Nature

Menikmati Keindahan Grand Canyon Versi Lokal di Curug Love Bogor

Curug Love Bogor

Kota hujan, Bogor, memang tidak pernah kehabisan cara untuk menarik para wisatawan untuk berkunjung. Bukan hanya soal kulinernya yang beragam, tapi juga tempat wisata Bogor yang menggoda untuk didatangi. Salah satunya adalah Grand Canyon lokal bernama Curug Love Bogor.

Nama yang diberikan untuk tempat wisata air terjun ini bukan tanpa alasan, lho. Nama tersebut muncul karena bentuk bebatuan di lokasi tersebut berkelok-kelok seperti membentuk gambar love. Walaupun begitu, warga sekitar lebih mengenal curug ini dengan nama Curug Catang atau Curug Leuwi Cateng.

Tempat wisata Bogor satu ini berlokasi di Desa Bantar Karet, Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ini berada kurang lebih 38 kilometer dari Kota Bogor. Bila ingin mengunjungi curug bogor ini, kamu harus menempuh waktu kurang lebih 2 jam berkendara.

Baca Juga: Rekomendasi Hotel Murah Di Bogor Dengan Fasilitas Terbaik dan Lokasi Strategis

Bila datang dari arah Jakarta, rutenya adalah kamu bisa menuju Bogor melalui Tol Jagorawi, kemudian keluar dari gerbang tol Sentul City, dan menuju ke arah Jungle Land. Nanti, sebelum gerbang Jungle Land, kamu bisa belok ke kanan menuju ke jalan perkampungan, sampai pertigaan. Lalu belok ke kiri dan ikuti jalan sampai ada petunjuk arah menuju air terjun. Lokasi Curug Love sekitar 20-30 menit lagi dari tempat petunjuk arah tersebut.

Tiket masuk ke lokasi curug adalah sekitar 15 ribu per orang, dengan biaya parkir 5 ribu untuk motor dan 10 ribu untuk mobil. Kamu bisa datang ke sini mulai pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore. Sebaiknya, kamu datang tidak di saat musim hujan ya. Karena umumnya, saat musim kemarau, debit air di curug ini cenderung lebih stabil dan aman untuk kamu bermain air. Selain itu, kamu bisa melihat jernihnya air di Curug Love ini saat musim kemarau.

Curug Love Bogor

Aktivitas Seru Di Curug Love

Walaupun ukuran air terjunnya terbilang tidak terlalu tinggi, yaitu hanya sekitar 5 meter, tapi yang uniknya, ada dua air terjun yang mengalir jernih dan cukup deras. Air ini turun langsung ke sebuah kolam atau sungai yang juga punya air jernih berwarna kebiruan dengan bagian kanan dan kirinya berupa tebing bebatuan, mirip sekali dengan Grand Canyon.

Kawasan air terjun ini juga unik lho, karena lokasinya bukan berada di area gunung ataupun hutan, tapi ada di area persawahan dan juga perkebunan warga.

Di wisata air terjun ini, pengunjung bisa menjelajahi alam dengan berjalan mengitari sekeliling air terjun. Kamu yang suka sesuatu yang menantang pun bisa mencoba rafting menggunakan pelampung ban. Bila kamu ingin membawa pelampung, sebaiknya pilih yang ukurannya tidak terlalu besar ya. Dengan pelampung tersebut, kamu bisa menyusuri sungai di sana, sambil melihat tebing di bagian kanan kiri yang indah.

Kamu juga bisa bermain air atau berenang di sekitar air terjun, menyegarkan badan dengan air yang sejuk. Selain bermain air di aliran sungai dari air terjun, kamu juga bisa lho berkeliling hutan pinus di area wisata ini. Sejuknya udara di sekitar pepohonan pinus yang tinggi ini bisa memberikan kamu ketenangan sejenak, sekaligus menghilangkan stres.

Tips yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan bila akan berkunjung ke Curug Love Bogor ini. Bila kamu datang dengan kendaraan pribadi, kamu harus memastikan bahwa kendaraan yang kamu bawa dalam keadaan yang baik.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebaiknya datang di saat musim kemarau. Tenang saja, kamu tidak perlu khawatir akan panas, karena di sekitar kawasan ini udaranya sangat sejuk karena di kelilingi pepohonan rindang.

Selain itu, jangan lupa membawa kamera dan baju ganti ya. Kamu pasti tidak mau melewatkan untuk mengabadikan momen jalan-jalan ke tempat seru ini kan? Lalu juga, kamu di sini akan bermain air, maka itu disarankan membawa baju ganti untuk berjaga-jaga bila bajumu basah.

Bermain di Curug Love Bogor

Perlu diingat, pastikan kamu memakai pakaian yang nyaman dengan sepatu yang cocok untuk hiking ya. Karena, untuk sampai ke air terjun, kamu harus trekking dulu, lho.

Baca Juga: Wisata Bukit Alesano, Cocok Buat Healing Sambil Chilling!

Nah, tertarik kah untuk datang menikmati langsung curug Love Bogor yang punya air jernih dan udara sejuk ini? Kalau kamu ingin melipir sejenak mengisi waktu dengan hal-hal seru dan melihat keindahan alam, bisa nih datang langsung ke tempat wisata satu ini.

Related posts

15 Spot Wisata Seru Saat Kamu Ke Karimun Jawa

Rumi

12 Pantai di Makassar yang Selalu Menjadi Incaran Para Traveler

Rostina

Pantai Teluk Asmara, Wisata Alam Indah yang Wajib Dikunjungi di Kota Apel

Risma

Leave a Comment