Onthespotrest
Destinasi

Serba-Serbi Masjid Kapal Semarang, Destinasi Religi yang Wajib Dikunjungi!

Jika Anda sedang berada di Semarang maka jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati wisata religi di Masjid Kapal Semarang. Sesuai namanya, masjid yang terletak di jalan Kyai Padak, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyam, Semarang ini memang menyerupai sebuah kapal.

Hampir setiap hari, masjid ini selalu ramai dikunjungi oleh banyak pengunjung dari berbagai daerah. Tak hanya dari bentuknya yang unik, di Masjid Kapal Anda juga bisa menemukan ketenangan yang luar biasa. Berbagai fasilitas juga disediakan sehingga pengunjung bisa beribadah sekaligus menghabiskan waktu untuk bersantai menikmati keindahan masjid unik ini.

Sejarah Masjid

Masjid Kapal Semarang sendiri telah berdiri sejak tahun 2015 silam di atas tanah seluas 7,5 hektar. Konon, masjid ini menghabiskan biaya sekitar lima milyar lebih. Jumlah yang sangat fantastis, bukan? Menurut kabar, awal mula pembangunan masjid dimulai karena adanya sebuah wasiat yang berasal dari salah satu keluarga dari Uni Emirat Arab.

Wasiat tersebut meminta agar masjid yang dibangun harus menyerupai bahtera miliki kapal Nabi Nuh AS. Pimpinan sebuah yayasan pondok pesantren pun mengabulkan isi wasiat tersebut dan kemudian membangun masjid yang mirip dengan kapal di daerah Semarang.

Masjid tersebut kemudian diberi nama Masjid Safinafun Najah. Namun, karena bentuknya yang menyerupai kapal maka warga lebih sering menyebutnya sebagai Masjid Kapal Semarang.

Baca Juga: Liburan dan Staycation Nyaman, Ini Rekomendasi Hotel Bintang 5 di Semarang

Memiliki Perpustakaan

Jika Anda suka dengan buku maka cobalah berkunjung ke perpustakaan Masjid Kapal Semarang yang berada di lantai 3 masjid. Di area sekitar perpustakaan juga terdapat kegiatan belajar dan mengajar. Setelah beribadah, Anda bisa membaca berbagai jenis koleksi yang tersedia di dalam perpustakaan ini.

Tersedia Gedung Serbaguna

Tak hanya perpustakan, Anda juga bisa menggunakan gedung serbaguna di lantai satu masjid untuk berbagai kegiatan seperti pesta pernikahan, acara seminar ataupun event-event bermanfaat lainnya. Gedung serbaguna yang terletak di lantai 1 ini juga telah didesain sedemikian rupa agar tak mengganggu pelaksanaan ibadah.

Rooftop untuk Lihat Pemandangan

Source: www.piknikdong.com

Saat berada di Masjid Kapal, jangan lupa untuk naik ke rooftopnya. Di atas rooftop masjid, Anda akan menemukan kubah masjid, area perpustakaan serta balai untuk bersantai.

Rooftop masjid termasuk salah satu spot yang digemari oleh banyak pengunjung. Dari atas rooftop Anda akan disajikan pemandangan sawah, kebun hingga pepohonan rindang yang ada di sekitar area masjid. Setelah sholat Azhar banyak pengunjung yang menghabiskan waktu mereka untuk membaca buku sambil menikmati pemandangan dari atas rooftop.

Air Mancur dan Kolam Ikan

Spot lain yang bisa Anda nikmati saat berkunjung di Masjid Kapal ialah spot air mancur dan kolam ikan di area masjid. Para pengunjung bisa menikmati keindahan masjid sambil memandangi indahnya air mancur dan ikan-ikan di dalam kolam.

Harga Tiket dan Jam Buka Masjid Kapal

Lokasi masjid memang tidak berada di pusat kota, oleh sebab itu Anda membutuhkan waktu lebih untuk bisa sampai di sini. Namun, karena berada jauh dari kota inilah yang membuat lokasi masjid lebih asri dan menenangkan. Saat beribadah pun suasana lebih terasa nyaman.

Meskipun berada jauh dari lokasi perkotaan, akses menuju lokasi Masjid Kapal Semarang cukup bagus sehingga bisa dilalui oleh berbagai jenis kendaraan seperti roda dua maupun roda empat. Biaya masuk ke masjid juga cukup terjangkau di mana Anda hanya perlu mengeluarkan biaya tiket masuk sebesar tiga ribu saja.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi saat berkunjung, maka Anda akan dikenakan biaya tambahan parkir. Adapun biaya sewa parkir untuk mobil sebesar lima ribu sedangkan untuk motor sebesar dua ribu.

Baca Juga: 11 Daftar Suku di Pulau Jawa dan Penjelasannya

Jam buka masjid sendiri dimulai pada jam empat pagi WIB hingga jam 9 malam WIB. Jika sedang mencari tempat beribadah sekaligus spot untuk menenangkan diri di tengah hiruk pikuk kesibukan, silahkan berkunjung ke Masjid Kapal.

Nah, itulah beberapa serba-serbi keunikan dan keindahan dari Masjid Kapal. Di masjid ini Anda juga bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat berupa membaca buku di perpustakaan atau sekedar menikmati pemandangan yang asri.

Emkay Blast Lite
jasa pembuatan website

Related posts

Serunya Berwisata Sambil Berolahraga Ekstrim di Paralayang Batu

Rostina

Trip Semarang: Menjelajahi Pasar Semawis, Surganya Kuliner dan Budaya

Agung

Liburan Sebentar Lagi! Ini 5 Tempat Wisata Anak di Surabaya yang Recommended

Linda Arista

Leave a Comment