Destinasi

10 Tempat Wisata Purwakarta Terbaru, Terpopuler, Murah Meriah dan Seru Untuk Didatangi

Tempat Wisata Di Purwakarta

Kabupaten Purwakarta adalah salah satu daerah yang tidak terlalu jauh dari Jakarta. Yang seringkali dijadikan alternatif lokasi bagi mereka yang ingin menghindari sejenak hiruk pikuk kota. Di sana pun ada banyak sekali tempat wisata Purwakarta yang bisa kamu beserta keluarga datangi. Mulai dari wisata murah meriah, yang paling terbaru dan juga yang terpopuler.

Bukan hanya menawarkan beragam tempat wisata seru untuk dikunjungi saja, Purwakarta juga menawarkan keindahan alam dan udara sejuk yang bisa kamu nikmati bila berkunjung ke sana. Untuk kamu yang sedang berkeinginan untuk berlibur sejenak namun tidak ingin tempat yang terlalu jauh dari Jakarta, Purwakarta bisa jadi pilihan tepat. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Purwakarta:

1. Waduk Jatiluhur

Jalan-Jalan Ke Waduk Jatiluhur

Tahukah kamu, ternyata waduk Jatiluhur adalah waduk buatan yang pertama di Indonesia. Waduk ini dibangun di tahun 1957, yang awalnya difungsikan sebagai sarana irigasi, pembangkit listrik, bahan baku air minum dan juga untuk budidaya ikan. Namun saat ini, waduk Jatiluhur akhirnya dijadikan tempat wisata populer di Purwakarta, yang terkenal dengan keindahan alamnya. Dari sini juga kamu bisa melihat keindahan Gunung Parang dan Bongkok yang memesona, lho.

Bukan hanya itu saja, di tempat yang merupakan muara dari sungai Citarum ini juga sudah memiliki fasilitas dan juga akomodasi yang lengkap, sehingga akan memudahkan dan memanjakan wisatawan yang datang.

Baca Juga: Terkenal Dengan Keindahan Alamnya, Rekomendasi Tempat Wisata Di Bangka

Di waduk Jatiluhur ini, kamu bisa mencoba beragam rekreasi atau olahraga air, seperti berenang di waterboom, dayung, ski air, selancar angin, naik perahu, memancing, menikmati kuliner di restoran apung, ataupun berkemah.

2. Goa Jepang dan Belanda

Tempat Wisata Di Purwakarta, Goa Jepang

Salah satu tempat wisata Purwakarta dengan unsur sejarah yang juga populer didatangi wisatawan adalah Goa Jepang dan Goa Belanda.

Di tahun 1942 lalu, Goa Jepang dibuat dengan sistem kerja paksa, yang difungsikan sebagai tempat untuk menyimpan senjata, mesiu dan juga tempat radio komunikasi milik tentara Jepang. Nah, 800 meter dari Goa Jepang ini ada Goa Belanda yang dibangun tahun 1941, yang awalnya dibangun untuk penghubung PLTA Bengkok. Namun akhirnya berubah fungsi, dan dijadikan pusat stasiun radio komunikasi milik militer Hindia Belanda.

Goa yang punya kedalaman hingga 300 meter, tinggi 1,5 meter dan juga lebar 2 meter ini adalah saksi bisu sejarah penjajahan Jepang di Indonesia.

Di tempat wisata satu ini kamu bisa berkemah, menunggang kuda dan juga agro wisata. Udaranya yang sejuk juga membuat tempat ini jadi banyak pilihan orang untuk berwisata.

3. Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud

Melihat tempat wisata Air di Purwakarta

Tempat wisata Purwakarta selanjutnya ini berlokasi di Jalan K.K Singawinata, Nagri Kidul, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. Seperti namanya, di lokasi yang berupa danau ini kamu akan disajikan atraksi air mancur yang akan menari-nari indah dan berwarna-warni.

Atraksi air mancur ini ternyata dibuat dengan teknologi canggih, yaitu sinar laser yang akan membentuk beragam animasi dan juga efek. Atraksi air mancur dan lampu-lampu indah ini pun bergerak sesuai irama musik yang mengiringinya. Cocok banget untuk kamu yang ingin menikmati keindahan lampu-lampu dengan udara sejuk malam hari.

Kalau kamu ingin melihat atraksi air mancur ini, kamu bisa datang pada hari Sabtu, setiap pukul 20.00 hingga 22.00 WIB.

4. Hidden Valley Hills

Tepat Wisata Hidden Valley Hills Purwakarta

Hidden Valley Hills ini merupakan salah satu tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits. Area ini memiliki villa, resort dan juga sky pool. Namun, area ini masih dalam pembenahan. Walaupun begitu, para wisatawan yang datang juga terbilang ramai, lho. Karena lokasi ini termasuk tempat yang instagramable. Ada beragam spot foto, tempat renang, dan tempat bersantai.

Dari tempat wisata yang berlokasi di Desa Cibodas, Kecamatan Sukatani, Purwakarta ini juga kamu bisa melihat langsung pemandangan Gunung Lembu, Gunung Cupu serta Gunung Parang. Udara di sini juga sejuk, sehingga sangat cocok untuk menghilangkan penat.

5. Urban Farming

Jalan-Jalan Melihat Kebun Urban Farming

Satu lagi tempat wisata instagramable yang bisa kamu kunjungi di Purwakarta. Lokasi tepatnya berada di Desa Benteng, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta.

Urban Farming ini adalah tempat wisata Purwakarta berupa lokasi pelatihan dan juga edukasi pertanian perkotaan, yang sekaligus dijadikan tempat wisata. Di tempat wisata yang cocok untuk keluarga ini, kamu bisa berkeliling kampung mini, yang punya sawah, ladang, dan juga ternak seperti ayam dan bebek.

Selain itu, di kampung mini ini juga ada rumah-rumah yang juga mini yang punya gaya khas Eropa dengan warna-warna cantik dan mencolok. Tentunya, sangat cocok untuk dijadikan spot foto. Tiket masuk Urban Farming sendiri yaitu sekitar Rp 15.000 per orangnya.

6. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan berlokasi di Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, yang berada sekitar 17 km dari pusat kota Purwakarta.

Kampung wisata ini menawarkan keindahan alam perbukitan, perkebunan teh, gunung dan juga waduk Jatiluhur, yang bisa kamu lihat langsung dari area wisata ini. Di sini juga ada jembatan bambu yang membentang di sepanjang bukit, serta saung-saung khas Sunda untuk beristirahat dan melengkapi nuansa pedesaan yang tenang dan damai.

Untuk berwisata di sini pun kamu tidak butuh mengeluarkan budget yang banyak, karena Bukit Panenjoan termasuk tempat wisata murah meriah yang menawarkan keindahan alam yang memesona.

Baca Juga: 7 Hotel Di Cianjur, Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga dan Sahabat

7. Tebing Boyer

Tebing Boyer Tempat Wisata Di Purwakarta dengan pemandangan Menakjubkan

Bisa dibilang Tebing Boyer ini termasuk tempat wisata Purwakarta terbaru dan terhits, yang saat ini jadi pilihan destinasi orang-orang untuk berwisata. Dari tebing yang berupa susunan batu di tepi waduk Jatiluhur ini kamu bisa melihat pemandangan sekitar yang indah serta udara yang sejuk.

Lokasi wisata ini berada di Kampung Talun, Desa Tajursindang, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta.

8. Curug Tilu

Main Air di Curug Tilu

Lokasinya berada di Kampung Ciririp, Desa Kertamanah, Kecamatan Sukasari, Purwakarta. Sebutan Curug Tilu sendiri karena dulu dikatakan bahwa ada 3 air terjun di lokasi ini. Namun seiring berjalannya waktu, dua aliran airnya hilang karena tumbuhnya tumbuh-tumbuhan dan adanya bebatuan.

Di lokasi curug ini, kamu bisa berenang di air jernih yang menyegarkan, serta menikmati suasana alam sekitar yang punya udara yang sejuk. Apalagi untuk kamu yang butuh melihat yang hijau-hijau, berwisata ke Curug Tilu bisa jadi pilihan, lho.

9. Taman Batu Purwakarta

Taman Batu Purwakarta

Lokasinya ada di lereng Gunung Burangrang, yang berada di Cipeundeuy, Bojong, Kabupaten Purwakarta. Taman Batu ini adalah area kolam renang yang berhiaskan batuan alam besar. Lokasinya ada di antara persawahan, perbukitan dan juga sungai.

Di taman batu Purwakarta ini kamu juga bisa melihat keindahan pemandangan sekitar yang asri dengan pepohonan hijau terhampar dan udara yang sejuk. Di sini juga ada air terjun mini, lho. Dengan harga tiket masuk sekitar Rp 20.000 saja, kamu sudah bisa menikmati segarnya bermain air, dan juga memanjakan mata dengan keindahan alamnya.

10. Saung Manglid

Saung Manglid Purwakarta

Saung Manglid merupakan tempat makan yang juga seringkali dijadikan tempat wisata Purwakarta karena suasananya yang unik, artistik, dan indah.

Di tempat makan yang berlokasi Parakanceuri, Pusakamulya, Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta ini kamu bisa menikmati makanan enak khas Sunda dengan harga murah meriah. Sembari melihat-lihat pemandangan hamparan bunga, sayuran dan hiasan-hiasan anyaman bambu yang ditata menjadi beragam bentuk, mulai dari kuda hingga hiasan gerbang. Di sini juga ada banyak spot foto instagramable yang jadi daya tarik para wisatawan.

Baca Juga: Kota Terindah di Indonesia, nomor 4 Gudangnya Taman Hiburan!

Jangan lupa memasukkan tempat wisata Purwakarta di atas bila kamu berniat untuk mengunjungi Purwakarta ya!

Related posts

6 Kebun Strawberry di Bandung untuk Liburan Keluarga

Risma

Wow! Ini Dia 8 Gambar Alam Mempesona Dari Indonesia

Marsyaviani

Jalan-Jalan ke 6 Museum Di Jakarta, Yuk!

Marsyaviani

Leave a Comment