Nature

Pengalaman Seri Berkemah di 6 Tempat Camping di Jawa Timur

Camping atau berkemah bisa menjadi salah satu alternatif liburan yang sangat menyenangkan. Tidak hanya menikmati keindahan alam sesaat, camping memberi kesempatan untuk hidup di alam bebas. Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan saat bercamping seperti mendirikan tenda, menyiapkan makanan, dan menikmati alam. Di Jawa Timur terdapat banyak pilihan tempat untuk camping dengan beragam fasilitas. Tentunya tempat camping di Jawa Timur juga dilengkapi dengan pemandangan alam yang indah dan asri.

Area camping di provinsi Jawa Timur kerap menjadi tujuan camping saat liburan. Bahkan tempat camping yang disediakan juga ramah anak, yang artinya bisa menjadi ajang liburan keluarga yang sangat seru. Tidak jarang juga tempat-tempat camping tersebut juga didatangi pengunjung dari luar daerah. Terbukti bahwa tempat camping di provinsi Jawa Timur berikut ini memang recommended.

1. Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo Tempat camping di Jawa Timur yang cukup populer

Tempat camping di Jawa Timur ini merupakan danau air tawar yang berlokasi di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya ada di antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Biasanya Ranu Kumbolo dijadikan tempat transit dan berkemah oleh para pendaki Gunung Semeru karena adanya debit air yang melimpah di Ranu Kumbolo.

Jalur untuk menuju ke Ranu Kumbolo pun cukup mudah, bisa ditempuh dengan menyewa Jeep atau jalan kaki. Dua bukit yang menjulang dengan danau yang amat luas merupakan keindahan yang dapat dinikmati saat berada di bumi perkemahan tersebut.

Baca Juga: Pantai Teluk Asmara, Wisata Alam Indah yang Wajib Dikunjungi di Kota Apel

2. Bedengan

Bedengan Tempat Camping Di Jawa Timur

Masih di kawasan Malang namun bagian barat, tempat camping Bedengan ini berlokasi di Dusun Selokerto, Desa Selorejo, Memiliki luas dengan 2,5 hektar, Bedengan dipenuhi oleh pohon pinus yang menjadikan tempat ini semakin cocok untuk berkemah serta pemandangan alam yang indah.

Selain itu, di Bedengan juga terdapat aliran anak Sungai Kalisat dengan air yang jernih. Fasilitas yang disediakan adalah warung, tempat bersantai, hingga flying fox. Dari pusat kota, membutuhkan waktu 45 menit untuk menuju lokasi tempat camping tersebut.

3. Coban Rais

Coban Rais

Rekomendasi tempat camping di Jawa Timur selanjutnya adalah Coban Rais. Selain dijadikan tempat berkemah karena panorama alamnya yang indah, Coban Rais juga memiliki wisata air terjun di lereng Gunung Panderman. Ada juga beberapa wahana menarik, seperti sepeda terbang, hammock tower, flying fox, hingga Batu flower garden, bahkan ada juga jalur pendakian menuju puncak Gunung Panderman.

Udaranya yang dingin serta bernuansa segar membuat tempat ini menjadi tempat favorit saat berkemah. Coban Rais berlokasi di Desa Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Jawa Timur dan berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Malang.

4. Coban Rondo

Camping di Coban Rondo

Tempat camping yang tak kalah populer berikutnya adalah Coban Rondo. Tidak hanya memiliki bumi perkemahan, Coban Rondo juga menawarkan rekreasi outbond. Berlokasi di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, Malang menjadikan tempat ini memiliki udara yang sejuk dan suasana yang tenang. Sama seperti Coban Rais, Coban Rondo juga memiliki air terjun yang asri. Untuk menuju ke lokasi, hanya perlu menempuh jarak sekitar 12 km dari arah Kota Batu dan bisa diakses dengan kendaraan umum.

5. Dlundung

Camping di Dlundung

Satu lagi tempat camping di Jawa Timur yang berlokasi di wisata air terjun yaitu bumi perkemahan Dlundung. Tempat wisata ini berlokasi di Kabupaten Mojokerto, tepatnya di kawasan Gunung Penanggungan. Terletak sekitar 38 km dari Kota Mojokerto, Dlundung memiliki pemandangan air terjun yang indah dan bisa menikmati pegunungan yang dingin dan berkabut.

Dlundung mempunyai hamparan ruput hijau yang luas dekat dengan air terjun dan dijadikan sebagai tempat camping. Tidak tersedia fasilitas penyewaan tenda dan perlengkapan camping lainnya, sehingga pengunjung perlu membawa perlengkapan tersebut sendiri.

Baca Juga: Wow! Ini Dia 8 Gambar Alam Mempesona Dari Indonesia

6. Pinus Jungle Camp

Pinus Jungle Camp

Sesuai dengan namanya, tempat ini kerap digunakan untuk camping dan outbond training yang dikelilingi hutan dengan pohon pinus yang menjulang. Terdapat beberapa fasilitas lain seperti lahan outbond, pendopo terbuka, area parkir yang luas, smoking area, kamar mandi, wahana flying fox, hingga highrope. Nuansanya yang asri dan alami membuat tempat ini sering dijadikan untuk pelatihan perusahaan, instansi, maupun anak sekolah. Pinus Jungle Camp berada di kawasan Desa Sumber Wekas, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.

Tempat camping di Jawa Timur sangat wajib masuk dalam daftar kunjungan saat berlibur. Pengalaman berkemah akan sangat berkesan, mulai dari menikmati pemandangan yang indah hingga bermalam di alam bebas.

Emkay Blast Lite
jasa pembuatan website

Related posts

Banyuwangi: Lebih dari Sekadar Jalur Menuju Bali

Agung

Pantai Teluk Asmara, Wisata Alam Indah yang Wajib Dikunjungi di Kota Apel

Risma

Wisata Bukit Alesano, Cocok Buat Healing Sambil Chilling!

Risma

Leave a Comment