Kesehatan

Rekomendasi Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Apakah Anda mengira kalau makanan yang Anda makan sudah mengandung banyak vitamin dan zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh? Salah satunya kebutuhan akan asam folat yang pastinya sangat penting untuk kebutuhan tubuh karena makanan yang mengandung asam folat ini akan membantu metabolisme protein serta kesehatan mental.

Dalam hal ini asam folat tidak dibutuhkan oleh ibu hamil saja tetapi juga diperlukan untuk setiap orang. Uniknya setiap orang membutuhkan asam folat dengan ukuran yang berbeda yaitu mulai dari 150 – 200 mcg untuk orang yang memiliki usia 1 – 8 tahun.

Sedangkan untuk usia 9 – 13 tahun membutuhkan sekitar 300 mcg dan untuk usia yang mulai menginjak remaja atau sekitar 14 tahun keatas membutuhkan 400 mcg, dan yang terakhir untuk ibu hamil dan ibu menyusui yaitu sekitar 500 – 600 mcg setiap harinya.

Rekomendasi makanan yang kaya Asam Folat

Agar tubuh tetap sehat dan kuat maka perlu adanya asam folat yang membantu membentuk gen, berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung asam folat,

1. Sayuran Segar Hijau

Sebagaimana diketahui sayuran ini adalah makanan yang tidak bisa diabaikan dan sering dijadikan tambahan untuk melengkapi makanan keseharian. Sayuran segar seperti bayam, brokoli, lobak, selada dan yang lainnya menjadi solusi dan pilihan tepat untuk dikonsumsi karena mengandung banyak asam folat.

2. Buah – Buahan

Buah juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi dan baik untuk tubuh. Buah tersebut adalah jeruk, lemon, jeruk nipis, pepaya, pisang dan melon. Buah bisa membantu Anda memenuhi kebutuhan asam folat yang tepat.

3. Kacang – kacangan

Tidak hanya sayuran dan buah tetapi kacang – kacangan juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Selain itu kacang – kacangan ini juga sering dijadikan cemilan untuk nongkrong, nobar atau bersama keluarga. Kacang – kacangan tersebut adalah kacang hijau, kacang polong dan yang lainnya.

4. Makanan Kaya Protein

Diantara makanan yang mengandung protein ternyata juga memiliki kandungan asam folat yang baik. Misalnya seperti daging ayam, hati sapi, seafood dan telur. Perlu diketahui memakan makanan yang mengandung protein ini harus secukupnya ya agar terhindari dari penyakit seperti jantung dan stroke.

Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan

Setelah mengetahui jenis makanannya, berikut ini akan dijelaskan manfaat penting dari asam folat itu sendiri untuk tubuh yaitu,

  • Menjaga fungsi sel dalam tubuh
  • Membantu membentuk sel darah merah dan DNA
  • Mencegah anemia dan penyakit jantung
  • Mencegah penyakit kanker Mengurangi risiko demensia atau pikun
  • Meningkatkan kesehatan mental
  • Menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku

Dalam hal ini asam folat sangat dibutuhkan untuk ibu hamil karena akan membantu bayi atau janin lebih sehat dan terhindar dari cacat, prematur dan yang lainnya.

Nah itu adalah beberapa manfaat penting asam folat yang harus Anda ketahui terutama untuk kesehatan mental dan metabolisme protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sudahkan Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. 

Sumber : https://www.alodokter.com/ini-daftar-makanan-yang-mengandung-asam-folat-dan-manfaatnya-bagi-tubuh

Emkay Blast Lite
jasa pembuatan website

Related posts

Cara Mengusir Kecoa dari Rumah

Arif Buz

Makanan Tepat Untuk Anak Batuk Pilek

Arif Buz

Mengapa Kita Butuh Makanan Minuman Ini Penjelasannya

Arif Buz

Leave a Comment