DestinasiFoodKuliner

Trip Semarang: Menjelajahi Pasar Semawis, Surganya Kuliner dan Budaya

Pasar Semawis, sebuah pasar malam yang terkenal di kalangan masyarakat Semarang, tidak hanya menawarkan berbagai hidangan lezat dari berbagai kota di Indonesia, tetapi juga makanan khas Semarang. Selain makanan, Pasar Semawis juga menawarkan pakaian, aksesoris, dan kerajinan tangan lainnya. Banyak penduduk lokal dan wisatawan datang ke Pasar Semawis untuk menikmati suasana malam yang meriah ini.
Pasar Semawis lahir dari perkumpulan Kopi Semawis, atau Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata. Pasar ini juga merupakan upaya revitalisasi yang bertujuan untuk menghidupkan kembali Kota Tua Semarang. Pada awalnya, kawasan ini adalah bagian dari etnis Tionghoa, dan Pasar Semawis pertama kali muncul sebagai Pasar Imlek Semawis pada tahun 2005. Pada Tahun Baru Imlek, Pasar Semawis diresmikan dan dijadikan hari libur nasional di Indonesia. Pasar ini memiliki sejarah panjang, dimulai sebagai pasar tradisional dan kemudian berkembang menjadi pusat makanan yang terkenal di seluruh Semarang. Pasar Semawis juga memberikan peluang bagi pengunjung untuk berinteraksi dengan penduduk lokal.

Baca juga : Solo Traveling: Menjelajahi Dunia dengan Percaya Diri

Iklan Backlink

Lokasi, Harga Tiket Masuk, dan Jam Operasional

Pasar Semawis terletak di Kota Semarang, tepatnya di Jalan Kranggan Dalam, Gang Warung, Kauman. Lokasinya terletak di sebuah gang yang memanjang di kawasan Pecinan, atau Kampung China. Saat pasar ini beroperasi, beberapa jalan di sekitar Pecinan biasanya ditutup untuk dijadikan tempat parkir pengunjung.
Untuk masuk ke pasar ini, tidak ada biaya tiket masuk yang harus dibayar. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir dan tentu saja uang untuk makanan yang akan mereka nikmati. Harga makanan di Pasar Semawis umumnya terjangkau, mengikuti standar kaki lima.

Pasar Semawis buka pada malam hari, khususnya pada akhir pekan. Pengunjung dapat menikmati pasar ini pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu, mulai dari jam 18.00 hingga 22.00. Pada hari Sabtu dan Minggu, Pasar Semawis sering kali dipadati oleh pengunjung yang datang untuk merasakan kelezatan kuliner malamnya.


liquid vape gratis

Daya Tarik Pasar Semawis

Pasar Semawis memiliki daya tarik yang unik dibandingkan dengan pasar malam lainnya. Salah satu ciri khasnya adalah bangunan-bangunan tua yang menunjukkan betapa etnis Tionghoa hidup berdampingan dengan kota modern Semarang. Pasar ini menjadi satu-satunya pasar malam yang terletak di sepanjang gang dengan gapura sebagai pintu masuk yang khas.
Pemandangan di sekitar Pasar Semawis juga begitu menarik. Anda akan melihat kota tua dengan bangunan-bangunan tua yang kokoh, menciptakan suasana pecinan kuno yang masih terasa. Tulisan-tulisan dalam huruf China juga masih terlihat di beberapa bangunan, mengingatkan kita pada sejarah dan budaya yang kaya di tempat ini.

Iklan Hosting

Selain itu, di Pasar Semawis, Anda akan menemukan banyak penghuni, terutama dari etnis Tionghoa, yang seringkali adalah para lansia. Mereka menyajikan hiburan dengan menyanyikan lagu-lagu mandarin yang merdu. Bahkan, pengunjung dapat bergabung dalam sesi karaoke dengan warga setempat, menciptakan suasana yang sangat menyenangkan dan interaktif.

Kuliner di Pasar Semawis

Pasar Semawis adalah surga bagi para pecinta kuliner. Anda akan menemukan berbagai jenis makanan dan minuman dari berbagai kota dan negara di sini. Menu-menu khas dari Semarang juga menjadi daya tarik tersendiri di pasar ini. Beberapa hidangan yang patut Anda coba adalah:
Lumpia Gang Lombok: Lumpia Semarang yang lezat dengan isian yang gurih.
Leker Tradisional: Camilan yang renyah dan nikmat, cocok untuk cemilan malam.
Es Puter Cong Lik: Minuman segar yang cocok untuk meredakan dahaga.
Nasi Gudeg: Hidangan khas Yogyakarta yang menggugah selera.
Nasi Pindang dan Soto Sapi: Makanan hangat yang cocok untuk malam yang sejuk.
Sate Babi Singapore: Hidangan oriental yang khas Pecinan.
Namun, perlu diingat bahwa beberapa hidangan di Pasar Semawis menggunakan daging babi, sehingga bagi wisatawan yang beragama Islam, disarankan untuk berhati-hati dan teliti saat memilih makanan. Terdapat pilihan makanan non-halal yang tetap lezat dan dapat dinikmati.

Baca juga : Destinasi Wisata Menakjubkan di Indonesia

Pasar Semawis adalah tempat yang sempurna untuk menjelajahi kuliner khas Semarang, menikmati suasana malam yang meriah, dan merasakan budaya pecinan yang begitu kaya dan beragam. Dengan harga yang terjangkau dan keramahan penduduk lokal, Anda pasti akan memiliki pengalaman yang tak terlupakan di pasar malam ini. Jadi, jika Anda berencana untuk mengunjungi Semarang, jangan lupa untuk mampir ke Pasar Semawis dan menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata kuliner Anda!

Iklan Backlink
Emkay Blast Lite
jasa pembuatan website

Related posts

5 Cemilan Kebab Tinggi Protein Yang Bisa Dibuat Sendiri

Arif Buz

Bagaimana Cara Kerja Air Fryer, Tepatnya?

Arif Buz

Rekomendasi Makanan Khas Enak Tanpa Dimasak

Arif Buz

Leave a Comment