoldi.

Bukit Kaba punya ketinggian 1,937 mdpl, yang bisa didaki mulai dari pendaki pemula hingga yang sudah mahir sekalipun. Di bagian puncaknya, kamu bisa berkemah. Dan tidak lupa untuk tidak melewatkan untuk menyaksikan pesona kawah hidup, kawah mati, dan juga pemandangan hutan Bengkulu dilihat dari ketinggian. Kamu pun juga bisa melihat keindahan matahari terbit dan tenggelam dari sini, lho.

3. Bukit Batu Kandis

Batu Kandis Bengkulu

Satu lagi surganya para pecinta alam. Tapi, di Bukit Batu Kandis yang berada di Bengkulu Tengah ini mengharuskan kamu untuk melakukan panjat tebing dengan ketinggian hingga 125 meter, agar bisa mencapai puncak. Wow!

Di bagian puncak bukit yang bentuknya seperti segitiga ini, terdapat kolam air jernih yang tidak pernah kering, sekalipun sedang kemarau. Di sini, kamu akan disajikan pemandangan sekitar yang hijau, segar, rindang, dan indah. Sangat memanjakan mata para pengunjung yang datang.

Satu lagi yang membuat bukit ini menarik, yaitu di bukit inilah pertama kali Bunga Rafflesia Arnoldi ditemukan pada 1818. Hingga saat ini pun, kamu yang datang ke Bukit Batu Kandis masih bisa melihat tanaman ini di sana.

Baca Juga: Terkenal Dengan Keindahan Alamnya, Rekomendasi Tempat Wisata Di Bangka

4. Danau Dendam Tak Sudah

Seram yah namanya, Danau Dendam Tak Sudah

Ketika pertama kali membaca atau mendengar namanya, mungkin kata yang akan kamu berikan adalah unik. Tapi bukan hanya punya nama unik, tapi danau ini ternyata punya pemandangan yang sangat indah, lho.

Konon katanya, nama danau ini berasal dari cerita dulu kala, di mana terdapat sepasang kekasih yang menjatuhkan diri mereka di danau ini untuk bunuh diri. Ini karena hubungan mereka tidak direstui orang tua perempuan.

Lokasinya berada di Dusun Besar, Kota Bengkulu. Di sini, kamu bisa melihat flora langka seperti anggrek matahari, dan ada juga fauna khas daerah sana yaitu siamang. Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa wisata kuliner Bengkulu di sana, lho.

5. Curug Sembilan

Curug Sembilan

Wisata Bengkulu selanjutnya yang harus kamu masukkan dalam daftar destinasi wisatamu adalah Curug Sembilan.

Kalau biasanya curug hanya memiliki satu aliran air dan juga kolam di bawahnya, namun di Curug Sembilan Bengkulu ini kamu bisa melihat ada 9 aliran air terjun yang bertingkat, dan juga sekaligus ada Sembilan kolam di bawahnya.

Kamu yang suka suasana rindang pepohonan, dan menikmati segarnya air dari curug, pasti akan menyukai tempat satu ini. Untuk menikmati itu semua, kamu bisa datang ke Tanah Hitam, Marga Sakti, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara. Jangan lupa bawa baju ganti, ya!

6. Danau Mas Harun Bastari

Wisata Di Bengkulu Danau Mas Harun Bastari

Kamu yang suka berfoto, dan ingin meng-upload foto liburanmu di Bengkulu, wajib datang ke tempat satu ini. Di Danau Mas Harun Bastari yang berada di Jalan Karang Jaya, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Lokasinya tidak jauh dari Bukit Kaba.

Bukan hanya tersedia spot foto menarik di danau yang punya bentuk huruf C di tengahnya, namun kamu juga bisa memancing, menaiki wahana yang tersedia seperti flying fox, sepeda air, dan lainnya. Fasilitasnya pun terbilang lengkap, lho.

7. Pantai Sungai Suci

Destinasi Wisata Pantai di Bengkulu

Walaupun namanya sungai, tapi destinasi wisata Bengkulu satu ini adalah sebuah pantai indah yang punya keunikan sendiri. Ketika kamu datang ke sini, kamu bisa mendatangi pulau kecil yang berada di tengah laut. Kamu juga bisa merasakan sensasi memacu adrenalin dengan menyebrang menggunakan jembatan gantung yang beralas papan kayu.

Nah, selain itu, tahukah kamu, ternyata Pantai Sungai Suci ini juga sering disama-samakan dengan Tanah Lot Bali, lho. Kamu yang anak pantai, wajib datang ke sini ya!

8. Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung Karno

Selain wisata alam, Bengkulu juga punya wisata sejarah, lho. Seperti satu ini, yaitu Rumah Pengasingan Bung Karno.

Rumah ini dulunya adalah rumah milih orang Tionghoa bernama Tjang Tjeng Kwat, yang adalah seorang pekerja Belanda. Ia bekerja sebagai penyalur sembako untuk Belanda. Lalu, rumah ini disewa Belanda untuk dijadikan rumah pengasingan Bung Karno di tahun 1938 hingga 1942.

Sekarang ini, rumah ini dijadikan sebagai museum, tempat kamu bisa melihat peninggalan-peninggalan pada masa pengasingan tersebut, seperti ranjang besi, buku-buku bahasa Belanda, dan juga surat cinta Bung Karno untuk Fatmawati.

Selain itu, di tahun 2018 lalu, tempat ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai situs wisata sejarah terpopuler di Indonesia, lho.

9. Taman Nasional Kerinci Seblat

Destinasi Wisata Bengkulu bermain bersama Gajah Sumatera di Taman Nasional Kerinci Seblat

Seperti Lampung yang punya Way Kambas, Bengkulu pun memiliki tempat konservasi gajah yang disebut Pusat Pelatihan Gajah (PPG) Seblat, yang juga termasuk bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat.

Jadi tempat ini bukan hanya untuk pelestarian dan juga konservasi saja, namun juga tempat pelatihan agar gajah memiliki keterampilan dan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Di sini, kamu bisa melihat gajah di alam bebas, bahkan mereka yang pandai atraksi dan melakukan permainan.

10. Pantai Panjang

Pantai Panjang, Destinasi Wisata yang tidak terlalu jauh dari Kota

Satu lagi wisata pantai yang wajib didatangi ketika ke Bengkulu, yaitu Pantai Panjang. Pemberian nama ini karena pantai ini punya garis pantai yang terbilang panjang hingga 7 kilometer.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Berastagi Terbaru yang Wajib Dikunjungi!

Pasir pantai putih, pohon cemara di bibir pantai, dan bisa melihat panorama senja yang indah, adalah beberapa hal yang ditawarka Pantai Panjang untuk kamu yang datang ke sana. Apalagi, ombak laut di Pantai Panjang termasuk yang tenang, sehingga pengunjung pun bisa bermain air sambil menikmati suasana pantai.

Nah, daftar Destinasi wisata Bengkulu di atas bikin ingin jalan-jalan ke Bengkulu kan?

Related posts

Begitu Memesona, Inilah 13 Pemandangan Alam Terindah di Indonesia

Risma

Cek Promo Dufan Bulan April Di Sini!

Rostina

Tempat Wisata Purwokerto, Buat Kamu yang Kangen Traveling

Primaditya Riesta

Leave a Comment