Onthespotrest
Budaya

Hasil Budaya Bangsa Indonesia yang Telah Diakui Dunia

Hasil budaya bangsa Indonesia memang sangatlah beragam. Bahkan, berbagai warisan budaya leluhur bangsa pun telah diakui oleh dunia. Meskipun demikian, bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti warisan dari leluhur ini bisa saja hilang dan punah.

Oleh sebab itu, pemerintah pun mulai menggalakkan pengenalan berbagai jenis warisan budaya Indonesia secara global melalui lembaga UNESCO atau dikenal dengan kepanjangan The United Nations Educational Scientific and Cultural Organization. UNESCO sendiri merupakan lembaga yang dibentuk oleh PBB yang memiliki peran untuk mempromosikan perdamaian, keadilan sosial, HAM serta keamanan nasional.

Hasil Budaya Bangsa Indonesia

Angklung

Angklung merupakan warisan budaya nusantara yang telah diakui oleh UNESCO sejak tahun 2010 silam. Alat musik tradisional ini berbahan utama bambu dari tanah Sunda. Hingga hari ini keberadaan angklung masih dalam kategori lestari. Bahkan, Indonesia pun telah memiliki museum angklung bernama Saung Angklung Udjo di kota Bandung.

Baca Juga: 8 Alat Musik Tradisional Sunda dengan Ciri Khas Masing-masing

Perahu Pinisi

Selain alat musik, Indonesia juga memiliki warisan berupa transportasi laut yang gagah perkasa bernama perahu Pinisi. Perahu layar yang berasal dari tanah bugis ini juga telah dimasukkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda dalam kategori daftar perwakilan di UNESCO pada tahun 2017 silam.

Keris

Keris merupakan senjata tradisional nusantara yang berasal dari tanah Jawa dan telah masuk daftar UNESCO di tahun 2008. Keris di masukkan ke dalam kategori daftar perwakilan karena pusaka ini masih rutin digunakan pada setiap upacara khusus.

Keris biasanya digunakan sebagai bagian dari busana adat dan kerap juga dijadikan warisan turun-temurun pada sebuah keluarga. Hingga hari ini, masyarakat asli Jawa sendiri masih sering melakukan tradisi ritual mencuci keris yang dilakukan sebanyak satu tahun sekali.

Batik

Hasil budaya bangsa Indonesia yang satu ini telah menjadi salah satu bagian dari busana nasional tanah air. Meskipun di masa lalu pengguna batik hanya digunakan oleh orang-orang tertentu saja, saat ini batik pun sudah banyak dipakai oleh banyak kalangan. Berbagai lembaga dan instansi pun banyak menggunakan batik pada hari-hari tertentu.

Pada tanggal 2 Oktober tahun 2009, batik dimasukkan oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non-bendawi. Adapun beberapa jenis batik yang cukup populer karena dianggap mewakili setiap profesi dan status ialah seperti batik saudagar, batik petani serta batik keraton.

Wayang Kulit

Hasil budaya bangsa Indonesia
Source: www.edugoedu.com

Wayang kulit merupakan sebuah pertunjukan seni banyak ditampilkan dalam berbagai acara di tanah Jawa. Beberapa jenis pertunjukkan yang umumnya menggunakan wayang kulit sebagai hiburan ialah seperti acara sunatan, pernikahan maupun acara-acara pagelaran seni lainnya.

Di tahun 2003 silam, UNESCO telah resmi menetapkan wayang kulit sebagai salah satu warisan budaya tanah air. Umumnya, tradisi wayang kulit kerap kali dikaitkan dengan penyebaran agama dan nilai-nilai moral. Hampir sebagian pertunjukan wayang kulit mengandung kisah tentang Mahabharata, Ramayana ataupun kisah Panji. Hingga hari ini, profesi dalang maupun pelakon wayang tetap diwariskan secara turun-temurun.

Gamelan

Alat musik Gamelan juga telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya nusantara sejak tahun 2014. Gamelan sendiri terdiri atas saron, gambang, gendang dan juga gong. Semuanya dimainkan dengan cara dipukul. Menurut sejarah, Gamelan telah berkembang sejak zaman Hindu dan juga Budha. Alat musik ini digunakan sebagai pengiring tarian, wayang dan juga tembang.

Candi Borobudur

Candi Borobudur sendiri telah dimasukkan sebagai salah satu cagar budaya warisan dunia dari UNESCO di tahun 1991. Candi Borobudur juga pernah masuk ke dalam daftar tujuh keajaiban dunia. Hingga hari ini, Candi Borobudur masih tetap ramai dikunjungi oleh kalangan wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara. Salah satu peninggalan arkeologi dari masa Wangsa Syailendra ini memang telah menarik perhatian banyak wisatawan hingga pakar arkeologi dari berbagai negara.

Baca Juga: Kenali Lebih Dalam Tentang Sejarah Candi Borobudur 

Candi Prambanan

Selain Candi Borobudur, situs Candi Prambanan juga menjadi warisan budaya nusantara yang sudah ditetapkan oleh UNESCO. Candi dengan arsitektur Hindu ini juga sering dikaitkan dengan legenda Rara Jongrang. Legenda di dalamnya hingga arsitekturnya yang khas membuat candi ini sangatlah menarik dan juga unik.

Nah, demikianlah beberapa hasil budaya bangsa Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO. Sebagai warga negara yang baik dan yang mencintai sejarah dan budayanya maka sudah seharusnya kita menjaga keseluruhan warisan nusantara tersebut untuk generasi kita selanjutnya.

Emkay Blast Lite
jasa pembuatan website

Related posts

6 Budaya Indonesia Yang Mendunia

Arif Buz

Rumah Bolon: Rumah Adat Suku Batak

Rostina

Mengenal Properti Tari Merak dan Fungsinya

Rostina

Leave a Comment