Onthespotrest
Destinasi

Cara Ke Nusa Penida. Ketahui Hal-Hal Ini!

Nusa Penida adalah salah satu destinasi wisata favorit wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Nusa Penida sendiri adalah salah satu dari 3 nusa (Penida, Lembongan dan Ceningan) yang merupakan bagian dari Provinsi Bali. Posisinya berada di sebelah tenggara pulau Bali. Tidak sedikit orang yang kemudian mencari informasi mengenai destinasi ini dan juga bagaimana cara ke Nusa Penida.

Salah satu keindahan yang bisa kamu lihat adalah Pantai Kelingking. Dan spot favorit para wisatawan adalah Kelingking Secret Point, di mana wisatawan bisa berfoto dari atas tebing berlatarkan bukit kecil yang menyerupai dinosaurus tertidur.

Adapula pantai Pasih Uug yang berlokasi di kaki tebing karang, yang punya ombak yang tenang. Di sini ada karang bolong mirip sebuah gerbang menuju kolam. Bila air laut sedang jernih, kamu bisa melihat ikan pari dan penyu yang sedang berenang di perairan.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Nusa Penida Paling Keren

Tips Bila Akan Ke Nusa Penida

Sebelum mengetahui cara ke Nusa Penida, ada baiknya kamu mengetahui beberapa tips berikut ini:

Buat itinerary yang matang

Karena destinasi wisata yang ada di Nusa Penida termasuk beragam, kamu harus membuat itinerary yang jelas sebelum pergi. Pelajari informasi mengenai tempat wisata yang ada, dan buat jadwal perjalanan.

Membawa barang seperlunya

Bila kamu berencana traveling ke Nusa Penida tidak lebih dari 3 atau 4 hari, maka kamu tidak perlu membawa banyak barang bawaan ataupun pakaian yang berlebihan. Membawa barang seperlunya akan memudahkan kamu dalam perjalanan. Cukup pastikan kamu membawa pakaian ganti, serta peralatan penting yang kamu butuhkan saja.

Membawa uang tunai

Meskipun tidak sedikit orang yang menjadikan tempat ini sebagai destinasi favorit, tak terkecuali bagi wisatawan asing, namun fasilitas di sana belum selengkap di Bali. Jadi, bila kamu tidak mau kesulitan menemukan ATM serta tarik tunai, maka siapkan uang tunai sebelum kamu berangkat ke Nusa Penida.

Membawa makanan yang cukup

Makanan ini bisa berguna bila kamu tidak sedang dekat dengan tempat makan. Bawa perbekalan secukupnya dan pastikan makanan-makanan tersebut yang bisa mengenyangkan.

Cara Ke Nusa Penida

Ada dua cara untuk Nusa Penida trip, yaitu dengan menggunakan helikopter dan juga menyeberang laut. Cara yang paling favorit pilihan wisatawan tentunya adalah dengan menyeberangi perairan Selat Badung dengan menggunakan kapal, baik itu perahu tradisional, speed boat, fast boat ataupun kapal feri.

Bila kamu memutuskan menyeberang laut, maka pastikan kamu mengetahui tujuan Pelabuhan kapal yang kamu gunakan. Karena Nusa Penida sendiri memiliki 4 pelabuhan yang berbeda, yaitu Pelabuhan Toya Pakeh bila kamu datang dari Nusa Lembongan, Pelabuhan Banjar Nyuh yang merupakan tempat sebagian besar kapal cepat dari Pelabuhan Sanur, Dermaga Sampalan yang merupakan tempat fast boat yang berasal dari Pelabuhan Tribuana dan juga Pelabuhan Banjar Bias Pantai Kusamba Klungkung, serta ada Pelabuhan Buyuk yang jadi tempat beberapa fast boat asal Sanur dan Pelabuhan Tribuana Klungkung.

Dermaga atau Pelabuhan tempat penyeberangan dari Bali menuju Nusa Penida juga beragam, yaitu bisa dari Pelabuhan Sanur yang berlokasi di Pantai Matahari Terbit Sanur, ada juga dari Pelabuhan Serangan, Pelabuhan Tribuana dan Pelabuhan Banjar Bias Pantai Kusamba Klungkung, serta Pelabuhan Padang Bai.

1. Menggunakan kapal Roro (Roll of Roll On) Nusa Jaya Abadi

Salah satu Pelabuhan yang jadi favorit wisatawan adalah dari Padang Bai yang terletak di Desa Padang Bai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali. Lewat Pelabuhan ini bisa jadi cara ke Nusa Penida naik mobil ataupun motor.

Dari Pelabuhan Padang Bai ini kamu bisa memilih kapal Roro (Roll of Roll On) Nusa Jaya Abadi yang punya kapasitas kapal hingga 180 orang, dan umumnya berlayar 2 kali dalam sehari yaitu pada pukul 08.30 – 09.30 WITA dan 17.30 – 18.30 WITA. Untuk tarifnya sendiri, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 35.000 per orang dewasa dan Rp 25.000 per anak-anak untuk kelas VIP, Rp 25.000 per orang dewasa dan Rp 20.000 per anak-anak untuk kelas ekonomi.

Baca Juga: 11 Tempat Jalan-Jalan di Bali yang Hits, Instagramable, dan Seru Buat Dikunjungi

Bila membawa kendaraan sendiri, kamu dikenakan biaya Rp 30.000 per sepeda motor, Rp 250.000 untuk satu mobil penumpang, Rp 10.000 untuk sepeda gayung, dan Rp 175.000 untuk mobil barang. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Nusa Penida kira-kira sekitar 1 jam perjalanan.

2. Menggunakan kapal tradisional seperti sampan atau jukung

Kamu juga bisa menaiki kapal tradisional seperti sampan atau jukung dari banyak titik penyeberangan. Seperti Pelabuhan Kusamba yang akan menuju Pelabuhan Toya Pakeh, dari Pelabuhan Banjar Bias menuju Pelabuhan dekat kantor camat Nusa Penida. Dari Pelabuhan Tri Buana menuju Pelabuhan Tambak, dan dari Pelabuhan kampung Kusamba menuju Pelabuhan Tambak. Untuk tarifnya, kamu akan dikenakan biaya Rp 55.000 per orang. Sama seperti menggunakan kapal Roro, kamu juga butuh waktu tempuh 1 jam untuk tiba.

3. Menggunakan fast boat

Bila kamu tinggal di Bali di sekitar kawasan Kuta ataupun kota Denpasar, kamu bisa menuju Nusa Penida dengan menggunakan fast boat dari dermaga pantai Matahari Terbit di Sanur. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Nusa Penida dari Pelabuhan ini hanya sekitar 30-45 menit.

Dari dermaga pantai Matahari Terbit kamu akan menuju Pelabuhan Banjar Nyuh dan juga Pelabuhan Buyuk. Jam operasional kapal mulai dari jam 08.00 hingga 16.00 WITA, dengan harga sekitar Rp 70.000 hingga Rp 200.000. kapasitas fast boat yang ada pun mulai dari 15 orang hingga 30 orang.

4. Menggunakan kapal cepat (cruise)

Selain itu, kamu juga bisa menaiki cruise yang akan berangkat dari Pelabuhan Benoa menuju Pelabuhan Toya Pakeh. Namun biayanya tentu saja jauh lebih mahal dari pilihan transportasi lainnya.

Bila kamu berencanakan akan melakukan trip ada baiknya kamu mengetahui waktu terbaik ke Nusa Penida, yaitu sebaiknya hindari waktu-waktu air laut sedang pasang. Bila kamu datang untuk menikmati suasana pantai, kamu bisa memilih bulan April hingga Oktober.

Bila kamu ingin menyelam, sebaiknya berkunjung di bulan September hingga November. Namun ada juga yang mengatakan bahwa sebaiknya menghindari bulan Juli bila ingin menyeberang ke Nusa Penida. Bulan ini umumnya angin dari arah Australia akan bertiup ke Indonesia khususnya Bali, sehingga ombaknya tentu akan lebih besar.

Emkay Blast Lite
jasa pembuatan website

Related posts

Bagaimana Perkembangan Pariwisata di Indonesia

Arif Buz

Brown Canyon, Wisata Unik Semarang Bak di Amerika

admin

10 Destinasi Wisata Tersembunyi di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Faqih Jafar

Leave a Comment