Destinasi

5 Restoran di Ciwidey untuk Kumpul Bareng Kerabat

Daftar Restoran di Ciwidey yang wajib dikunjungi

Ciwidey menjadi salah satu destinasi tujuan utama yang sering dikunjungi wisatawan saat berada di Bandung. Ciwidey memiliki pesona alam yang memukau. Tidak hanya karena udaranya yang sejuk serta pemandangannya yang indah, Ciwidey juga mempunyai tempat makan yang recommended untuk dikunjungi. berikut beberapa rekomendasi restoran di Ciwidey yang sayang untuk dilewatkan.

Ciwidey merupakan sebuah kecamatan yang terletak di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat. Kecamatan ini terletak 35 km di sebelah selatan Kota Bandung, atau 15 km dari Soreang. Sebelum pemekaran kecamatan Rancabali, Ciwidey memiliki wilayah yang cukup luas sampai ke perbatasan Kabupaten Cianjur serta memiliki beragam objek wisata. Namun setelah dimekarkan, Kecamatan Ciwidey kini berperan sebagai daerah penunjang objek wisata yang berada di Kecamatan Rancabali tersebut.

1. Pinisi Resto

Restoran Pinisi Ciwidey

Restoran dengan gaya unik yang satu ini terletak di perbukitan hijau dengan sajian pemandangan yang indah serta udara yang sangat sejuk. Meskipun terbilang masih baru, restoran ini sudah banyak menarik perhatian wisatawan. Hal itu dikarenakan bentuk bangunannya yang unik seperti sebuah phinisi, kapal kayu besar yang menghadap langsung ke danau. Restoran ini tepatnya berlokasi di Glamping Lakeside Rancabali, Bandung.

Baca Juga: Serunya Berwisata Sambil Berolahraga Ekstrim di Paralayang Batu

Salah satu restoran di Ciwidey ini menawarkan menu makanan yang mayoritasnya adalah makanan Indonesia, khususnya makanan khas Sunda. Seperti ayam goreng, ikan, serta tumisan sayuran yang memiliki harga relatif murah. Pinisi Resto buka setiap hari mulai pukul 08.00-20.00 WIB. Untuk mendapatkan pelayanan yang khusus serta tempat yang nyaman, disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu.

2. Saung Gawir Restaurant

Restoran di Ciwidey Saung Gawir

Selain menyediakan restoran, di sini juga terdapat wisata kebun stroberi yang bisa lansung memetik sendiri serta dapat dijadikan tepat piknik keluarga. Lokasi yang strategis menjadikan restoran ini mudah dikunjungi setelah berwisata ke Ranca Upas maupun Kawah Putih. Menu khas Sunda yang disajikan pun juga menggugah selera. Seperti nasi timbel, sambal dadak, nasi lizet kastrol, gurame asam manis, hingga karedok. Pada akhir pekan, Saung Gawir akan buka pukul 09.00-19.00 WIB. Sedangkan untuk hari kerja hanya buka hingga pukul 17.00 WIB. Lokasinya di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali KM 6, Alamendah, Rancabali, Bandung.

3. Bambooberry Restaurant

Restoran di Ciwidey Bambooberry

Masih di sekitar Jalan Raya Ciwidey-Rancabali KM 6 Alamendah terdapat tempat makan khas Sunda yang juga menyediakan fasilitas petik stroberi, yaitu Bambooberry Restaurant. Restoran di Ciwidey yang satu ini memiliki jam operasional mulai pukul 11.00-19.00 WIB pada hari Senin sampai Kamis. Pukul 13.00-23.00 WIB untuk hari Jumat, pukul 09.00-23.00 WIB pada hari Sabtu, dan pukul 09.00-21.00 WIB pada hari Minggu. Menu yang disajikan pun cukup beragam. Ada camilan, makanan berat, bahkan terdapat aneka kopi.

4. Lembah Ciwidey

Lembah

Restoran dengan konsep outdoor ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Jajaran gunung, sawah, dan hamparan bukit yang dapat memanjakan mata. Sesuai dengan namanya, restoran ini berada di dalam area Ciwidey Valley Hot Spring and Resort. Tepatnya di Jalan Barutunggul KM 17 Rancabali, Ciwidey, Bandung. Untuk bisa masuk dan menikmati pemandangannya, wisatawan perlu membayar Rp10.000 per orangnya. Hidangan yang ada pun cukup lengkap. Terdapat masakan Indonesia hingga wastern food.

5. Woza Cafe

Woza Cafe

Hampir sama dengan Lembah Ciwidey, Woza Cafe juga berada di dalam area resort yaitu Driam Riverside Resort. Lokasinya ada di Jalan Raya Soreang-Ciwidey KM 25 Pasirjambu, Cukanggenteng, Bandung. Sama seperti resortnya, salah satu restoran di Ciwidey ini menerapkan interior ala Afrika di dalam restorannya. Bahkan ornament hewan-hewan juga turut menghiasi ruangan tersebut.

Meskipun demikian, suasana di Woza Cafe ini cukup nyaman sebab menyajikan pemandangan sungai serta bukit yang indah. Makanan yang disuguhkan pun tak kalah lezat. Menu andalan dari restoran ini yang wajib dicoba adalah Sop Iga Garang Asam yang rasanya pedas gurih. Woza Cafe beroperasi setiap hari pada pukul 10.00-22.00 WIB.

Baca Juga: 6 Kebun Strawberry di Bandung untuk Liburan Keluarga

Berlibur bersama keluarga merupakan momen yang ditunggu-tunggu. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Bandung adalah tempat yang paling cocok untuk liburan keluarga, sambil mencoba berburu kuliner khas Sunda di beberapa restoran di Ciwidey yang memiliki citarasa tak kalah lezat dari restoran berbintang.

Related posts

7 Destinasi Wisata Keluarga di Pantai Indah Kapuk

Risma

Tempat Wisata Purwokerto, Buat Kamu yang Kangen Traveling

Primaditya Riesta

Kota Terindah di Indonesia, nomor 4 Gudangnya Taman Hiburan!

Habibah Auni

Leave a Comment