Destinasi

6 Destinasi Wisata Banyuwangi Paling Hits

Destinasi Wisata Banyuwangi

Nama Banyuwangi mungkin belum setenar Pulau Dewata Bali atau destinasi populer lainnya di Indonesia. Namun jangan salah, wisata Banyuwangi ternyata menyimpan banyak keindahan yang akan memukau siapapun yang berkunjung ke sana.

Penasaran, apa saja tujuan wisata yang ada di Banyuwangi? Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata populer di Banyuwangi yang tak boleh dilewatkan untuk dikunjungi.

Destinasi Wisata Banyuwangi

Kawah Ijen

Kawah Ijen Destinasi Wisata Banyuwangi

Sumber Gambar: The World Travel

Kawah Ijen menjadi destinasi pertama wisata Banyuwangi yang wajib dikunjungi. Keindahan destinasi wisata ini berasal dari Gunung Ijen yang memiliki ketinggian 2.443 mdpl. Selain sangat intagramable untuk didokumentasikan dalam bentuk foto, Kawah Ijen juga memiliki api biru yang fenomenal.

Untuk melihat fenomena api biru ini memang diperlukan perjuangan yang tidak mudah. Pengunjung setidaknya harus mendaki pada pukul 1 dini hari dengan waktu tempuh selama kurang lebih 2 jam. Nantinya, api biru tersebut biasanya akan terlihat pada pukul 5 pagi. Selain dapat menyaksikan api biru, pengunjung juga dapat menyaksikan pemandangan sunrise yang menakjubkan.

Baca Juga: Tertarik Wisata Kuliner Ikonik? Coba Makanan Khas Banyuwangi

Air Terjun CoklakDestinasi Wisata Banyuwangi

Sumber Gambar: Travel Paket Wisata

Bagi pecinta wisata air terjun, Banyuwangi juga memiliki objek wisata air terjun yang tidak kalah memukau bernama Air Terjun Coklak. Keistimewaan dari objek wisata ini adalah memiliki kontur tebing yang indah dengan warna air terjun yang beragam.

Untuk sampai di lokasi air terjun, pengunjung harus melalui medan yang cukup panjang dan curam. Di beberapa titik juga sudah dilengkapi dengan tangga dan pagar bambu agar pengunjung tidak tergelincir. Namun jangan khawatir, perjalanan yang memerlukan waktu sekitar 30 menit ini nantinya akan terbayar dengan pemandangan air terjun yang sangat indah. Untuk lokasinya, Air terjun Coklak terletak di Dusun Darungan, Tegalharjo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi.

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Sumber Gambar: Travel Promo

Destinasi selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Taman Nasional Baluran. Tempat ini menjadi populer setelah menjadi lokasi syuting video klip penyanyi Raisa. Taman nasional ini menyuguhkan pemandangan seperti savana di Afrika. Selain itu pengunjung juga dapat bertemu dengan aneka satwa liar yang tinggal di sana, termasuk rusa

Walaupun secara administratif masuk di Kabupaten Sitobondo, tetapi Baluran juga selalu dikunjungi oleh wisatawan yang berlibur ke Banyuwangi. Dari pusat kota Banyuwangi, destinasi ini dapat dicapai dengan berkendara sekitar 1,5 jam. Selain Savana Bekol, pengunjung juga dapat berwisata ke Pantai Bama. Taman Nasional Baluran terletak di Randu Agung, Wonorejo, Banyuputih, Situbondo.

Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk

Sumber Gambar: PegiPegi

Jawatan Benculuk adalah objek wisata alam berupa hutan. Sebenarnya tempat ini dulunya dimanfaatkan untuk penimbunan kayu jati dan sebagai kawasan resapan air. Tetapi tempat ini sekarang telah mengalami perubahan yang sangat signifikan.

Dengan kawasan berupa hutan, spot fotografi yang terkenal di sana tentu saja adalah pepohonan yang rindang. Selain berfoto, beberapa aktivitas lain yang dapat dilakukan di kawasan ini adalah bermain arung jeram dan memancing. Nama destinasi wisata ini sebenarnya sesuai dengan nama lokasinya yaitu terletak di Desa Benculuk, Cluring, Banyuwangi.

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah Destinasi wisata air di Banyuwangi

Sumber Gambar: Travel Banyuwangi

Ini adalah destinasi wisata Banyuwangi yang menarik perhatian tidak hanya wisatawan lokal tetapi juga mancanegara. Dinamai Pantai Pulau Merah karena di dekat bibir pantai ada bukit hijau kecil yang tanahnya berwarna kemerahan. Bukit tersebut dapat dikunjungi hanya dengan berjalan kaki ketika air laut sedang surut.

Pantai ini terkenal dengan panorama sunset nya yang luar biasa. Selain itu, para pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas seru lainnya seperti berselancar, snorkeling, atau sekedar menikmati sajian kuliner. Lokasi pantai ini berjarak sekitar 60 km dari kota Banyuwangi, lebih tepatnya di Pancer, Sumberagung, Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi.

Pantai Plengkung

Sumber Gambar: Jejak Piknik

Nama Pantai Plengkung mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pecinta surfing. Objek wisata Banyuwangi ini memiliki garis pantai yang panjang dengan pasir pantai berwarna putih dan ombak yang sangat cocok untuk kegiatan surfing.

Pantai yang juga dikenal dengan sebutan Pantai G-Land ini tidak hanya cocok untuk surfing tetapi juga kegiatan lain seperti memancing, berjemur, atau bahkan bersepeda. Lokasi pantai ini terletak di Purworejo, Kalipait, Tegaldlimo.

Baca Juga: Berkenalan dengan Suku Osing Banyuwangi

Demikian beberapa destinasi wisata Banyuwangi yang paling populer. Pastikan untuk menyempatkan diri ke salah satu atau beberapa objek wisata tersebut ketika Anda sedang berada di Banyuwangi.

 

Related posts

Destinasi Wisata Sulawesi Selatan yang Sayang Kamu Lewatkan!

Rostina

Potensi Daerah Wisata: Pengertian & Tips Mengembangkannya

Linda Arista

Rekomendasi Tempat Wisata Hits di Sentul

Rostina

Leave a Comment