Hotel

Mengenal Istilah Penginapan, Mulai Dari Beda Resort dan Hotel, Hostel, Villa, Cottage, Guesthouse, Losmen dan Motel

Istilah Penginapan

Ketika ingin berlibur bersama keluarga, pasangan, kerabat ataupun sahabat, suka bingung gak sih dengan istilah-istilah penginapan, mulai dari resort, hotel, hostel, villa, cottage, guesthouse, losmen ataupun motel? Ternyata dari semua istilah ini, ada beda resort dan hotel dan juga jenis penginapan lainnya. Sudah tau apa bedanya?

Mengenal Istilah Penginapan yang Sering Tertukar

Mengenal Istilah Penginapan

Hotel

Hotel adalah salah satu jenis penginapan yang paling umum dan paling mudah untuk dikenali. Biasanya, bangunan hotel terdiri dari gedung yang bertingkat, dan jumlah kamarnya terbilang cukup banyak.

Hotel juga biasanya dibagi ke dalam beberapa kelas, seperti hotel bintang satu sampai hotel bintang lima. Semakin tinggi kelas hotelnya, maka fasilitas yang ada pun tentunya semakin lengkap dan juga mewah. Kelas ini pun jadi penentu jumlah kamar yang dimiliki hotel, luas kamar minimal, fasilitas yang disediakan, serta tarif yang akan dikenakan per malamnya.

Baca Juga: Liburan dan Staycation Nyaman, Ini Rekomendasi Hotel Bintang 5 di Semarang

Belakang ini, hotel tidak hanya dibagi berdasar kelasnya, namun juga berdasar tipenya, seperti city hotel yang merupakan hotel di dalam perkotaan. Yang termasuk city hotel ini misalnya adalah budget hotel yang merupakan sebuah hotel yang akan memfasilitasi orang hanya sebatas untuk menginap, ataupun paling tidak memberikan sarapan, tanpa adanya fasilitas lain. Ada juga tipe hotel seperti bed & breakfast hotel, dan juga boutique hotel.

Pengelolaan hotel pun dilakukan profesional dan didukung oleh tenaga kerja terampil dalam bidang perhotelan. Mereka punya SOP tersendiri yang tidak bisa diubah sesuai keinginan pengunjung.

Mungkin Anda semua mengenai istilah penginapan hotel

Resort

Beda resort dan hotel bisa dilihat salah satunya dari pegawai di dalamnya. Kalau biasanya hotel punya pengelolaan yang ketat dan pegawai bekerja sesuai SOP yang sudah ada, berbeda dengan resort, di mana di resort pegawai bisa lebih fleksibel dan umumnya tidak memiliki aturan ketat yang mengikat.

Sama seperti hotel, resort memiliki kamar-kamar yang bisa disewa tamu untuk menginap. Namun beda resort dan hotel adalah, resort umumnya lebih luas dan dibangun di tempat yang punya pemandangan indah, seperti di pinggir pantai ataupun pegunungan. Nuansa yang ditawarkan resort pun lebih rekreatif, dan memanjakan tamu yang menginap. Ada fasilitas seperti kolam renang, spa, restoran, taman bermain bahkan hingga pusat perbelanjaan. Semua ini disedakan agar tamu bisa melakukan kegiatan seru di dalam ataupun luar ruangan resort.

Karena menawarkan lokasi yang membuat tamu bisa melihat pemandangan indah, maka umumnya resort dibangun jauh dari pusat kota. Jenis penginapan satu ini sangat pas untuk kamu yang senang traveling dan ingin rehat sejenak menikmati pemandangan yang indah.

Beda resort dan hotel lainnya adalah dalam soal harga. Karena lokasi serta fasilitas yang ditawakan resort inilah yang membuat harganya umumnya jauh lebih mahal dibanding kamu menginap di hotel.

Selain itu, resort ternyata juga punya kelas atau bintang, sama seperti hotel. Namun dalam resort, hanya ada bintang 3 hingga bintang 5, yang dibedakan berdasar fasilitasnya. Jika sebuah resort punya fasilitas yang lengkap, fasilitas dalam resort yang beragam, dan jumlah kamar yang ada, resort bisa mendapat bintang yang lebih baik.

Beda Resort dengan hotel yang sering dianggap sama

Hostel

Jenis penginapan satu ini umumnya punya harga yang jauh lebih terjangkau dibanding hotel. Model penginapannya pun lebih mirip seperti sebuah asrama, jadi hostel bisa saja diisi oleh beberapa orang, seperti 6 sampai 8 orang. Jadi, tipe kamar hostel lebih kepada sharing room, yang punya banyak tempat tidur di satu ruangan.

Beberapa hostel juga punya fasilitas pendukung seperti kamar mandi, lounge dan juga dapur, namun terbilang terbatas dibanding jenis penginapan lain, dan digunakan secara bersama-sama. Kalau kamu ingin biaya akomodasi atau penginapan yang lebih minim, atau hanya memiliki budget menginap yang tidak terlalu besar, kamu bisa mencoba menginap di hostel.

Hostel

Villa

Perbedaan villa dan resort adalah, bila resort menyediakan kamar-kamar untuk disewa, sedangkan villa menyediakan sebuah rumah mewah, yang tentunya dengan banyak kamar di dalamnya, yang bisa disewa seluruhnya dengan fasilitas yang ada. Namun lokasi villa umumnya sama dengan resort, di mana bertempat di lokasi yang sekitarnya punya pemandangan indah.

Villa juga biasanya punya fasilitas seperti kolam renang, taman bermain, dapur dan lainnya. Harga sewanya cenderung bervariasi tergantung dari jumlah kamar, besar villa, fasilitas dan juga lokasi villa.

Bila kamu berencana untuk menginap dalam jumlah yang terbilang banyak seperti kelompok, ataupun keluarga besar, kamu bisa memilih villa untuk menjadi tempat menginap. Apalagi kenyamanan dan privasi dari villa cenderung lebih tinggi dibanding jenis penginapan lainnya.

Istilah Penginapan Villa

Cottage

Walaupun tidak banyak, ada juga jenis penginapan yang disebut dengan cottage. Cottage ini umumnya mirip dengan villa. Namun yang membedakan adalah jenis bangunannya. Bangunan cottage cenderung mirip dengan pondok atau rumah kecil yang dibuat terpisah-pisah, namun di satu area yang sama. Mirip seperti villa, cottage juga mengutamakan privasi serta kenyamanan tamu yang menginap.

Cottage ini pun umumnya dibangun di lokasi yang punya pemandangan alam, seperti pantai, danau, ataupun pegunungan. Harga menginap di cottage pun bervariasi, tergantung dari lokasi serta fasilitasnya.

Cottage

Guesthouse

Jenis penginapan lainnya yang bisa kamu temukan yaitu guesthouse. Guesthouse atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai rumah tamu ini bisa dibilang adalah tempat menginap yang sebagaimana namanya tersebut. Jadi guesthouse ini punya fasilitas yang lebih sederhana, seperti kamu tinggal di rumah sendiri.

Ada beberapa guesthouse yang di mana pemiliknya tinggal di Gedung yang sama dengan Gedung yang punya kamar-kamar yang akan disewakan untuk tamu menginap. Fasilitasnya pun digunakan bersama-sama dengan tamu lain yang menginap.

Guesthouse ini juga bisa dikatakan sebagai versi minimalis dari hotel. Di beberapa guesthouse pun ada yang menyediakan sarapan untuk tamunya dan fasilitas lain yang serupa dengan hotel. Harga yang biasanya dibanderol per malam untuk sebuah guesthouse pun jauh lebih terjangkau.

Mengenal istilah Guesthouse

Losmen

Kalau losmen ini diartikan sebagai penginapa sederhana, tanpa adanya fasilitas mewah seperti AC, TV dan lainnya. Umumnya di losmen kamu hanya akan menemukan Kasur untuk tidur dan juga lemari seadanya.

Ukuran kamar losmen pun biasanya tidak terlalu besar, yang biasanya hanya bisa diisi 1 hingga 2 orang tamu saja. Losmen ini bisa jadi pilihan tepat low budget bila kamu ingin menginap ketika traveling.

Losmen, Beda Resort dan Hotel

Motel

Yang terakhir, jenis penginapan bernama motel, yang merupakan kependekan dari motor dan hotel. Istilah penginapan ini dipakai untuk sebutan tempat menginap yang menghubungkan dua kota atau daerah. Jadi motel biasanya terletak di perbatasan, dan jadi tempat singgah sementara, untuk tempat beristirahat dari kelelahan.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Hotel di Jogjakarta Nyaman & Instagramable

Di Indonesia, mungkin motel ini jarang sekali ditemui. Namun umumnya, motel berada dekat dengan jalan tol. Kamar-kamar motel juga akan terhubungan langsung ke parkiran.

Itu dia beda resort dan hotel, serta istilah penginapan lainnya. Bila kamu ingin mencari akomodasi ketika traveling, pastikan kamu mengetahui arti-arti istilah penginapan ini, beda resort dan hotel, dan jenis penginapan lainnya.

Related posts

6 Daftar Hotel di Purwakarta Buat Liburan

Rostina

Hotel Bintang 5 di Bandung Dengan Fasilitas Terbaik

Rostina

6 Rekomendasi Hotel di Jogjakarta Nyaman & Instagramable

Risma

Leave a Comment