Destinasi

Hilangkan Penat dengan Jalan-Jalan di 10 Tempat Wisata di Jakarta

Ingin menghilangkan penat sejenak namun tidak punya waktu yang banyak untuk travelling ke luar Jakarta? Kamu masih bisa kok berjalan-jalan di Jakarta. Karena ada banyak sekali pilihan tempat wisata di Jakarta yang menarik untuk didatangi, terutama untuk kamu yang butuh break dari rutinitas pekerjaan.

Di balik kesibukan kota Jakarta yang merupakan Ibu Kota Negara Indonesia ini, ternyata kota ini pun punya banyak sekali tempat wisata menarik, yang bisa kamu datangi bersama teman, kerabat, keluarga dan saudara. Nah, ini dia rekomendasi beberapa tempat wisata di Jakarta:

1. Pantai Ancol

Kalau kamu ingin menikmati suasana pantai, sambil merasakan angin pantai dan desiran ombak, ataupun melihat sunset dan bermain pasir, kamu bisa datang ke Pantai Ancol. Pantai yang berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol yang berada di Jakarta Utara ini bisa kamu capai dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Di Ancol sendiri, ada 5 pantai yang berada di sepanjang garis Pantai Ancol tersebut, yaitu Pantai Festival Ancol, Pantai Karnaval Ancol, Pantai Ria, Pantai Elok dan juga Pantai Indah.

Baca Juga: Ini Dia 10 Promo Hotel Jakarta yang Cocok Untuk Staycation

Berwisata di Pantai Ancol ini, selain kamu bisa menikmati pantainya, kamu juga bisa ke beragam tempat hiburan lain yang berada satu lokasi dengan Pantai Ancol, seperti Seaworld, Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventure ataupun Gelanggang Samudera.

2. Seaworld

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Seaworld masih berada satu lokasi dengan Pantai Ancol. Di Seaworld, kamu dapat melihat beragam jenis biota laut, dan merasakan sensasi berjalan di bawah air. Selain itu, ada juga pertunjukan dari para penyelam profesional, ketika mereka sedang memberi makan ikan-ikan besar, seperti ikan hiu.

Tempat wisata satu ini bisa jadi pilihan bila kamu datang bersama anak-anak, karena tempat ini bisa menjadi tempat edukasi untuk anak-anak. Walaupun begitu, para orang dewasa pun tetap bisa merasakan keseruan datang ke Seaworld, kok!

3. Dunia Fantasi

Tempat wisata satu ini juga dikenal dengan sebutan Dufan, yang merupakan pelopor theme park yang ada di Indonesia, bahkan jadi tempat wisata di Jakarta yang sudah buka sejak 1985. Di Dufan, kamu bisa bermain beragam wahana seru dan menantang.

Baca Juga: Cek Promo Dufan Bulan April Di Sini!

Bila kamu ingin datang dan bermain di Dufan, kamu bisa membeli tiket untuk sekali datang ataupun tiket tahunan, yang bisa kamu gunakan setiap hari, selama satu tahun. Kamu pun dapat membeli tiket secara online, untuk mengurangi antrean.

4. Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk ini adalah salah satu tempat wisata di Jakarta Utara, tepatnya berada di kawasan Pantai Indah Kapuk.

Seperti namanya, di sini kamu bisa melihat hutan bakau yang di kelilingi oleh perairan dan juga beberapa fauna yang hidup di sini. Keindahan hutan mangrove di sini sayang sekali bila kamu lewatkan. Kamu bisa menyusuri hutan bakau dengan berjalan menyusuri jembatan yang sudah tersedia.

Di Taman Wisata Alam Mangrove ini juga terdapat restoran, penginapan dan juga tempat bersantai. Di sini pun kamu bisa ikut menanam pohon bakau, cukup dengan membayar biaya satu bibit bakau. Kegiatan ini pun juga sering dilakukan oleh kelompok wisatawan yang datang ke sini, seperti siswa sekolah, ataupun karyawan.

5. Jakarta Aquarium

Konsepnya hampir sama seperti Seaworld yang ada di Ancol. Di Jakarta Aquarium ini kamu bisa melihat kurang lebih 3500 biota laut lewat akuarium raksasa yang berlokasi di Mall Neo Soho, Jakarta Barat.

Selain melihat-lihat alam bawah laut lewat wahana Sea Explorer, ada juga aktivitas menarik lain di sini seperti Feeding Time, menyelam bersama hiu, melihat biota laut yang unik, menyentuh secara langsung aneka biota laut, Aqua Trekking, dan ada pertunjukan teater. Di sini juga tersedia restoran, di mana kamu bisa makan dengan melihat tingkah lucu pinguin dari sebuah jendela besar.

6. Kota Tua

Kalau kamu ingin pergi wisata sejarah, Kota Tua Jakarta bisa jadi pilihan. Lokasinya berada di kawasan Kota, Mangga Besar, Jakarta Barat.

Di kawasan Kota Tua ini kamu bisa melihat banyaknya Gedung tua bergaya colonial, yang masih tetap kokoh berdiri, yang beberapa di antaranya dijadikan sebagai museum. Kamu bisa berwisata sejarah dengan mendatangi Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Keramik, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Museum Bahari, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan juga Gedung Merah.

7. Monumen Nasional

Monumen Nasional atau yang juga dikenal sebagai Monas ini adalah ikon Ibukota, yang berada di Jakarta Pusat. Monas sendiri adalah sebuah monumen dengan tinggi 132 meter, yang di dalamnya terdapat museum tentang sejarah Indonesia. Monumen ini dibangun di atas tanah dengan luas kurang lebih 80 hektar.

Kamu bisa naik ke bagian puncak Monas, dan kamu bisa melihat pemandangan Jakarta dari sana. Kamu juga bisa melihat suasana Monas di malam hari, di mana terdapat cahaya lampu warna-warni yang indah.

8. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah adalah salah satu tempat wisata di Jakarta Timur yang berisikan wisata edukasi, sejarah, hiburan dan wisata modern yang mengasyikan. Di TMII, kamu bisa melihat miniatur rumah adat dari 33 provinsi di Indonesia.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Teater IMAX Keong Mas, Istana Anak, Water Park SnowBay, Teater 4D, beragam museum dan menaiki kereta gantung ataupun perahu angsa. Berjalan-jalan di Taman Mini bisa jadi pilihan kegiatan berlibur bersama keluarga terutama bila ingin membawa anak-anak.

9. Kebun Binatang Ragunan

Bila kamu mencari tempat wisata di Jakarta Selatan yang cocok untuk jadi tempat liburan dengan membawa keluarga dan anak-anak, Kebun Binatang Ragunan ini bisa jadi pilihan.

Kamu bisa melihat beraneka ragam satwa di kebun binatang ini. Ada juga wahana edukatif untuk pengunjung anak-anak. Di sini pun ada Pusat Primata Schmutzer yang adalah museum primata terlengkap, Dunia Orang Utan dengan beragam jenis orang utan yang ada, dan juga Children Zoo untuk anak-anak berinteraksi langsung dengan para hewan yang jinak.

Tiket masuk ke tempat wisata ini pun terbilang terjangkau, dengan fasilitas yang terbilang cukup lengkap seperti adanya wahana bermain, toilet serta mushala.

10. Setu Babakan

Ingin menikmati suasana setu yang tenang sambil belajar budaya Betawi? Kamu bisa datang ke Setu Babakan yang berada di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Danau ini sebenarnya merupakan daerah resapan air di Jakarta Selatan, yang di sekitarnya terdapat perkampungan asli Betawi. Hingga akhirnya kawasan ini difungsikan sebagai cagar budaya, agar kebudayaan asli Betawi pun bisa terjaga kelestariannya.

Kamu bisa menikmati suasana perkampungan Betawi sambil duduk-duduk santai di pinggir danau dan juga menikmati wisata kuliner khas Betawi yang dijajakan di sana.

Itu dia beberapa tempat wisata di Jakarta yang wajib kamu kunjungi. Beberapa di antaranya mungkin bukan tempat wisata yang asing, bahkan mungkin kamu dan keluarga sudah sering mengunjunginya. Namun, ada banyak sekali tempat wisata yang ada di Jakarta yang ternyata menarik untuk didatangi.

Emkay Blast Lite
jasa pembuatan website

Related posts

9 Wisata Ciwidey, Keindahan Alam yang Memesona

Risma

Menikmati Keindahan Pantai Lovina: Pesona Lumba-lumba, Sunrise Terindah, dan Keunikan Lainnya

Agung

Cek Promo Dufan Bulan April Di Sini!

Rostina

Leave a Comment