Destinasi

Simak Sederet Fakta Unik Sirkuit Mandalika Berikut Ini!

Sirkuit Mandalika

Nama Sirkuit Mandalika belakangan ini menjadi perbincangan hangat terutama di kalangan pecinta otomotif. Pasalnya, sirkuit yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat itu menjadi tempat digelarnya ajang balap bertaraf internasional, IATC dan World Superbike 2021. Kesiapan sirkuit yang juga disebut dengan nama Pertamina Mandalika International Street Circuit menjadi kebanggan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Tak hanya itu, sirkuit itu juga berhasil menyita perhatian dunia.

Berlokasi di Lombok yang merupakan daerah tujuan wisata populer menjadikan Mandalika sebagai sirkuit yang memancing rasa penasaran publik. Banyak orang bertanya-tanya seperti apa sirkuit yang menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah ajang balap bergengsi tersebut. Hingga sekarang, pembahasan mengenai sirkuit tersebut tetap menjadi topik utama di setiap berita. Agar tidak semakin penasaran, berikut fakta unik sirkuit tersebut.

Baca Juga: Kota Terindah di Indonesia, nomor 4 Gudangnya Taman Hiburan!

1. Mendapatkan Tiga Rekor Muri

Sirkuit Mandalika Mendapatkan Predikat Muri

Setelah diresmikan pada 12 November 2021 oleh Presiden Joko Widodo, Sirkuit Mandalika mendapatkan tiga rekor sekaligus dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor yang didapatkan antara lain pengaspalan menggunakan teknologi building information modelling atau sering disebut BIM dengan volume terbanyak. Rekor lainnya untuk pembangunan sirkuit pertama standar Federation Internationale de Motorcyclisme atau FIM kemudian lintasan sirkuit tercepat.

2. Memiliki Hiasan Batik di Area Run Off

Fakta Unik Sirkuit Mandalika yang memiliki Hiasan batik di Run off

Sirkuit dengan panjang 4,31 km ini memiliki hiasan Batik pada area run off nya. Esther Ginting, seorang Corporate Communication ITDC menyebutkan bahwa motif Batik yang ada di area run off sirkuit merupakan motif kain tenun ikat khas Sasak dari Lombok. Tampilan tersebut mendapat sorotan publik sebab dianggap sangat menarik dan dapat mengangkat kebudayaan Indonesia. Hiasan tersebut akan menjadi khas dari sirkuit ini dan sebagai kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

3. Memiliki Aspal yang Sangat Canggih dan Termulus di Indonesia

Aspal Sirkuit Mandalika Canggih dan Mulus

Wakil Menteri BUMN II Kartiko Wirdjoatmodjo serta didampingi oleh Direktur Utama PTPP Novel Arsyad meninjau progess persiapan Sirkuit Mandalika saat akan menyambut ajang World Superbike (WSBK) yang dilaksanakan pada tanggal 19-21 November 2021 lalu. PTPP mampu menyelesaikan pembangunan lintasan utama MotoGP di sirkuit tersebut sesuai dengan standar mutu dari FMI atau Federation Internationale de Motorcycleisme kategori sirkuit kelas A sehingga dapat digunakan dalam event grand prix.

Selain dapat digunakan untuk kecepatan tinggi, sirkuit dengan aspal canggih tersebut juga tetap memperhitungkan keamanan para pengguna lintasan dengan begitu baik. Memiliki safety area seperti Run Off Asphalt serta Run Off Gravel yang luas membuat jalan lintasan Sirkuit Internasional Mandalika termasuk dalam kategori aman. Metode pengaspalan pun dilakukan secara teliti dan terencana sebab adanya pengaturan rute dan ketebalan seluruhnya yang dilakukan secara otomatis.

Tidak hanya untuk menjaga kualitas, PTPP menggunakan dua Paver yang dikendalikan secara otomatis dengan alat yang bernama MMGPS juga untuk mencapai elevasi dan super elevasi rencana yang presisi. Agar tidak terjadi cold join, sambungan memanjang PTPP juga menggunakan dua finisher. Campuran aspal khusus yang digunakan dalam Sirkuit Mandalika adalah aspal yang berkualitas tinggi yaitu Stone Mastic Asphalt atau SMA. Keunggulannya terletak pada daya cengkram roda yang tinggi sehingga mampu meningkatkan kecepatan dan kemudahan maneuver berkendara pada pembalap.

Baca Juga: Begitu Memesona, Inilah 13 Pemandangan Alam Terindah di Indonesia

4. Mengalahkan Sirkuit Sepang

Lebih unik dari Sirkuit Sepang

Berkat penggunaan aspal terbaru yaitu Stone Mastic Asphalt, sirkuit yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika atau KEK Mandalika mampu mengalahkan Sirkuit Sepang di Malaysia. Bahkan aspal sirkuit ini menjadi terbaik di dunia. Karena tidak semua sirkuit di dunia menggunakan aspal jenis SMA yang baru keluar di tahun 2015. Lapisan aspal terbaik ini digunakan untuk memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan supaya tetap kokoh dengan prinsip kontak stone by stone.

5. Masuk Kalender Sementara MotoGP 2022

Tempat pelaksanaan MotoGP 2022

Dengan kecanggihan serta keunggulan yang dimiliki, Sirkuit Mandalika telah berhasil menarik perhatian penyelenggara acara balapan dunia, tak terkecuali MotoGP. Selain WSBK, sirkuit yang memiliki 17 tikungan ini akan ajang MotoGP yang akan digelar pada 20 Maret 2022. Berdasarkan jadwal yang dirilis oleh pihak MotoGP sirkuit ini juga akan menjadi lokasi tes pramusim yang akan diadakan pada 11-13 Februari 2022.

Indonesia boleh berbangga dengan adanya Sirkuit Mandalika. Sebagai sirkuit berkelas internasional, Mandalika tidak hanya sebagai arena balap. Sirkuit tersebut juga menjadi salah satu kebanggaan bangsa Indonesia.

Related posts

Serunya Berwisata Sambil Berolahraga Ekstrim di Paralayang Batu

Rostina

8 Daftar Kolam Renang di Medan, Murah dan Nyaman

Novi Ardila

Cara Ke Nusa Penida. Ketahui Hal-Hal Ini!

Marsyaviani

Leave a Comment