Onthespotrest
Kesehatan

Bahaya dan Manfaat Makanan Siap Saji Menurut WHO dan FAO

Makanan siap saji ini sudah menjadi dambaan banyak orang, tidak sedikit anak – anak, remaja hingga dewasa sering memakan makanan siap saji atau fast food. Walaupun terlihat berbahaya tetapi sebenarnya ada manfaat yang terkandung pada makanan siap saji ini.

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai manfaat makanan siap saji pastikan Anda mengetahui lebih dahulu apa saja yang termasuk makanan siap saji dan apa saja kandungan makanan siap saji.

Yang termasuk makanan siap saji adalah seperti fried chicken, hamburger, pizza. Kemudian kandungan yang ada didalamnya adalah kalori, lemak, folat, vitamin dan kalsium.

Jadi sudah bisa dipastikan bahwa makanan siap saji juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh tetapi ingat Anda harus makan secukupnya saja.

Berikut ini tiga manfaat makanan siap saji,

1. Relatif Cepat

Dari namanya saja sudah terlihat bahwa makanan siap saji ini disajikan dengan waktu yang cepat, praktis dan siap dimakan.

2. Tidak rusak / basi

Selain itu makanan siap saji juga sudah dikemas dengan packaging terbaik agar bisa dibawa kemana saja dan sudah diberikan formula terbaik agar tidak mudah basi.

3. Mudah diperoleh

Hampir di semua jajanan di jalan ataupun di restoran memiliki banyak menu makanan siap saji dengan berbagai jenis. Selain itu juga perkembangan teknologi memasak membantu memberikan makanan siap saji yang tepat.

Setelah Anda mengetahui manfaat dari makanan siap saji setelah ini Anda juga wajib mengetahui bahayanya. Bahaya makanan siap saji menurut WHO (World Health Organization) dan Food and Agricultural Organization of the United Nations (FAO):

1. Karbohidrat Tinggi

Makanan siap saji ini pastinya memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi karena mereka memiliki kandungan tinggi lemak, gula, garam yang akan memberikan dampak negatif bagi tubuh. Salah satunya bisa menyebabkan penyakit diabetes jika dikonsumsi berlebihan.

2. Kalori Tinggi

Memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa makanan siap saji ini mengandung kalori yang tinggi. Kalori yang tinggi bisa mengakibatkan obesitas baik itu anak – anak, remaja maupun dewasa.

3. Nutrisi Rendah

Di zaman modern saat ini makanan siap saji ini mudah ditemukan, harga murah, praktis dan siap disantap kapanpun dengan rasanya yang enak dan lezat. Walaupun begitu kandungan nutrisi yang ada didalamnya relatif lebih rendah.

4. Zat Aditif

Pastinya Anda mengetahui dengan baik di dalam menu ingredients atau komposisi makanan siap saji tersebut. Makanan siap saji hanya menggunakan zat aditif seperti pengawet, pewarna dan penguat rasa agar lebih taste di lidah. Namun hal tersebut tidak baik dan bisa mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga : Mengapa kita butuh makanan dan minuman dalam hidup ?

Sebagai Tambahan

Oleh karena itu tidak sedikit remaja dan dewasa sudah menderita penyakit kronis seperti jantung, darah tinggi dan yang lainnya. Hal ini dikarenakan memakan makanan siap saji yang berlebihan. Sehingga saat ini perlu bagi Kita untuk hidup sehat yang dimulai dari memperhatikan asupan. 

Emkay Blast Lite
jasa pembuatan website

Related posts

Makanan Tepat Untuk Anak Batuk Pilek

Arif Buz

Rekomendasi Makanan Yang Mengadung Protein

Arif Buz

Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Arif Buz

Leave a Comment