Loading...

Sabtu, Juli 24, 2021

10 Tempat Wisata Berastagi Terbaru yang Wajib Dikunjungi!

Tempat Wisata Berastagi

Di Sumatera Utara, ada sebuah kota bernama Berastagi yang punya hawa sejuk karena lokasinya yang berada di ketinggian 1300 mdpl. Bila datang ke kota ini, kamu akan disuguhkan udara sejuk serta pemandangan indah yang dimilikinya. Bukan hanya itu saja, adapula tempat wisata Berastagi yang bisa kamu kunjungi bila datang ke kota ini.

Berastagi berada sekitar 66 km dari kota Medan. Kota ini tepatnya berada di kabupaten Karo, yang memang terkenal dengan potensi alamnya yang luar biasa. Tidak heran bila banyak tempat wisata Berastagi yang indah dan wajib dikunjungi bila kamu datang berlibur ke kota yang berjuluk ‘Kota Markisa dan Jeruk Manis’ ini.

Baca Juga: 12 Pantai di Makassar yang Selalu Menjadi Incaran Para Traveler

Ini dia beberapa tempat wisata di Berastagi yang lagi hits dan terbaru yang harus masuk dalam list berliburmu.

1. Bukit Kubu

Bukit Kubu, Tempat Wisata Berastagi seperti Taman Teletubbies

Bukit Kubu, Berastagi ini adalah sebuah tempat wisata yang punya pemandangan alam yang asri dengan hamparan dataran hijau yang menyejukkan mata. Tempat ini cocok untuk kamu jadikan sebagai lokasi piknik bersama keluarga. Di tempat yang juga dikenal sebagai Bukit Teletubbies ini, kamu bisa berkeliling menaiki delman, bermain flying fox ataupun mobil remote control.

Tempat wisata yang berlokasi di Jl. Letjen Jamin Ginting, Gundaling II, Berastagi ini terbilang tempat wisata yang mudah diakses dan punya fasilitas yang lengkap. Bahkan Bukit Kubu juga memiliki penginapan, lho.

2. Gunung Sibayak

Mendaki Gunung Di Berastagi

Gunung Sibayak mempunya tinggi hingga 2172 mdpl, dan merupakan gunung berapi aktif. Walaupun begitu, gunung ini masih aman untuk kamu kunjungi dan melihat keindahan alamnya. Gunung Sibayak ini juga cocok untuk para pendaki pemula yang ingin mencoba sensasi naik gunung.

Gunung yang punya julukan sebagai Gunung Raja ini berada sekitar 50 km dari pusat Kota Medan, tepatnya di Sempajaya, Berastagi. Nah, bila kamu ingin mengunjungi gunung ini dan berniat untuk trekking hingga ke puncak, kamu butuh waktu 2 sampai 3 jam untuk mencapainya. Di puncak, kamu dapat melihat kawah aktif yang indah dan juga bisa berkemah di dataran, sambal menikmati pesona alam dari ketinggian.

Baca Juga: Gunung Panderman, Gunung Favorit Pemula Dengan Keindahan yang Memikat

3. Bukit Gundaling

Tempat wisata Berastagi , Bukit Gundaling

Tempat wisata di Berastagi yang lagi hits lainnya adalah Bukit Gundaling. Lokasi bukit ini berada di Jl. Jamin Ginting, Gundaling I, Berastagi. Bukit yang punya ketinggian sekitar 1575 mdpl ini punya pemandangan indah dan udara yang sejuk, lho. Pas banget untuk kamu yang ingin berlibur mencari udara segar.

Dari Bukit Gundaling ini kamu bisa melihat pemandangan gunung Sibayak dan juga gunung Sinabung. Bukan hanya itu saja, dari tempat wisata yang dipenuhi pepohonan pinus ini, kamu juga dapat melihat keindahan kota dari ketinggian.

4. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar berada 70 km dari Kota Medan, tepatnya di bawah kaki Gunung Sinabung yang berada di Desa Kutagugung, Naman Teran. Untuk sampai ke danau ini, kamu akan disuguhkan pemandangan Berastagi dan Dataran Tinggi Karo yang sangat indah.

Di sekitar danau dengan luas 200 hektar ini terdapat rimbunnya pepohonan. Kedalaman danau ini sekitar 50 meter, dan di sekitarnya terdapat pondok-pondok yang bisa digunakan untuk bersantai. Para wisatawan yang datang ke sini biasanya melakukan beragam aktivitas seperti berenang, berkemah, memancing, ataupun hanya sekedar duduk-duduk menikmati suasana.

5. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna Berastagi

Tempat wisata Berastagi lainnya adalah air terjun dua warna yang terletak di Desa Durin Sirugun yang berada di Sibolangit, dan berada 14 km dari Kota Berastagi. Walaupun tidak berada tepat di Berastagi, namun lokasinya yang terbilang dekat dari Berastagi, wajib untuk kamu kunjungi.

Jadi, penamaan air terjun ini bukan sembarang, lho. Karena keunikan air terjun di sini adalah di bagian atas aliran air terjunnya berwarna biru, sedangkan bagian bawahnya berwarna hijau. Tinggi air terjun ini sekitar 75 meter dan memiliki aliran air yang terbilang cukup deras. Selain itu, air terjun ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit, karena adanya kandungan belerang akibat dari letusan gunung Sibayak. Kalau ingin pergi berlibur ke tempat yang sejuk, dekat dengan alam, dan punya pemandangan indah, bisa datang ke air terjun dua warna ini, ya.

6. Taman Alam Lumbini

Lokasinya berada di Desa Tongkoh, Dolatrayat, Karo. Ini merupakan sebuah Vihara yang sengaja dibangun untuk tempat ibadah para masyarakat Budha yang berada di sekitar Karo.

Bangunan pagoda di Taman Alam Lumbini ini kalau sekilas dilihat memang mirip dengan bangunan yang ada di Thailand. Suasananya pun serasa bukan lagi di Indonesia lho. Bila kamu datang ke sini, kamu bisa berfoto dengan berlatar pagoda bak di Thailand. Selain itu, pagoda ini ternyata mendapat rekor MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia, lho.

7. Desa Lingga

Desa Lingga, menjadi Desa tempat wisata Berastagi yang wajib dikunjungi

Desa Lingga ini berada 15 km dari Berastagi, tepatnya di kecamatan Simpang Empat, Karo. Lokasinya berada di ketinggian 1200 mdpl. Di sini, kamu dapat melihat pedesaan yang masih konsisten menjaga budaya dan juga tradisi suku Karo. Dan ternyata, desa wisata ini adalah salah satu desa tertua yang masih menjaga budaya Karo.

Bangunan yang ada di desa ini kurang lebih usianya 250 tahun, lho. Selain rumah adatnya, di sini juga ada bangunan tradisional lain seperti Jambur, Geriten, Sapo Page (Sapo Ganjang), museum dan lainnya. Semua bangunan ini dibangun dengan berbentuk memanjang dengan satu ruangan besar di bagian dalamnya, tanpa ruang kamar, seperti bagaimana arsitektuk tradisional dari suku Karo.

Nah, bangunan-bangunan rumah tinggal yang menggunakan arsitektur tradisional Karo ini biasanya dihuni 8 sampai 10 keluarga. Dan karena rumah di sini tidak memiliki ruang kamar, maka anggota keluarga yang tinggal di sana, seluruhnya akan tidur di ruang utama. Kamu yang tertarik dengan budaya dan sejarah, wajib mengunjungi desa satu ini sih!

8. Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-Debuk

Tempat wisata pemandian air panas berastagi

Lokasi pemandian air panas alami ini ada di bawah kaki gunung Sibayak, yaitu di kawasan Doulu, Berastagi. Dari Kota Medan, kamu akan menempuh sekitar 58 km, dengan waktu tempuh sekitar 1,5 sampai 2 jam.

Air panas yang ada di pemandian ini dipercaya dapat menyembuhkan beragam penyakit kulit. Itulah kenapa banyak wisatawan yang datang mengunjungi tempat ini. Sebelum menjadi pemandian air panas, dulunya tempat ini adalah cagar alam. Namun sejak tahun 1980, akhirnya berganti menjadi taman wisata.

9. Museum Pusaka Karo

Tempat wisata Meseum Pusaka Karo, Berastagi

Wisata Berastagi lainnya yang juga berhubungan dengan budaya dan sejarah, yaitu mendatangi Museum Pusaka Karo yang berada di Jl. Perwira No. 3, Gundaling I, Berastagi.

Di museum ini terdapat beragam benda pusaka yang dimiliki masyarakat suku Karo. Kebanyakan, benda-benda tersebut sudah ada sejak ratusan tahun lalu, dan punya nilai sejarah yang sangat tinggi. Selain itu, di museum ini juga tersimpan beraneka foto yang memperlihatkan perkembangan tanah Karo.

10. Desa Peceren

Desa Peceren

Selain Desa Lingga, ada juga Desa Peceren yang merupakan desa budaya yang memegang tradisi dan budaya suku Karo. Di Desa Peceren ini, wisatawan dapat melihat rumah adat hingga kebudayaan hidup masyarakat sekitar.

Desa yang juga dikenal dengan nama Desa Sempajaya ini dihuni oleh sekitar 700 kepala keluarga, yang hampir semuanya berasal dari suku Karo. Di desa ini terdapat kurang lebih 6 rumah adat, yang berusia sekitar 120 tahun.

Baca Juga: Wah, Ini Dia 10 Tempat Terbaik Melihat Sunset di Indonesia!

Itu dia beberapa wisata Berastagi terbaru yang wajib kamu kunjungi bila datang ke tanah Karo, Sumatera Utara. Berlibur di Berastagi bisa memberikan kamu banyak pengalaman, mulai dari sejarah, budaya, dan alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *