Loading...

Sabtu, Mei 08, 2021

Begitu Memesona, Inilah 13 Pemandangan Alam Terindah di Indonesia

Alam Indonesia tidak akan pernah ada habisnya untuk di eksplorasi. Banyak tempat-tempat indah di seluruh negeri menawarkan pemandangan alam yang memesona. Tak heran jika sejumlah tempat di Indonesia menjadi daya tarik bagi datangnya wisatawan luar negeri. Bahkan tidak sedikit spot wisata di Indonesia mendapat julukan surga dunia sebab keindahannya yang memukau mata.

Keindahan alam Indonesia hadir dalam banyak bentuk. Mulai dari pesisir laut atau pantai, Indonesia memiliki sederet tempat istimewa yang namanya sudah populer hingga mancanegara. Ditambah bagian dalam laut Indonesia yang juga tidak luput dari sorotan berkat kecantikannya yang masih begitu terjaga. Beralih ke daerah dataran tinggi atau pegunungan, Indonesia juga mempunyai banyak tujuan yang keindahannya selalu memesona.

Tempat-tempat indah di Indonesia sangat cocok dijadikan tujuan wisata untuk melalui liburan atau sekadar memanfaatkan sedikit waktu luang yang ada. Dengan menikmati keindahan pemandangan alam Indonesia, siapa saja dijamin akan merasakan ketenangan. Kejernihan pikiran pun bisa dicapai hingga semangat beraktivitas kembali lagi. Inilah sederet keindahan alam di Indonesia yang wajib dikunjungi.

1. Keindahan Karimun Jawa yang Melegenda

Dari Provinsi Jawa Tengah tepatnya Jepara terdapat sebuah kepulauan yang keindahan alamnya sudah melegenda. Kepulauan Karimun Jawa menjadi salah satu destinasi wisata favorit para pelancong lokal. Sepanjang pantai di kepulauan ini dipenuhi dengan pasir putih yang masih terjaga kebersihannya. Berpadu dengan air laut yang biru dan jernih, pemandangannya seakan menghipnotis semua mata yang melihat.

2. Danau Weekuri yang Sangat Jernih

Membahas wisata danau di Indonesia selama ini masih seputar danau-danau terkenal yang memiliki cerita sejarah. Sedangkan nama Danau Weekuri kurang populer dibanding danau terkenal lainnya. Meski namanya jarang terdengar, Danau Weekuri di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini menyajikan pemandangan alam yang tak kalah cantik. Airnya begitu jernih dan berwarna kebiruan menjadi kombinasi sempurna bersama bebatuan dan pepohonan di sekitarnya.

3. Pantai Dreamland Jadi Spot Favorit Menikmati Senja

Berbicara tentang pantai di Bali, pasti semua orang akan langsung teringat pada Pantai Kuta. Padahal Bali memiliki banyak pilihan pantai lain, seperti salah satunya Pantai Dreamland. Pantai di kawasan Pecatu itu bisa menjadi alternatif untuk menikmati senja di waktu sore. Tak kalah dari Pantai Kuta, Pantai Dreamland mampu memberikan sensasi berbeda dengan pemandangan tebing di sekelilingnya yang sangat memukau.

4. Surga Bawah Laut di Taman Nasional Bunaken

Jika mengaku pecinta wisata bahari, jangan pernah lewatkan kesempatan berkunjung ke Taman Nasional Bunaken. Tempat ini menjadi taman laut paling populer di Indonesia dan menjadi surga bagi traveler yang hobi menyelam. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan alam di Taman Nasional Bunaken adalah antara bulan Mei hingga Agustus. Pada bulan-bulan tersebut, air laut Bunaken berada di kondisi yang sangat jernih dan bersuhu hangat.

5. Raja Ampat sebagai Wisata Perairan Tercantik

Nama Raja Ampat sudah sangat mendunia sebab keindahan alamnya yang tidak ada duanya. Semua orang yang berkunjung ke sana dan berkesempatan melakukan penyelaman akan dibuat takjub akan keindahan bawah lautnya. Menariknya lagi, 75% spesies laut dari seluruh dunia dapat ditemukan di Raja Ampat. Maka wajar apabila tempat ini masuk dalam daftar 10 tempat wisata bahari tercantik di dunia.

6. Danau Toba dengan Keelokan Tersendiri

Dari sisi Indonesia bagian barat, ada Danau Toba yang selama ini dikenal masyarakat akan cerita rakyatnya yang melegenda. Di balik kisah yang begitu ikonik, Danau Toba menjadi salah satu rekomendasi tujuan wisata dengan pemandangan alam yang elok. Tidak hanya luasnya danau yang terisi air bening, tempat ini juga memesona karena pemandangan pegunungan di sekitarnya. Semua yang tersaji menjadi perpaduan sempurna untuk dinikmati bersama keluarga.

7. Pantai Pink yang Unik

Kebanyakan pantai memiliki pasir berwarna putih atau hitam. Namun hal berbeda dapat ditemui di sebuah pantai yang ada di Labuan Bajo ini. Pantai yang disebut Pantai Pink ini memperlihatkan hamparan pasir berwarna merah muda. Keunikan ini langsung membuat banyak orang penasaran hingga mampu mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah. Apalagi dengan airnya yang jernih, pengunjung dapat melihat secara langsung terumbu karang di dalam laut.

8. Keindahan Alam dari Puncak Pulau Padar

Kalau berkunjung ke Pulau Komodo, jangan hanya menyaksikan hewan purba tersebut dan berinteraksi langsung dari dekat. Nikmati juga Pulau Padar sebagai pulau terbesar ketiga di wilayah tersebut. Menikmati pemandangan alam di pulau ini dilakuka dengan cara tidak biasa. Pengunjung masih harus melakukan pendakian untuk sampai ke puncak. Sesampainya di ketinggian, pengunjung dapat menyaksikan kecantikan bentangan alam yang sayang untuk dilewatkan.

9. Kepulauan Derawan sebagai Maldives-nya Indonesia

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Maldives jika ingin menikmati pemandangan pantai yang super cantik. Indonesia juga memiliki spot yang serupa dengan Maldives yaitu Pulau Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Keempat pulaunya yang terkenal yaitu Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Pulau Sangalaki dan Pulau Maratua dijamin akan membuat pengunjung enggan beranjak karena saking menikmati keindahan alamnya.

10. Pantai Ngurtafur yang Unik

Jika bosan dengan pemandangan pantai yang terlihat sudah biasa, berarti saatnya berkunjung ke Pantai Ngurtafur. Pantai yang berada di Provinsi Maluku Tenggara ini menawarkan pemandangan alam dengan keunikan yang tidak akan ditemukan di pantai lain. Saat air sedang surut, pantai akan terlihat seolah terbelah menjadi dua bagian. Hingga pengunjung dapat merasakan sensasi seperti sedang berjalan di tengah lautan.

11. Gunung Kelimutu dengan Tiga Kawahnya

Setelah puas bermain-main di pantai atau wisata perairan lain, cobalah mendaki gunung untuk mendapatkan pengalaman baru. Gunung Kelimutu di Nusa Tenggara Timur menjadi rekomendasi wajib bagi yang suka mendaki. Bukan hanya pemandangan pegunungan yang khas, pengunjung juga bisa melihat langsung ketiga kawah Gunung Kelimutu. Uniknya, ketiga kawah tersebut dapat berubah warna di waktu-waktu tertentu.

12. Gunung Bromo yang Disucikan

Dari Provinsi Jawa Timur, Gunung Bromo menjadi tujuan wisata pendakian yang paling disarankan. Waktu paling tepat untuk datang ke Gunung Bromo adalah saat menjelang matahari terbit. Pemandangan alam saat matahari terbit di gunung ini dikenal sangat indah. Pengunjung juga bisa mempelajari berbagai adat dan tradisi masyarakat setempat yang begitu menyucikan Gunung Bromo.

13. Kampung Lolai di Toraja

Dari Toraja, ada sebuah kampung yang keindahannya sanggup memesona semua mata yang memandangnya. Kampung bernama Lolai tersebut berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, maka disebutlah kampung ini sebagai kampung di atas awan. Dari puncaknya, pengunjung dapat melihat langsung hamparan awan putih seperti sedang berada di kahyangan. Saat berkunjung ke Lolai, disarankan menggunakan pakaian tebal karena suhunya sangat dingin.

Berbicara tentang pemandangan alam, Indonesia memang mempunyai banyak sekali pilihan. Mulai dari kedalaman laut, pesisir pantainya, danau-danau populer hingga gunung yang menyajikan keindahannya masing-masing.