Budaya

Keunikan 5 Jenis Pakaian Adat Kalimantan Barat

Indonesia tak hanya terkenal dengan pemandangan alamnya yang sangat mempesona. Lebih dari itu Indonesia juga kaya akan budaya dan tradisinya. Keunikan lain dari yang dimiliki oleh tanah air bisa kamu lihat juga dari berbagai jenis pakaian adat Kalimantan Barat.

Tidak bisa dipungkiri jika Kalimantan Barat memang memiliki kearifan lokal yang sangat membumi. Tak hanya dari tradisinya saja tetapi juga dari pakaian adatnya. Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang pakaian adat Kalimantan Barat, maka silahkan menyimak ulasannya berikut ini.

Iklan Backlink

1. King Baba

Suku Dayak memiliki pakaian khas yang disebut dengan King Baba. King Baba pada umumnya digunakan oleh para laki-laki di suku Dayak. Keunikan pakaian adat yang satu ini dapat dilihat dari bahannya yang terbuat dari kulit kayu yang telah dipipihkan. Jenis kulit kayu yang digunakan berasal dari tanaman ampuro. Proses pembuatan King Baba ini sendiri ialah dengan cara dipukul-pukul dengan menggunakan palu di dalam air hingga tersisa seratnya saja.

Baca Juga: 7 Wujud Keragaman Budaya Indonesia, Bukti Kekayaan Bangsa

2. King Bibinge

Karena King Baba adalah pakaian adat untuk kaum laki-laki maka King Bibinge adalah pakaian adat untuk kamu perempuan. Proses pembuatan dari King Bibinge pada dasarnya sama dengan King Baba, hanya saja bentuk pakaian King Bibinge lebih sopan dan tertutup. Pakaian ini dihiasi oleh bulu burung dan juga manik-manik.

Saat dikenakan, kaum perempuan juga menambahkan kalung dan juga gelang sebagai aksesoris pada tubuh mereka. Uniknya lagi, gelang yang dipakai terbuat dari akar pohon sehingga memiliki bentuk yang sangat unik. Untuk kalungnya sendiri terbuat dari tulang hewan dan juga akar pohon. Menurut masyarakat setempat, kalung dan gelang tersebut juga berfungsi sebagai jimat tolak bala.


liquid vape gratis

3. Buang Kuureng

Pakaian adat Kalimantan Barat selanjutnya ialah Buang Kuureng yang merupakan pakaian khas suku Melayu. Berbeda dengan jenis pakaian adat khas Kalimantan Barat lainnya, Buang Kuureng memiliki bentuk yang sama dengan baju kurung di Malaysia. Baju adat yang satu ini terdiri atas dua jenis yaitu yang berlengang panjang dan yang berlengang pendek. Untuk Buang Kuureng yang berlengang panjang disebut dengan Kuureng Langke Tangan sedangkan untuk lengan pendek dikenal dengan nama Kuurung Sapek tangan.

Iklan Hosting

4. Teluk Belanga

Selain memiliki Buang Kuureng, suku Melayu juga memiliki pakaian adat yang disebut dengan Teluk Belanga. Teluk Belanga sendiri menjadi pakaian adat yang dikenakan khusus untuk kaum pria suku Melayu. Pada umumnya, pakaian ini dikenakan saat menghadiri acara-acara resmi seperti pesta pernikahan maupun acara-acara adat lainnya.

Ciri khas dari pakaian adat Teluk Belanga ini dapat dilihat dari penggunaan warna kuning emas yang mendominasi. Bagi suku Melayu, kuning emas adalah warna simbolis sehingga banyak digunakan oleh para suku Melayu. Untuk melengkapi penampilan kaum laki-laki dari suku Dayak, biasanya mereka akan menggunakan songkok berwarna hitam.

5. King Kabo

Menurut masyarakat asli Kalimantan Barat, King Babo merupakan jenis pakaian adat yang sudah mengalami modifikasi seiring berkembangnya zaman. Meskipun telah dimodifikasi akan tetapi pakaian adat King Kabo ini tetap tidak meninggalkan ciri khas asli suku Dayak. Proses modifikasi ini memang dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman yang ada sehingga pakaian adat tetap terlihat keren tanpa melupakan unsur aslinya.

King Kabo sendiri adalah hasil modifikasi dari pakaian adat King Baba yang sering digunakan oleh para kaum pria suku Dayak. Jika pada pakaian adat King Baba menggunakan kulit pohon, maka pada King Kabo menggunakan bahan berupa kain Sungkit. Pada dasarnya, kain Sungkit ini sendiri adalah kain khas dari Brunei Darussalam. Oleh sebab itu, tampilan modifikasi pakaian adat yang satu ini semakin cantik dan memukau.

Baca Juga: 6 Pakaian Adat Sumatera Barat yang Penuh Makna

Meskipun telah memiliki perubahan desain akan tetapi unsur atau ciri khas suku Dayak dari King Kabo ini masih melekat. Aksen suku Dayak berupa ukiran yang unik masih terdapat pada pakaian adat yang satu ini. Tak hanya itu saja, saat mengenakan pakaian adat King Kabo para kaum pria suku Dayak juga akan menggunakan Mandau yang merupakan senjata tradisional khas Kalimantan Barat.

Nah, itulah beberapa jenis pakaian adat Kalimantan Barat dengan keunikannya masing-masing. Semoga informasi di dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu.

Emkay Blast Lite
jasa pembuatan website

Related posts

Dibalik Kemewahan Gaya Hidup Orang Manado

Rostina

Memahami Tren Perjalanan Tiga Generasi di Indonesia

Arif Buz

11 Daftar Suku di Pulau Jawa dan Penjelasannya

Novi Ardila

Leave a Comment