Budaya

7 Wujud Keragaman Budaya Indonesia, Bukti Kekayaan Bangsa

Wujud Keberagaman Budaya Indonesia

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya. Selain kaya akan sumber daya alamnya, Indonesia juga kaya akan ragam budaya yang dimiliki. Wilayahnya yang terbentang dari Sabang hingga Merauke membuat negara ini memiliki wujud keragaman budaya Indonesia yang luar biasa. Berdasarkan sensus BPS pada 2010, terdapat lebih dari 300 kelompok etnik atau sekitar 1.340 kelompok suku bangsa yang ada di Indonesia.

Meskipun demikian tidak membuat negara Indonesia menjadi terpecah belah. Justru dengan adanya keanekaragaman ini dapat mencetuskan semboyan ‘Bhineka Tunggal Ika’ yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu. Semboyan yang berasal dari bahasa Jawa Kuno membuktikan keragaman yang ada di negara ini merupakan suatu kekayaan dan keindahan bangsa Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain. Berikut wujud dari keberagaman bangsa Indonesia.

Deretan Wujud Keragaman Budaya di Indonesia

1. Rumah Adat

Rumat adat kemegahan dari wujud keragaman budaya di Indonesia

Rumah adat atau rumah tradisional adalah rumah yang sudah ada sejak dahulu kala, dengan memiliki ciri tersendiri. Bahkan setiap generasi tidak memiliki perubahan sama sekali. Keberadaan rumah adat dahulu kala sebagai tempat berkumpulnya sanak keluarga dari satu klan yang sama. Rumat adat dahulu kala, bukan sekedar menjadi tempat tinggal, tetapi juga sebagai tempat yang memiliki kegunaan yang banyak

Saat ini masih banyak rumah adat yang dijadikan tempat tinggal, ada juga yang digunakan untuk upacara adat saja. Di Indonesia mempunyai rumah adat yang beragam. Seperti rumah joglo dari Jawa Tengah, rumah gadang dari Sumatera Barat, rumah bolon dari Sumatera Utara,  rumah panjang dari Kalimantan Barat, dan masih banyak lagi.

2. Upacara Adat Sebagai Wujud Keragaman Budaya Indonesia

Upacara adat, bukti bahwa Indonesia negara yang beragam

 

Hampir setiap daerah memiliki Upacara Adat dari setiap daerah. Aktivitas upacara adat biasanya memiliki nilai filosofis bagi masyarakat setempat. Setiap wilayah memiliki waktu tersendiri untuk melakukan aktivitas upacara adat, berdasarkan kesepakatan para tetua adat.

Ada banyak aturan, norma, dan kebudayaan dalam upacara adat. Setiap wilayah pun biasanya mengadakan upacara adat dengan makna yang berbeda-beda. Seperti upacara adat untuk bersyukur kepada alam, upacara adat untuk memuja para leluhur, upacara adat perayaan besar, dan upacara adat kerabat yang meninggal.

Setiap daerah memiliki nama tersendiri untuk upacara adat yang mereka lakukan. Nama upacara biasanya sudah ada sejak dahulu kala dan tidak pernah dirubah oleh setiap anggota masyarakat.

3. Pakaian Adat

Pakaian adat menjadi wujud keragaman budaya Indonesia begitu kaya

Wujud keberagaman budaya Indonesia berikutnya adalah keberadaan pakaian adat. Pakaian adat ini biasanya digunakan dalam acara-acara besar. Termasuk dalam aktivitas upacara adat. Pakaian adat menjadi simbol budaya dari suatu wilayah.

Bahkan uniknya lagi, pakaian adat bukan hanya untuk menutup tubuh saja. Setiap elemen yang ada dalam pakaian adat memiliki nilai, makna, dan filosofi tersendiri. Semua berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan, baik itu ekonomi, politik, sosial, dan keamanan.

Keberadaan pakaian adat saat ini tidak digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Melainkan dalam acara adat. Namun di beberapa wilayah Indonesia, pakaian adat digunakan oleh Tetua adat dalam aktivitas harian mereka. Bahkan jika sekedar berkumpul dengan masyarakat setempat.

4. Tarian Adat

Wujud keberagaman budaya Indonesia sangat terlihat dari tarian adat

Tarian tradisional adalah tarian yang merupakan wujud keragaman budaya Indonesia. Setiap daerah memiliki tarian masing-masing dengan fungsi yang berbeda. Keberadaan tarian selalu di lestarikan secara turun temurun. Semua tarian adat, selalu dipersembahkan bersama dengan musik-musik adat.

Uniknya, tarian adat yang ada di Indonesia bukan sekedar hiburan bagi masyarakat setempat. Tetapi tarian bisa menjadi alat komunikasi. Setiap gerakan memiliki arti ajaran sosial hingga agama. Saat ini terdapat 300 lebih jenis tarian yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Properti Tari Merak dan Fungsinya

5. Alat Musik dan Lagu Tradisional Wujud Keragaman Budaya Indonesia

Indonesia memiliki alat musik tradisional sebagai wujud keragaman budaya di Indonesia

Keberadaan lagu daerah beberapa tahun belakangan sedang naik daun. Bagaimana tidak, banyak generasi milenial yang tidak malu menyanyikan lagu daerah di ajang besar yang ditonton secara nasional. Bahkan beberapa lagu daerah banyak yang viral, karena dinyanyikan oleh para pengamen dengan penuh penghayatan dan logat bahasa yang jelas.

Lagu tradisional merupakan lagu yang dinyanyikan dengan bahasa daerah. Setiap lirik memiliki arti bagi kehidupan, percintaan, dan pesan moral. Sehingga lagu tradisional biasanya menjadi pesan bagi generasi tua kepada generasi muda. Baik itu pesan dari orang tua kepada anak, menceritakan kebudayaan keunggulan daerah setempat, dan cara menjalani kehidupan.

6. Senjata Tradisional

Senjata tradisional

Saking beragamnya masyarakat Indonesia, setiap daerah pun memiliki senjata tradisional yang melekat dalam kehidupan masyarakat. Senjata tradisional menjadi wujud keberagaman budaya di Indonesia. Senjata-senjata ini digunakan masyarakat bukan hanya sebagai alat pelindung diri. Tetapi juga digunakan untuk berkebun, bertani, dan berburu.

Namun saat ini keberadaan senjata tradisional umumnya hanya sebagai pelengkap di baju adat. Sangat jarang masyarakat menggunakan senjata tradisional sebagai aktivitas harian.

7. Makanan Tradisional

Makanan tradisional

Wujud keragaman budaya Indonesia yang terakhir adalah makanan khas atau makanan tradisinonal. Makanan khas daerah adalah makanan yang memang menjadi konsumsi, baik itu sebagai makanan utama maupun cemilan dari masyarakat setempat. Beberapa makanan daerah bahkan telah dikenal secara nasional hingga mancanegara.

Baca Juga: Tak Hanya Batik, Indonesia Juga Memiliki Beragam Kain Tenun Nusantara!

Sebagai warga negara Indonesia, sudah seharusnya kita melestarikan berbagai macam wujud keragaman budaya Indonesia tersebut. Selain sebagai bentuk rasa bangga, melestarikannya juga akan menambah wawasan.

Related posts

Properti Tari Jaipong, Beserta Sejarah dan Maknanya

Marsyaviani

Sejarah, Jenis dan Properti Tari Serimpi Asal Yogyakarta

Marsyaviani

7 Jenis Alat Musik Sulawesi Selatan dan Cara Memainkannya

Rostina

Leave a Comment