Budaya

11 Daftar Suku di Pulau Jawa dan Penjelasannya

Indonesia adalah negara kepulauan. Jumlah pulau di Indonesia mencapai 13.000 pulau yang menjulang dari Pulau We, Di Aceh hingga Merauke. Salah satu Pulau dengan penduduk terbesar ada di Pulau Jawa. Tak heran di Pulau Jawa juga memiliki banyak suku. Apa saja suku di Pulau Jawa?

Salah satu pulau Indonesia yang padat penduduk adalah Pulau Jawa. Dikutip dari situs resmi Badan Pusat Statistik Indonesia, pulau Jawa merupakan pulau yang memiliki penduduk  berjumlah 150 juta jiwa.   

Daftar Suku Di Pulau Jawa

Pulau Jawa memiliki beberapa pulau utama seperti Pulau Kalimantan di Utara, Pulau Sumatra di Barat Laut, Pulau Madura di Timur Laut, Pulau Bali di sebelah Timur, dan di sebelah Selatan Pulau Jawa terbentang Samudra Hindia.

Selain jumlah penduduk yang padat, pulau Jawa juga dikenal memiliki beberapa jenis suku. Berikut ini beberapa Suku di Pulau Jawa yang harus Anda ketahui, yaitu:

1. Suku Jawa

Suku Jawa, Salah satu suku yang mendiami pulau Jawa
Source: 99.co

Suku Jawa adalah salah satu suku terbesar yang ada di Pulau Jawa dan seluruh wilayah Indonesia. Suku ini berada di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Bahkan, persebaran Suku Jawa ada di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam berkomunikasi sehari-harinya, suku Jawa menggunakan bahasa Jawa yang berasal dari bahasa Sansekerta. Walaupun begitu, suku Jawa masih menggunakan bahasa Indonesia untuk berbicara formal.

Suku Jawa dikenal sebagai penduduk yang selalu menjunjung tinggi kesederhanaan dan kesopanan. Hal ini dapat dilihat dari keseharian mereka, mulai dari perbuatan, penampilan, sampai tutur katanya yang begitu lembut.

2. Suku Tengger

Suku Tengger adalah suku yang tinggal di wilayah sekitar Gunung Bromo, tepatnya Jawa Timur. Asal muasal nama Tengger berasal dari legenda Joko Seger dan Roro Anteng.

Suku ini masih mengedepankan adat istiadat yang kental. Contohnya, adanya kepercayaan terhadap Gunung Bromo sebagai salah satu gunung paling suci. 

Masyarakat Tengger setiap tahunnya menjalani upacara adat kerohanian yang dikenal sebagai Kasodo.

Adapun persebaran dari Suku tengger terdiri dari beberapa wilayah, seperti Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo.

3. Suku Madura

Suku Madura tidak hanya bermukim di Pulau Madura saja, namun sudah tersebar di beberapa pulau lainnya. Pulau yang paling terkenal adalah Raas, Kangean, Sapudi, dan Gili Raja.

Jika dilihat dari segi bahasa, Suku Madura memiliki bahasa khas yaitu bahasa Madura. Jumlah populasi Suku ini sudah banyak, berdasarkan sensus penduduk pada tahun 2010 sudah mencapai 7.179.356 jiwa.

4. Suku Osing

Suku Osing Di Banyuwangi
Source: Phinemo.com

Suku Osing merupakan penduduk asli dari Banyuwangi yang dikenal penurut, ramah, dan menjunjung tinggi gotong-royong.

Suku ini sudah tersebar di beberapa wilayah Banyuwangi, misalnya Kecamatan Giri, Kecamatan Songgon, Kecamatan Rogojampi, Kecamatan Kabat, dan lainnya.

Penduduk Suku Osing dikenal sebagai Wong Blambangan. Hal ini karena bahasa yang digunakan penduduk adalah bahasa turunan dari Jawa kuno. Meskipun begitu, kosa kata bahasa Osing berbeda dengan bahasa Jawa.

Baca Juga: Berkenalan dengan Suku Osing Banyuwangi

5. Suku Betawi

Suku Betawi adalah suku yang mendiami wilayah Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, dan sebagian wilayah Bogor. Kebudayaan Betawi mungkin menjadi kebudayaan yang cukup populer di Indonesia, karena sering ditampilkan di televisi.

Sebenarnya, Suku Betawi mulanya sebagai pendatang di Jakarta. Penduduk betawi berasal dari beberapa suku seperti Makassar, Ambon, Bali, Sunda, Jawa, Melayu, Bugis, Arab dan Tionghoa.

6. Suku Sunda

Suku Sunda mulanya berasal dari Pulau Jawa meliputi daerah Jawa Barat, Jakarta, Banten, dan Lampung. Meskipun sudah menyebar di beberapa daerah, keempat daerah ini menjadi persebaran paling banyak.

Penduduk ini berkomunikasi menggunakan bahasa Sunda. Bahasa Sunda memiliki beberapa dialek seperti tengah timur, timur laut, barat, utara, selatan, tenggara.

7. Suku Baduy

Suku Baduy, salah satu suku di Pulau Jawa yang Mendiami wilayah Banten
Source: Komandanpangan.com

Suku Baduy berasal dari Banten dan memiliki penduduk sekitar 26 ribu jiwa. Penduduk Baduy berkomunikasi sehari-hari dengan bahasa Sunda. Sedangkan, masyarakat Baduy yang berkomunikasi dengan penduduk luar menggunakan bahasa Indonesia.

8. Suku Arab Indonesia

Suku Arab-Indonesia merupakan perpaduan dari darah Arab dan Pribumi Indonesia. Umumnya, penduduk suku ini menetap di perkampungan Arab. 

Sebagian besar penduduknya adalah keturunan Arab Indonesia, seperti Kampung Kauman yang ada di Kota Semarang.

9. Suku Bawean

Salah satu suku di Pulau Jawa berikutnya adalah Suku Bawean merupakan suku yang berasal dari percampuran antara keturunan Makassar, Banjar, Bugis, Madura, dan Jawa. Adapun sebutan lain dari Suku Bawean adalah Boyan atau Babian.

Penduduk Suku Bawean bertempat tinggal di Pulau Bawean dan terletak 80 mil ke arah utara Surabaya, Kabupaten Gresik.

Suku bawean masih menjaga kebudayaan mereka. Saat pernikahan, sering ditampilkan kesenian Kercengan yng telah di lestarikan sejak dahulu oleh Suku Bawean. Umumnya, penari kercengan akan berbaris atau dua baris, untuk memainkan kompang, dan penyanyi duduk berada di belakang.

10. Suku Banten

Suku Banten merupakan penduduk yang berasal dari daerah kekuasaan Kesultanan Banten. Berdasarkan sensus penduduk, populasi Suku Banten yang ada di Indonesia sebesar 4.657.000 jiwa, atau sekitar 2,1% dari jumlah penduduk.

Suku Banten sendiri berbeda dengan suku Baduy. Meskipun mereka mendiami wilayah yang sama. Suku Banten sendiri menggunakan bahasa Sunda. Hampir mirip dengan bahasa Sunda di wilayah Jawa Barat lainnya, hanya saja dialek Suku Banten lebih kasar.

11. Suku Cirebon

Suku Cirebon bertempat tinggal di Kabupaten Kota Cirebon, dan beberapa daerah sekitar Cirebon. Para penduduknya banyak yang memeluk agama Islam sebagai agama mayoritas. 

Suku Cirebon memiliki bahasa Cirebon. Bahasa yang digunakan campuran antara bahasa Sunda dengan Bahasa Jawa.

Baca Juga: Daftar 5 Suku yang Dianggap Sebagai Suku Terkuat di Indonesia

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan mengenai 11 Suku di Pulau Jawa yang harus Anda ketahui. Semoga informasi ini bisa menambah ilmu pengetahuan dan bermanfaat untuk semuanya.

Related posts

Tak Hanya Batik, Indonesia Juga Memiliki Beragam Kain Tenun Nusantara!

Rostina

Jenis-Jenis Peninggalan Sejarah di Indonesia

Rostina

Macam-Macam Batik Nusantara dan Filosofi yang Terkandung di Dalamnya

Rostina

Leave a Comment