Destinasi

Terkenal Dengan Keindahan Alamnya, Rekomendasi Tempat Wisata Di Bangka

Tempat Wisata di Bangka

Tempat wisata di Bangka memang sangat populer dengan pesona pantainya. Karena terdiri atas dua gabungan pulau yaitu Bangka dan Belitung maka berbagai destinasi wisata di Bangka pun terkenal dengan keindahan wisata baharinya.

Semenjak meledaknya film Laskar Pelangi yang mengambil lokasi syuting di Bangka Belitung, berbagai turis lokal hingga mancanegara pun turut beramai-ramai mengunjungi pulau Bangka. Tak hanya soal eksotisnya, banyak wisatawan juga tertarik dengan pulau Bangka karena wisata kulinernya yang sangat khas.

Biaya liburan ke Bangka Belitung juga relatif murah loh, maka tidak heran banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi tempat ini. Nah, kalau kamu penasaran untuk menikmati keindahan wisata alam atau bahari dari pulau Bangka ini, berikut beberapa rekomendasinya untuk kamu.

Baca Juga: Ini 5 Rekomendasi Hotel Di Anyer dengan View Juara dan Fasilitas Lengkap

List Tempat Wisata Di Bangka

Pantai Parai Tenggiri

Tempat wisata di Bangka Pantai Parai Tenggiri
Destinasi Pantai Parai Tenggiri ini berada di sekitar 40 km dari ibu kota Bangka Belitung. Banyak wisatawan menyukai destinasi yang satu ini karena ombaknya yang sangat cantik dan pesona pantainya yang sangat eksotis.

Jika kamu berkunjung ke tempat ini maka kamu akan dimanjakan oleh hamparan batu granit yang sangat indah. Karena memiliki jumlah batu granit yang sangat banyak dengan aneka bentuk yang sangat unik maka banyak pengunjung menjadikannya sebagai latar untuk berswafoto hingga nge-vlog.

Di tempat ini kamu juga bisa melakukan beragam aktifitas seru lainnya bersama keluarga dan sahabat. Beberapa di antaranya seperti banana boat, parasailing hingga snorkeling. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa menghabiskan banyak waktu bersantai di hotel dan resort yang ada di pantai Parai Tenggiri.

Gunung Menumbing

Gunung Menumbing Tempat wisata di Bangka

Selain wisata bahari, kamu juga bisa menikmati keindahan gunung Menumbing di pulau Bangka sambil melakukan wisata sejarah. Ya, gunung Menumbing merupakan tempat pengasingan dari presiden pertama Indonesia yaitu Bung Karno dan juga Bung Hatta oleh Belanda yang terjadi sekitar tahun 1948-1949.

Di sekitar gunung Menumbing ini kamu akan menjumpai sebuah wisma yang masih sangat terawat. Wisma inilah yang menjadi tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta di zaman penjajahan kolonial Belanda kala itu.  Hingga hari ini wisma tersebut masih dijaga oleh keluarga Abdi Dalem Keraton Yogyakarta.

Pulau Memperak

Pulau memperak Di Belitung
Destinasi tempat wisata di Bangka lainnya yang wajib kamu kunjungi ialah pulau Memperak. Lokasi pulau Memperak ini sendiri berada di kabupaten Belitung Timur. Tempat ini sangat terkenal dengan pemandangan alamnya yang sangat cantik. Air laut yang bersih dengan keunikan warna biru kehijuannya memang sangat menyegarkan setiap mata bagi setiap pengunjung yang melihatnya.

Saat berada di pulau Memperak, kegiatan snorkeling adalah salah satu kegiatan yang tak boleh kamu lewatkan. Dijamin fisik dan mental kamu langsung segar melihat keindahan bawah lautnya. Beberapa spot terbaik untuk melakukan snorkeling di pulau Memperak ini ialah di bagian utara, timur dan juga barat pulau Memperak. Saat melakukan snorkeling mata kamu akan langsung diseguhkan oleh pemandangan terumbu karang dan aneka mahluk laut yang sangat cantik.

Pulau Memperak juga sangat cocok untuk kamu yang ingin liburan tanpa keramaian. Pokoknya tempat ini sangat jauh dari yang namanya hiruk pikuk keramaian. Quality time sama diri sendiri memang sangat cocok kamu lakukan di pulau Memperak ini. Pasalnya, tempat ini memang sangat sepi dan hanya dihuni oleh para penjaga pulau saja. Jadi, saat berkunjung ke lokasi ini pastikan untuk membawa bekal yang cukup saat menikmati liburan.

Pantai Tikus

Tempat wisata di Bangka Pantai Tikus

Selanjutnya, ada pulau Tikus yang terkenal karena lokasinya yang masih sangat alami. Pantai Tikus juga dikelilingi oleh bukit terjal dengan latar bebatuan granit yang cantik. Tak hanya keindahan bukit dan batu granitnya saja, pantai Tikus juga terkenal dengan kecantikan air lautnya yang sangat biru.

Di puncak bukit pantai Tikus ini kamu juga akan menjumpai sebuah kuil peribadatan yang sangat megah. Di sekitar kuil ini juga dikelilingi oleh panorama alam yang sangat indah. Pokoknya lokasi ini sangat cocok untuk diabadikan di kamera kamu.

Baca Juga: Kota Terindah di Indonesia, nomor 4 Gudangnya Taman Hiburan!

Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk menjadi lokasi wisata paling favorit bagi warga Bangka Belitung. Tak hanya soal keindahan alamnya, ombak di pantai Penyusuk memiliki ombak yang cukup tenang sehingga sangat aman untuk berenang ataupun bermain air bersama keluarga.

Di sekitaran pantai Penyusuk ini juga terdapat beberapa pulau kecil yang bisa kamu kunjungi. Untuk mengunjungi pulau-pulau tersebut kamu hanya perlu menyewa perahu nelayan yang berkapasitas hingga 10 orang. Cukup membayar biaya sewa kapal sebesar Rp. 150 ribu hingga Rp. 250 ribu maka kamu pun sudah bisa menikmati keindahan pulau-pulau di sekitar pantai Penyusuk.

Salah satu pulau yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan ialah pulau Lampu. Pulau Lampu ini sendiri memiliki fungsi sebagai mercusuar sehingga banyak wisatawan yang lebih memilih menghabiskan waktu di tempat ini. Kamu bisa berenang dan bermain air sepuasnya sambil menikmati panorama laut di pulau Lampu ini. Di lokasi ini juga tersedia dua buah kamar mandi yang bisa kamu gunakan untuk mandi atau membilas tubuh seusai berenang.

Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi

Lokasi pantai dengan jarak paling dekat dari bandara Pangkalpinang ialah pantai Pasir Padi. Sama halnya dengan pantai Penyusuk, pantai Pasir Padi juga menjadi pantai favorit bagi para warga lokal di Bangka Belitung. Saat musim liburan ataupun akhir pekan tiba maka tempat ini pun akan langsung dipenuhi oleh banyak warga Bangka.

Sesuai namanya yaitu Pasir Padi, pantai ini memang memiliki keunikan pada bulir-bulir pasir pantainya yang menyerupai bulir-bulir padi. Untuk bisa menikmati keindahan pantai Pasir Padi ini kamu hanya perlu membayar sebesar 10 ribu saja sebagai tiket masuk. Beberapa fasilitas seperti restoran, hotel berbintang, hingga warung-warung juga tersedia di sekitar pantai Pasir Padi.

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas

Di pulau Lengkuas ini kamu bisa menemukan sebuah mercusuar yang sudah sangat tua. Meskipun berusia sudah sangat tua akan tetapi mercusuar ini masih tetap aktif digunakan hingga hari ini. Mercusuar ini sendiri merupakan salah satu peninggalan Belanda yang telah dibangun sejak tahun 1882.

Di sekitar mercusuar ini kamu akan diseguhkan oleh pemandangan biru laut yang sangat jernih serta indahnya kumpulan bebatuan granit. Untuk mendapatkan pemandangan super maksimal kamu bisa menaiki mercusuar setinggi 50 meter tersebut.

Baca Juga: Pusat Kota atau Dekat Pantai, Ini 5 Rekomendasi Hotel Di Sukabumi Terbaik

Di atas puncaknya kamu akan melihat pemandangan pulau Lengkuas yang sangat menawan. Mercusuar setinggi 50 meter ini juga memiliki jendela di setiap lantainya sehingga kamu bisa singgah sejenak untuk menyaksikan pemandangan menawan lewat jendela mercusuar.

Pulau Lengkuas ini sangat cocok menjadi destinasi wisata untuk para keluarga dan juga sahabat. Di tempat ini kamu bisa menghabiskan banyak waktu menikmati indahnya laut biru sembari memotret pemandangan yang tak kalah cantiknya.

Berbagai tempat wisata di Bangka memang banyak menyajikan keindahan wisata pantai dan pulaunya. Jika kamu bosan berwisata bahari di tempat yang itu-itu saja, maka tak ada salahnya untuk memilih pulau Bangka sebagai destinasi liburan kamu selanjutnya.

Related posts

Rekomendasi Tempat Wisata Hits di Sentul

Rostina

Pesona 5 Pantai Jepara yang Tidak Boleh Terlewatkan

Marsyaviani

Ingin Berwisata ke Tempat Bersejarah? Ini 5 Rekomendasinya

Risma

Leave a Comment