Kuliner

Teka – Teki Rendang Berasal Dari Mana

Asal – usul dan teka – teki rendang saat ini pastinya masih menjadi pertanyaan di benak Anda, darimanakah asalnya rendag ?

Tidak perlu khawatir pada artikel ini akan dijelaskan yang dikutip dari berbagai sumber mengenai asal – usul dan teka – teki rendang ?

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai rendang pastikan Anda mengetahui bahwa rendang adalah makanan daging yang diolah dengan santan. Serta sering disajikan di berbagai acara seperti nikahan, sunatan bahkan di Indonesia ini sering dijumpai di warung padang atau masakan padang. 

Yang biasanya dihargai mulai dari Rp 10.000 – Rp 16.000 sudah termasuk nasi, rendang menjadi salah satu makanan khas Indonesia, Berikut ini adalah penjelasannya detailnya.  

Asal – Usul Rendang

Rendang berasal dari Indonesia yaitu tepatnya ada di Sumatera Barat yang dibuat oleh Orang Minangkabau. Masakan rendang ini bisa bervariasi mulai dari ayam, daging, bebek dan hati sapi. Rendang juga sudah dihidangkan di berbagai acara adat. Yang pertama adalah memasak rendang menjadi seni memasak yang terus berkembang di kawasan nusantara yang pastinya di pelopori oleh orang Minang kemudian terus dikenal di Sumatra dan Semenanjung Malaya.

Rendang sudah dikenal oleh orang minang yang diawali dengan perantauan dan berlayar ke Malaka pada awal abad ke-16 untuk melakukan perdagangan. Hal ini yang menyebabkan rendang dikenal karena mereka menggunakan rendang sebagai bekal ditambah lagi perjalanan melawati sungai.

Kandungan Bahan Rendang

Rendang ini memiliki kandungan bumbu rempah. Bahan dasar rendang sendiri yaitu mulai dari santan kelapa, campuran bumbu seperti cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih dan bawang merah. Uniknya rendang ini tidak menggunakan bahan pengawet. Jadi dengan penggunaan bumbu alami akan membantu rendang lebih tahan lama dan dibuat menjadi pengawet alami. Dengan hal tersebut rendang bisa bertahan lebih lama.

Cara Memasak Rendang 

Cara mengolah rendan ini juga cukup lama dan biasanya menghabiskan waktu sekitar 4 – 5 jam. Kurang lebih caranya mulai dari memotong daging, masukan bumbu santan dan daging di dalam wajan panas serta aduk santan dengan daging hingga merata. Memasak rendang akan melatih Anda kesabaran dan Anda akan lebih terlatih untuk belajar memasak.

Emkay Blast Lite
jasa pembuatan website

Related posts

Mengapa Makanan Jawa Manis

Arif Buz

7 Resto Favorit Bernuansa Alam Di Medan

Arif Buz

Trip Semarang: Menjelajahi Pasar Semawis, Surganya Kuliner dan Budaya

Agung

Leave a Comment