Onthespotrest
Destinasi

Tips Panduan Jalan-jalan di Medan Metropolitan Multikultural

Tidak heran berbagai jenis pelancong akan menganggap Medan sebagai salah satu tujuan utama mereka di Indonesia. Sebagai ibu kota Sumatera Utara, kota ini dikenal dengan banyak hal. Sebagai permulaan, ini adalah kota metropolitan multikultural yang penuh dengan keragaman. yuk ikuti panduan jalan – jalan di medan.

Karena ada banyak orang dari berbagai etnis yang tinggal di sini mulai dari Batak dan Jawa membentuk segmen besar penduduk lokal, diikuti oleh orang Tionghoa, Minang, Sunda, Aceh, Melayu, dan bahkan India.

Namun, Medan jauh lebih dari itu! Turis telah mengenal kota ini sebagai pintu gerbang ke Danau Toba, sementara investor mungkin menganggapnya sebagai pusat ekonomi yang dicari.

Beberapa mungkin lebih suka menjelajahi sisi sejarah dan budaya, sementara yang lain mungkin lebih suka makan hati mereka dengan berburu gastronomi.

Selalu ada sesuatu untuk semua orang di sini, itulah sebabnya kami akan memperkenalkan Anda kepada pemandu wisata Medan bersertifikat lokal untuk pemula! Dalam artikel ini, kami akan membawa Anda melalui atraksi paling terkenal, makanan populer, dan segala sesuatu di antaranya.

Baca juga: Kenali jenis – jenis peninggalan sejarah Indonesia 

Cara menuju Medan dari Bandara Internasional Kualanamu

 jalan - jalan di medan

Ada dua cara menuju Kota Medan dari Bandara Internasional Kualanamu:

  • Kereta Bandara Medan
  • Taksi bandara

Jika Anda memiliki sedikit waktu, Anda dapat memesan tiket kereta api sekali jalan seharga Rp100.000 Anda dapat memesan tiket terlebih dahulu secara online di situs web Railink atau membelinya langsung di stasiun kereta.

Setiap perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit, dan Anda dapat duduk dan bersantai sambil menyaksikan pemandangan yang lewat. Setelah Anda sampai di Stasiun Kereta Api Kota, Anda dapat berjalan langsung di seberang jalan menuju Centre Point Mall, di mana Anda dapat melihat berbagai gerai bermerek dan berbelanja!

Di sisi lain, Anda dapat memesan sendiri Taksi Bandara, yang terletak di area kedatangan terminal utama. Karena ada lebih dari satu perusahaan taksi, tarifnya bervariasi tergantung pada apa yang Anda pilih.

Perjalanan sekali jalan ke kota menghabiskan biaya sekitar Rp7.000-7.500 dan akan memakan waktu kurang dari satu jam perjalanan. Meskipun mungkin membawa Anda ke tujuan pilihan Anda secara langsung, kami sarankan untuk memilih suatu tempat di dekat hotel Anda untuk alasan keamanan.

Baca juga: 4 wisata sumatera utara yang masih jarang pengunjung 

Jalan-jalan di Medan

Jalan - jalan di medan

Bepergian di Medan cukup mudah. Sebagian besar waktu, kami mengandalkan aplikasi Grab dan Gojek sebagai sumber transportasi utama kami untuk mencapai tujuan yang kami tuju. Anda akan terkejut bahwa taksi tersedia dengan cepat, yang juga memperpanjang waktu tunggu yang cukup singkat per penjemputan.

Tetapi jika Anda ingin pengalaman perjalanan Medan yang lengkap maka naiklah becak. Anda dapat menemukan dua jenis becak berbeda di kota yaitu

  • Versi bermotor yang ditenagai oleh sepeda motor 
  • Versi sepeda yang ditenagai oleh sepeda.

Ini adalah pengalaman yang tiada duanya karena Anda bisa benar-benar meresapi suara kota dan merasakan setiap gundukan di jalan.

Plus, Anda dapat menegosiasikan harga dengan pengemudi yang dengan senang hati mengantar Anda ke tempat yang Anda inginkan! Tapi ingat, saat Anda di jalan, pegang barang-barang pribadi Anda dan simpan di pangkuan Anda. Hal ini untuk mencegah potensi perampokan atau kehilangan.

Sesuai dengan budayanya yang beragam, ada berbagai bahasa yang digunakan di Medan. Ini termasuk Hokkien Medan dan Mandarin di antara komunitas Tionghoa, serta berbagai dialek yang biasa digunakan di antara kelompok etnis Indonesia.

Namun, ke mana pun Anda pergi, yang terbaik adalah mahir berbahasa Indonesia. Mengetahui hanya frasa dasar akan sangat membantu dalam mengatasi masalah tanpa kerumitan (yaitu, menanyakan arah) dan membenamkan diri Anda dalam budaya.

Baca juga: 8 rekomendasi kolam renang terbaik di medan 

Hal yang Dapat Dilakukan di Medan

Jalan - jalan di medan
Source: beritasatu

1. Berbelanja di Centre Point Mall dan Sun Plaza

Centre Point Mall dan Sun Plaza adalah dua mall terpopuler di Medan. Jika Anda suka berbelanja, maka ini adalah tempat yang tepat untuk Anda! Seperti mal lainnya, pakaian dan makanan adalah daya tarik utama. Di Centre Point Mall, Anda dapat melihat-lihat pakaian di Adidas, Braun Büffel, dan ALDO, atau manjakan diri Anda dengan tas tangan baru dari BONIA dan Charles & Keith.

Di sisi lain, Sun Plaza memiliki lebih banyak gerai untuk berbelanja, termasuk Hush Puppies, Colourbox, dan Everbest. Tidak peduli malnya, jika Anda merasa lapar, Anda bisa makan makanan internasional dan lokal di berbagai restoran dan kios makanannya.

2. Kunjungi candi Hindu tertua di Medan

Di Medan, orang India-Indonesia membentuk segmen besar dari penduduk lokal. Mereka adalah keturunan orang India yang bermigrasi dari negara asalnya ke Indonesia pada abad ke-19 dan ke-20. 

Berdekatan dengan Sun Plaza adalah Kuil Sri Mariamman, kuil Hindu tertua di kota dan salah satu tempat wisata paling ikonik di Medan. Awalnya dibangun pada tahun 1884 oleh pemukim Tamil awal, tetapi hari ini, itu adalah situs penting bagi para penyembah selama festival Thaipusam dan Deepavali.

Setelah itu, Anda dapat menjelajahi seluruh Kampung Madras dengan segudang toko yang menjual sari dan perhiasan India yang berwarna-warni. Lebih baik lagi, Anda dapat mencoba makanan India asli di salah satu restorannya!

3. Belajar sejarah di Tjong A Fie Mansion

Untuk mencicipi sejarah dan warisan, ikuti tur berpemandu ke Tjong A Fie Mansion. Ini juga salah satu tempat wisata Medan yang tidak bisa Anda lewatkan. Tjong A Fie adalah seorang pedagang dan kapitan Tionghoa Hakka (pejabat tinggi pemerintah dalam administrasi sipil) yang mendirikan perkebunan besar di Indonesia.

Setelah bekerja sebagai Majoor der Chineezen pada tahun 1911, ia membangun berbagai fasilitas umum (misalnya, sekolah, perpustakaan, rumah sakit, dan tempat ibadah) di seluruh Sumatera, Malaysia, dan Cina.

Dia memberi kembali kepada masyarakat dan dipandang sebagai pemimpin yang murah hati dan bijaksana. Setelah kematiannya pada tahun 1921, banyak yang turun ke jalan untuk memberikan penghormatan terakhir mereka.

Saat ini mansion ini berdiri sebagai situs bersejarah yang dipugar sehingga layak untuk dikunjungi, dan salah satu atraksi terbaik di Medan. Gaya ini menawarkan gaya arsitektur Art Deco, Cina, dan Melayu, dengan elemen feng shui yang dimasukkan ke dalam tata letaknya.

Hamparan kamar dan furnitur mewah yang serasi, serta penggambaran seperti apa rasanya bagi orang-orang yang tinggal di Tiongkok. Anda dapat mengunjunginya kapan saja dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, dengan biaya masuk sebesar Rp35.000 (~S$3,27).

4. Coba Kue Jadul di Tip Top Restaurant

Tepat di seberang jalan, Anda dapat mencicipi kue ala jadul di Tip Top Restaurant. Ini adalah salah satu atraksi utama Medan, terutama jika Anda suka makan! Nikmati kue seukuran gigitan dengan topping krim mentega yang kaya, dilengkapi dengan taburan cokelat yang berlimpah.

Seperti kuenya, seluruh restoran terasa seperti ledakan dari masa lalu. Arsitektur bergaya kolonial tetap sama sejak awal pembukaannya.

Sebagai catatan, ada tiga jenis kue lain di Medan yang harus Anda pertimbangkan untuk dibawa pulang.

4.1 Bolu Meranti

Bolu Meranti adalah merek swiss roll terkenal di kota, dan jika Anda berada di bandara, Anda mungkin melihat orang-orang membawanya. Rasa yang paling terkenal adalah kejunya, yang tidak seperti biasanya — ini adalah keju cheddar parut di tengah swiss roll Anda.

4.2 Kek Lapis

Kek lapis di Medan juga sangat terkenal, dan cocok dijadikan oleh-oleh untuk oleh-oleh kepada orang terdekat. Anda tidak akan pernah menemukannya di tempat lain. Interior berlapis kue sangat dicari dan dibuat dengan banyak cinta.

Bertentangan dengan kepercayaan Anda, ada proses rumit untuk membuat kue. Setiap lapisan dipanggang satu per satu, dan bisa memakan waktu berjam-jam untuk menyelesaikan satu lapisan.

4.3 Bika Ambon

Suvenir ketiga yang dapat Anda pertimbangkan untuk dibawa pulang adalah bika Ambon, makanan penutup Medan yang populer.

Ini juga dikenal sebagai kue “sarang lebah” karena teksturnya yang unik — agak berjajar — yang didapat setelah dipanggang. Kalau ditanya rasanya seperti apa, bika ambon itu kenyal, lembut, dan empuk.

5. Berburu Kuliner Khas Medan

Ketika kami memberi tahu Anda bahwa makanan Medan adalah untuk mati, kami tidak bercanda. Dalam kebanyakan kasus, itu adalah alasan besar mengapa orang ingin datang ke sini — hanya untuk makan. Beruntung bagi Anda, kami di sini untuk memberi tahu Anda apa yang harus Anda coba saat berada di Medan.

Makanan Medan yang harus Anda dicoba yaitu kari bihun, kweitiau goreng, bihun bebek, mie pangsit, sate padang, tau kua he ci, nasi lemak Medan, es campur, martabak manis, martabak telur, mie aceh, sayur asem, soto Medan, pecel lele, bika ambon, mie rebus, nasi ayam, bakso lembu (bakso), lupis, putu bambu, lontong Medan, dan uyen (talas goreng) dengan sambal pecel (saus kacang).

Baca juga: 6 Destinasi wisata paling hits di Banyuwangi  

6. Makan sepuasnya di Garuda Restaurant

Restoran Garuda adalah tempat teratas di kota untuk makanan Medan, apalagi pesta. Mereka berspesialisasi dalam nasi padang, sehingga hal ini merupakan cara yang sangat baik untuk mencoba makanan lokal.

Pasangkan sepiring nasi putih yang mengepul dengan beberapa hidangan kecil mulai dari ikan, daging, kari, dan sayuran.

Meskipun Anda hanya membayar untuk apa yang Anda pesan, jauh lebih baik jika Anda datang dengan lebih banyak orang. Ini agar Anda dapat memesan lebih banyak hidangan untuk dibagikan dan dicoba bersama!

7. Makan malam di Merdeka Walk

Pada beberapa hari ketika Anda tidak ingin memikirkan apa yang harus dimakan selanjutnya dalam daftar makanan Medan Anda, solusinya sederhana: Jalan Merdeka. Ini adalah food court indoor dan outdoor di mana Anda dapat menyelesaikan semua dilema makan Anda. Anda’

Memiliki masakan internasional dan lokal di sini, dan ada banyak sekali restoran yang bisa dipilih. Pada malam hari, seluruh food court berubah menjadi tempat nongkrong yang epik. Anda dapat mengajak satu atau dua teman, dan bersantai sambil menikmati makanan enak.

Selain Merdeka Walk, kamu juga bisa memilih makan di berbagai restoran Medan! Jika Anda menyukai makanan laut dan dim sum Cina, Nelayan adalah tempat yang tepat untuk makan. Mereka memiliki restoran di seluruh kota, bahkan di dalam mal.

Plus, dim sum mereka halal, dan pilihan yang bagus untuk wisatawan Muslim di Medan. Demikian juga, Anda dapat pergi ke Restoran Ayam Goreng Kalasan untuk makanan Indonesia yang lezat.

Hidangan khas mereka adalah ayam goreng Kalasan, hidangan lokal yang beraroma dan membuat ayam goreng biasa malu.

8. Kunjungi candi Budha terbesar di Indonesia

Medan memiliki komunitas Buddhis yang besar; dengan demikian, ada banyak kuil Buddha yang tersebar di seluruh kota, termasuk Vihara Maha Maitreya di Cemara Asri. Dibangun pada tahun 1991 untuk umat Buddha di Medan dan Sumatera Utara, dan pada tahun 2008 diresmikan.

Meskipun merupakan tempat ibadah utama, tempat ini juga terbuka untuk umum. Kuil ini dibagi menjadi tiga ruangan: aula perjamuan, aula pertemuan, dan Baktisala di mana orang dapat memuja Buddha Sakyamuni, Bodhisattva, dan Bodhisattva Satyakalama Avolokitesvara.

Saat menjelajahi candi, Anda akan disambut dengan suasana yang tenang. Anda mungkin menemukan bahwa interior dipengaruhi oleh ajaran Buddha Maitreya. Kunjungi air mancur teko terapung, dan mampir ke restoran vegetarian di dalam kuil untuk makan siang!

8. Menikmati Interiori Masjid Al Mashun

Mesjid Raya Al Mashun adalah masjid utama Medan, dan bisa dibilang, tercantik. Dalam pembangunannya, masjid ini menggunakan marmer Italia dan kaca patri Prancis. Di sisi lain, arsitektur dipengaruhi oleh unsur-unsur Timur Tengah, India, dan Spanyol.

Mereka yang menyukai arsitektur harus datang ke sini untuk mengagumi masjid dan detail rumit yang dapat Anda temukan di kaca patri. Non-Muslim dapat mengunjungi masjid di luar jam salat, tetapi pastikan untuk berpakaian sopan.

10. Berjalan-jalan melalui halaman rumput hijau yang subur di Istana Maimun

Istana Maimum adalah istana kerajaan milik Kesultanan Deli. Ini adalah salah satu contoh arsitektur dari apa yang terjadi ketika Anda menggabungkan budaya Melayu dan Indonesia. Saat ini, sebagian dari istana telah dibuka untuk umum sebagai museum yang berada tepat di tengah kota Medan.

Anda dapat mengunjungi ruang singgasana dan mempelajari lebih lanjut tentang keluarga, atau mengunjungi halaman rumput hijau subur di luar.

Tetapi jika Anda benar-benar ingin meningkatkan pengalaman Anda, Anda dapat berdandan seperti raja atau ratu selama sehari dan berfoto di sekitar istana! Ada juga toko suvenir jika Anda ingin membawa pulang sesuatu.

11. Singgah di Berastagi selama sehari

Untuk pemandangan paling menakjubkan di perjalanan Medan Anda, Anda harus mengunjungi kota Berastagi. Ini dalam perjalanan ke Danau Toba dan benar-benar layak untuk dihentikan! Salah satu atraksi utamanya termasuk Pasar Buah Berastagi di mana markisa berlimpah.

Jika ingin melihat panorama seluruh kota, mampirlah ke Gundaling. Ini adalah bukit yang terletak di pusat kota, dan ketika Anda mencapai puncaknya, Anda mungkin merasa seperti berada di puncak dunia! Demikian pula, Anda dapat mengunjungi Bukit Kubu dan piknik di halaman rumput hijau yang indah.

Tetapi jika Anda siap untuk melakukan aktivitas yang lebih mendebarkan, kunjungi dua gunung berapi aktif yang ada di area tersebut — Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung.

Tur berpemandu ke kedua gunung disediakan, dan mata air panas dari gunung berapi pertama membuat semuanya sepadan. Pada malam hari, Anda bisa berkemah di Kebun Efi yang dilengkapi dengan hamparan bunga yang cantik dan pemandangan pegunungan yang indah.

12. Mengambil gambar panorama di danau toba

Sekarang Anda telah mencapai puncak perjalanan Medan — setelah seharian di Berastagi, Anda dapat berkendara ke Danau Toba. Ini adalah danau yang sangat besar di Sumatera Utara, menempati ruang kaldera supervolcano.

Meskipun mungkin tampak sederhana, Anda harus tetap tinggal untuk pemandangan yang indah dan lingkungan yang damai. Di sini, tanaman hijau membentang bermil-mil dan udaranya segar.

Tidak heran jika fotografer cenderung datang ke sini, dan kami di sini untuk memberi tahu Anda di mana Anda bisa mendapatkan bidikan yang paling luar biasa.

Sebagai permulaan, saat matahari terbenam atau matahari terbit, Anda bisa pergi ke puncak Bukit Tarabunga. Itu dekat Balige, sebuah kota kecil di Kabupaten Toba.

Pilihan bagus lainnya adalah pergi ke Bukit Holbung, yang lebih berkesan di malam hari; Anda bisa pergi berkemah di bawah bintang-bintang dan bangun di bawah cahaya fajar.

Tapi katakanlah Anda ingin mendekati sudut yang berbeda untuk gambar Anda. Bagaimana jika Anda memasukkan perbukitan hijau di dekat danau? Di Huta Ginjang, Anda dapat mencapai ketinggian sensasional yang tiada duanya.

Ada juga Bukit Indah Simarjarunjung, di mana Anda dapat melihat keluar dan memiliki waktu sendirian dengan pohon. Last but not least, Anda bisa mampir ke menara tiga tingkat Tele Observation Tower.

Anda akan dihadiahi kesempatan untuk mengambil foto yang layak untuk Insta seumur hidup, dengan visibilitas penuh danau di bawah.

Baca juga: 3 Tempat wisata terbaik di Indonesia Timur 

13. Temukan objek wisata danau toba lainnya

Pulau Samosir adalah sebuah pulau yang secara harfiah berada di tengah Danau Toba. Selain menjadi salah satu dari banyak tempat wisata Medan di daerah tersebut, tempat ini juga merupakan situs utama bagi orang Batak.

Anda dapat menemukan banyak rumah tradisional Batak Toba, dan bahkan membeli kerajinan Batak (misalnya, kain ulos) di salah satu kios suvenir. Demikian pula, Anda dapat mengunjungi Desa Jangga Dolok dan Desa Tomok untuk mempelajari lebih lanjut tentang budaya Batak.

Parapat adalah kota lain yang tak kalah indahnya. Ini biasanya merupakan titik pemberhentian bagi orang-orang yang datang dan pergi ke pulau, tetapi itu tidak berarti Anda harus melewatkan apa yang ditawarkannya.

Di sini, Anda bisa jatuh cinta dengan kota kecil bergaya Belanda yang mungkin mengingatkan Anda akan perjalanan Anda di Belanda. Untuk penggemar petualangan luar ruangan, Anda dapat mengambil bagian dalam berbagai kegiatan berbasis air seperti kayak, kano, memancing, ski air, dan banyak lagi!

Di Taman Sapo Juma Tongging, Anda benar-benar bisa berhenti dan mencium aroma kekasih. Taman ini menawarkan banyak jenis bunga yang berbeda, dan itu lebih dari cukup untuk mencerahkan perjalanan Anda (permainan kata-kata).

Di sisi lain, Anda juga bisa berendam di pemandian belerang di Pemandian Air Panas Sipoholon, dan hiking untuk menyaksikan air terjun Air Terjun Sipiso Piso yang megah.

Baca juga: 9 Tempat di Surabaya yang wajib di kunjungi 

Tempat menginap terbaik di Medan

jalan - jalan di medan
Source: traveloka

Ada banyak hotel di Medan yang bisa Anda tinggali. Selain nyaman, mereka dapat diakses dan, tergantung pada lokasi Anda, dekat dengan mal atau beberapa tempat makan.

1. JW Marriott Hotel Medan

JW Marriott Hotel adalah hotel bintang lima pertama di Medan, jadi Anda siap menikmatinya! Terletak di Kawasan Pusat Bisnis, hotel ini juga memiliki fasilitas dan fasilitas yang luar biasa, termasuk gym 24 jam, toko suvenir, dan kolam renang tanpa batas.

Kamar-kamarnya dilengkapi dengan baik, dan bangun dengan pemandangan cakrawala Medan setiap pagi adalah sesuatu yang tidak boleh Anda lewatkan. Pada hari-hari ketika Anda tidak ingin keluar, Anda dapat bersantai di ruang spa atau mencoba santapan mewah di Marriott Café.

2. Penginapan Permata

Bagi mereka yang bepergian dengan anggaran terbatas, Permata Inn adalah penginapan yang terjangkau dengan kamar yang bersih dan kamar yang aman.

Meskipun tidak semewah yang Anda inginkan, Anda masih bisa memastikan kenyamanan dasar Anda. Ada layanan meja depan, lounge bersama, antar-jemput bandara, dan Wi-Fi. Terlebih lagi, Anda dapat mengupgrade paket Anda termasuk sarapan!

3. Hotel Swiss-Belinn

Jika Anda menghargai kenyamanan dan aksesibilitas selama perjalanan Anda, Swiss Belinn Hotel adalah yang tepat untuk Anda. Anda akan berada dalam jarak berjalan kaki dari tempat-tempat wisata terbaik Medan, seperti Tjong A Fie Mansion dan Mesjid Raya Al Mashun.

Selain itu, ada banyak pilihan restoran dan toko di dekatnya! Kamar-kamarnya dilengkapi dengan fasilitas hiburan dan tidur, dan layanan binatu juga disediakan.

4. Grand Central

Demikian pula, Grand Central adalah pilihan yang bagus untuk pelancong internasional. Terlepas dari tarif kamar yang terjangkau, Anda dapat mengharapkan fasilitas yang luar biasa selama Anda menginap. Ini terdiri dari kamar kedap suara, TV layar datar, Wi-Fi, dan kamar mandi yang lengkap.

Memesan kamar di sini berarti Anda berada dekat dengan pusat perbelanjaan seperti Medan Mall dan atraksi lainnya seperti Istana Maimun. Jika Anda tertarik untuk menyewa mobil untuk berkeliling, layanan meja akan dengan senang hati membantu Anda.

5. Hotel Sungai Deli

Untuk liburan yang menakjubkan ke luar kota, Hotel Deli River terasa seperti mimpi yang menjadi kenyataan. Anda dapat menghabiskan waktu luang Anda dengan santai dengan pemandangan Sungai Deli dan taman tropis.

Jika tidak, Anda dapat mendaftar untuk kelas memasak di Restaurant Omlandia, yang juga menyajikan masakan Indonesia dan Barat. Di dalam properti, Anda mungkin menemukan pohon buah-buahan dan pertemuan burung yang unik.

6. d’prima Hotel

Sangat direkomendasikan bagi pecinta kuliner untuk datang dan menginap di sini karena d’prima Hotel dekat dengan Merdeka Walk. Lokasinya yang strategis memberi Anda pintu gerbang ke kuliner Medan, yang mungkin membuat Anda tertarik untuk berwisata kuliner yang tak terlupakan!

Selain Merdeka Walk, Anda juga akan berlokasi di sebelah Stasiun Kereta Api Kota dan Centre Point Mall, tempat Anda dapat berbelanja atau menonton film saat berada di kota.

Kesimpulan

Nah itu adalah Panduan dan tips tepat bagi Anda yang ingin mengunjungi dan jalan – jalan di medan mulai dari penginapan, oleh – oleh dan wisata yang terbaik yang bisa memanjakan mata. Jika Anda punya rekomendasi lainnya bisa langsung isi komentar di bawah sini ya guys!! thank you.

Emkay Blast Lite
jasa pembuatan website

Related posts

Menjelajahi Wisata Sejarah di Kota Tua Jakarta

Faqih Jafar

Cek Promo Dufan Bulan April Di Sini!

Rostina

7 Destinasi Liburan Murah Ke Luar Negeri

Arif Buz

Leave a Comment