Kesehatan

Rekomendasi Makanan Yang Mengadung Protein

Protein ini memang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun pertanyaannya, Apakah Anda tahu berapa ukuran protein yang tepat agar tubuh kita kuat dan sehat. Apa saja makanan yang mengandung banyak protein.

Dikutip dari beberapa sumber terpercaya, salah satu jenis makanan yang memiliki banyak kandungan protein adalah ikan. Walaupun begitu tubuh tetap harus seimbang dan terjaga agar semua vitamin yang dibutuhkan terpenuhi.

Biasanya orang dewasa perlu mengkonsumsi sekitar 60 gram protein hewani atau nabati per harinya, sedangkan anak perlu sekitar 0,5 gram protein.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung banyak protein,

1. Ayam

Daging mengandung jumlah protein tertinggi di antara semua makanan. Daging unggas lebih sehat daripada daging merah karena merupakan protein tanpa lemak dan memiliki lemak jenuh yang lebih rendah.

Salah satu sumber terbaik protein berkualitas baik dan karbohidrat minimal adalah ayam tanpa kulit. Paling baik disajikan dimasak atau dipanggang, porsi setengah dada dengan tulang dan kulit dihilangkan mengandung 27g protein dan hanya 142 kalori. Poin plus lainnya adalah makanan ini rendah sodium dan tinggi niasin, selenium, fosfor dan diet B6.

2. Ikan dan Makanan Laut

Ikan dan makanan laut lainnya adalah sumber utama lemak omega 3, nutrisi, dan selenium. Mereka sangat tinggi protein (16g sampai 24g consistent with 3-ons) dan juga rendah lemak jenuh.

Ikan bukan hanya makanan protein berkualitas tinggi. Makan sekitar satu hingga dua porsi 3 ons ikan berlemak seminggu (salmon, herring, mackerel, teri, atau sarden) mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 36 persen. Makan ikan setidaknya sekali atau dua kali seminggu karena juga dapat mengurangi risiko stroke, depresi, penyakit Alzheimer, dan kondisi kronis lainnya, begitu kata para peneliti.

3. Telur

Dengan 6,3g protein dan 72 kalori telur, itu dianggap sebagai salah satu makanan protein berkualitas tinggi terbaik. Apalagi ada 13 nutrisi dalam satu butir telur. Ibu hamil, jangan lupa makan telur setiap hari karena mengandung kolin yang penting untuk perkembangan janin yang sehat.

Namun, terlepas dari rasa, nilai, kenyamanan, dan nutrisinya, telur mengandung kolesterol tinggi (185 mg). Tapi ada solusi mudah untuk masalah ini. Makan putih telur jika Anda ingin menghindari kolesterol karena putih telur memiliki rendah kolesterol. Hanya saja semua kolesterol hadir dalam kuning telur. 

4. Kacang

Sebagian besar kacang-kacangan dan polong-polongan mengandung 7g hingga 9g protein. Makanan ini dianggap sebagai sumber protein terbaik untuk vegetarian. Kacang hitam, kacang tunggak, buncis, hijau, rajma, pigeon pea (arhar) dan kacang-kacangan lainnya juga memiliki beberapa manfaat nutrisi lainnya.  Mereka kaya serat makanan dan mineral seperti kalium, fosfor dan kalsium.

5. Tahu

Dengan 8g protein yang terkadund dalam 100g tahu, pengganti sayuran untuk paneer produk berbasis susu ini mungkin merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik. Tahu, terbuat dari susu kedelai, sangat rendah lemak jenuh dan kolesterol. Ini juga merupakan sumber zat besi, kalsium dan fosfor yang baik dan memiliki nutrisi, B12, D, dan E.

6. Susu dan Produk Susu

Susu dan produk susu merupakan sumber protein yang penting. Mereka juga merupakan gudang kalsium, sangat penting untuk menjaga gigi dan tulang dalam kondisi sehat dan untuk mencegah osteoporosis dan radang sendi. Alternatif rendah lemak dari susu dan produk susu adalah pilihan yang lebih sehat karena mereka menyediakan lebih sedikit lemak tanpa mengorbankan protein.

7. Couscous

Sereal gandum utuh dianggap sebagai makanan karbohidrat tetapi beberapa di antaranya juga merupakan sumber protein yang baik. Salah satu contohnya adalah couscous. Ini adalah biji-bijian masak cepat yang dibuat dengan menggulung tepung gandum durum dengan air asin untuk membentuk kernel kecil. Secangkir (157g) couscous yang dimasak mengandung 176 kalori, 36g karbohidrat, dan 6g protein.

8. Biji gandum

Pseudo-cereal ini adalah protein sempurna dalam arti, mengandung lebih dari 8g protein, termasuk semua sembilan amino esensial asam. Gunakan makanan serbaguna ini sebagai sereal sarapan panas atau salad musim panas yang sejuk serta tambahkan ke sup atau aduk dengan sayuran lain.

9. Bayam dan Brussel Sprouts

Siapa sangka sayuran berdaun hijau yang kaya akan diet, mineral, dan serat ini juga bisa masuk ke dalam kategori makanan kaya protein! Secangkir bayam rebus dapat memberi Anda 5g protein dan jumlah yang sama dari kubis Brussel rebus yang dapat memberi Anda 4g protein.

Baca Juga : Pola hidup sehat dengan mengetahui lamanya tubuh mencerna 

Nah itu adalah makanan beberapa rekomendasi makanan yang penting untuk keseimbangan tubuh, asupan yang tepat akan memberikan kesehatan tubuh. Sehingga protein yang dibutuhkan juga tercukupi dengan baik. 

Emkay Blast Lite
jasa pembuatan website

Related posts

Rekomendasi Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Arif Buz

Makanan Tepat Untuk Anak Batuk Pilek

Arif Buz

Tren Makanan Sehat di Indonesia

Arif Buz

Leave a Comment