Destinasi

Jalan-Jalan ke 6 Museum Di Jakarta, Yuk!

Museum di Jakarta

Kalau bicara soal tempat wisata, berjalan-jalan di Kota Jakarta pun bisa sangat menyenangkan, lho. Ibukota Negara Indonesia ini memiliki beragam tempat wisata, terutama wisata sejarah. Ada banyak sekali museum di Jakarta, yang bisa jadi tempatmu dan keluarga berjalan-jalan mengisi hari libur, sembari menambah ilmu.

Nah, berikut ini beberapa museum di Jakarta, yang menarik untuk didatangi:

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta ini terletak di kawasan Kota Tua, yang berada di Jakarta Barat. Dulu, Gedung dengan luas lebih dari 1.300 meter persegi ini adalah bekas kantor Gubernur Batavia, yang dibangun di tahun 1707-1710. Nah, di tahun 1974, Gedung ini akhirnya diresmikan sebagai Museum Sejarah Jakarta.

Jika datang ke museum ini, kamu bisa melihat koleksi-koleksi peninggalan sejarah seperti barang-barang peninggalan Belanda ketika di Batavia, mebel antik dari abad ke-17 hingga 19, replika peninggalan masa Tarumanegara dan juga Pajajaran, batu prasasti, keramik serta gerabah dan juga adanya penjara bawah tanah serta perpustakaan yang memiliki koleksi buku 1200 judul.

Baca Juga: Hilangkan Penat dengan Jalan-Jalan di 10 Tempat Wisata di Jakarta

2. Museum Seni Rupa dan Keramik

Masih berada dalam kawasan Kota Tua, Museum Seni Rupa dan Keramik ini jadi rekomendasi museum di Jakarta yang menarik untuk kamu kunjungi.

Di museum ini terdapat beragam koleksi keramik lokal dari beberapa daerah yang ada di Indonesia, keramik dari mancanegara seperti Tiongkok, Thailand, Jepang, Vietnam dan Eropa yang berasal dari abad ke-16 hingga awal abad ke-20, dan juga ada patung-patung.

Dulu, Gedung ini digunakan oleh Pemerintah Hindia Belanda sebagai Kantor Dewan Kehakiman, ketika kependudukan Jepang sempat dimanfaat oleh tentara KNIL, dan pernah jadi asrama militer TNI, hingga akhirnya Gedung ini dijadikan bangunan bersejarah dan juga cagar budaya dilindungi pada tahun 1972.

Kamu juga bisa lho berfoto di depan museum instagramable di Jakarta ini, dengan berpose di bagian depan museum yang memiliki 8 pilar besar.

3. Museum Nasional

Tahukah kamu, Museum Nasional ini adalah museum pertama dan juga terbesar yang ada di Asia Tenggara. Museum Nasional pun dikenal dengan sebutan Museum Gajah, karena adanya patung gajah yang ada di bagian depan Gedung museum ini.

Gedung yang berada di Jakarta Pusat ini didirikan oleh Pemerintah Belanda di tahun 1778. Di museum ini, kamu bisa melihat koleksi benda kuno yang berasal dari seluruh Indonesia, seperti arca, prasasti, kerajinan dan juga benda bersejarah lainnya. Bahkan koleksi yang dimiliki museum ini lebih dari 140.000 buah, hingga dikenal sebagai museum terlengkap di Indonesia.

Di sini, kamu juga bisa melihat koleksi patung dengan tinggi 414 cm, yang merupakan patung Bhairawa, yang diperkirakan berasal dari abad ke-13 atau ke-14. Ada juga arca Hindu tertua di Indonesia, yang berasal dari abad ke-4 M.

4. Museum Taman Prasasti

Berlokasi di Jalan Tanah Abang, museum ini tadinya adalah kawasan pemakaman elite saat masa kolonial Belanda. Yang membuat museum satu ini terbilang unik adalah koleksi-koleksi yang ditampilkan, seperti adanya batu nisan dan peti atau kereta jenazah, serta miniatur makam khas dari 27 provinsi Indonesia.

Di museum ini, kamu juga bisa menemukan makam beberapa tokoh Belanda, Inggris dan juga Indonesia, seperti pendiri STOVIA, istri Thomas Stanford Raffles, dan juga Soe Hok Gie yang merupakan aktivis pergerakan mahasiswa di tahun 1960an.

5. Museum Layang-Layang

Tempat yang merupakan museum layang-layang pertama di Indonesia ini berada di Jakarta Selatan, tepatnya di Pondok Labu. Ada sekitar 600 koleksi layangan yang bisa kamu lihat ketika datang ke sini. Layang-layang ini bukan hanya dari Indonesia, namun juga ada dari Tiongkok, Jepang, Belanda, Vietnam dan lainnya.

Museum ini didirikan oleh pakar kecantikan yang juga menekuni layang-layang sejak 1985, yaitu Endang W. Puspoyo. Rasa cintanya pada layang-layang inilah yang membuat dirinya akhirnya tergerak mendirikan museum layang-layang.

Baca Juga: Ini Dia 10 Promo Hotel Jakarta yang Cocok Untuk Staycation

6. Museum MACAN

Museum MACAN atau yang punya kepanjangan Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara ini berada di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Ini merupakan Museum instagramable di Jakarta ini bisa dibilang tempat hits anak muda. Museum ini adalah museum pertama yang ada di Indonesia yang memamerkan seni-seni kontemporer dan modern dari Indonesia dan juga Internasional.

Karya yang bisa kamu lihat ketika mengunjungi museum satu ini adalah karya milik kolektor seni Haryanto Adikoesoemo, dan instalasi atau karya seniman lain yang menarik untuk disaksikan. Bahkan beberapa instalasi atau karya di sini bisa kamu jadikan spot foto menarik, lho.

Umumnya, instalasi seni yang ada di Museum MACAN ini akan selalu berganti-ganti. Namun lokasi ini masih jadi favorit mereka yang menyukai seni.

Nah, itu dia beberapa museum di Jakarta yang menarik untuk kamu kunjungi sendiri, bersama teman ataupun keluarga. Dari daftar di atas, museum mana yang belum pernah kamu kunjungi? Kalau ada yang belum dikunjungi, yuk, jalan-jalan ke museum di Jakarta!

Related posts

Mengenal Kota Jombang, Asal Usul serta Fakta-Fakta Menariknya

Marsyaviani

Liburan Sebentar Lagi! Ini 5 Tempat Wisata Anak di Surabaya yang Recommended

Linda Arista

6 Destinasi Wisata Banyuwangi Paling Hits

Ayu Lusiani

Leave a Comment