Budaya

Daftar 5 Suku yang Dianggap Sebagai Suku Terkuat di Indonesia

Pernah mendengar tentang suku yang paling ditakuti karena terkenal sebagai suku terkuat di Indonesia? Ternyata perihal ini bukanlah sebuah cerita semata, lho. Kepandaian dalam ilmu hitam serta magis dari suku-suku ini adalah alasan kenapa suku-suku ini bisa masuk dalam daftar suku yang terkuat.

Sekalipun zaman yang sudah modern, namun ternyata beberapa suku ini masih memegang teguh ajaran leluhur yang tidak lepas dari segala hal berbau mistis. Bahkan tidak jarang hal mistis ini digunakan untuk menjatuhkan lawan dari suku mereka. Berikut ini adalah beberapa suku terkuat di Indonesia:

1. Suku Kajang Amma Toa

Suku Kajang Amma Toa ini adalah sebuah suku yang berada di pedalaman Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Mereka punya ciri khas tersendiri yaitu seringnya menggunakan pakaian hitam, yang diyakini sebagai simbol dari kesederhanaan, kesetaraan, dan juga kematian yang bisa datang kapan saja.

Suku ini pun disebutkan percaya kalau mereka tinggal di Tana Toa atau tanah tertua yang pertama kali diciptakan Tuhan Bumi. Mereka pun adalah suku yang mencintai alam, mereka bahkan menganggap hutan sebagaimana ibu mereka, di mana sosok ibu yang dihormati dan juga dilindungi.

Baca Juga: Keunikan 5 Jenis Pakaian Adat Kalimantan Barat

Alasan kenapa Suku Kajang Amma Toa ini masuk dalam suku yang ditakuti karena suku ini terkenal punya ilmu doti kajang, di mana ilmu ini bisa membuat seseorang merasa bergetar, ngeri dan juga bahkan kehilangan nyawa.

Mereka pun punya sebuah ritual unik bernama Attunu Panroli yang biasanya dilakukan ketika adanya sebuah masalah yang muncul, seperti pencurian. Jadi dalam ritual ini terdapat linggsi yang dibakar hingga merah membara, dan dijadikan sebagai sebuah alat untuk mengetes kejujuran orang-orang di sana.

Linggis ini disebutkan tidak akan terasa panas bila yang memegangnya adalah orang yang jujur. Namun begitupun sebaliknya.

2. Suku Dayak Suku Terkuat Di Indonesia

Suku yang berasal dari Kalimantan Timur ini kabarnya masih memiliki ilmu sihir yang sangat berbahaya hingga saat ini. Salah satunya adalah Mandau Terbang. Mandau sendiri adalah senjata tradisional dari suku Dayak.

Dengan ilmu Mandau Terbang ini dikatakan bahwa orang Dayak tidak perlu mengejar musuhnya, karena Mandau tersebut akan terbang sendiri dan menebas kepala musuh. Namun seringkali Mandau Terbang ini pun dikirim untuk melindungi orang-orang terdekat orang Dayak.

Selain itu, ada juga ramuan buluh perindu yang dikatakan bisa membuat siapapun jatuh cinta tiba-tiba.

3. Suku Asmat

Suku Asmat adalah suku asli Papua yang terkenal dengan hasil ukiran kayunya. Masyarakat suku Asmat sendiri dibagi menjadi 2 yaitu masyarakat yang tinggalnya di pesisir pantai dan juga yang tinggal di pedalaman.

Suku Asmat punya sebuah ritual yang terbilang mengerikan, yaitu saat anggota keluarga mereka ada yang meninggal, maka harus ada ritual pemotongan jari dari anggota keluarga yang ditinggalkan tersebut.

Selain itu, banyak juga yang mengatakan bahwa jangan sekali-sekali menyinggung masyarakat suku Asmat, karena bisa saja kamu mendadak sakit, miskin, kecelakaan dan segala kejadian tak terduga lainnya, yang dipercaya karena ilmu hitam yang dimiliki masyarakat Asmat.

4. Suku Baduy Sebagai Suku Terkuat Di Indonesia

Suku terkuat di Indonesia berikutnya adalah sebuah suku yang asalnya dari Banten. Baduy menjadi Suku yang terbilang suku yang menutup diri dari segala perkembangan zaman. Masih terus menjaga kelestarian ilmu hitam yang diturunkan dari nenek moyang mereka.

Dikatakan bahwa suku Baduy dapat meramal masa depan, mencelakai seseorang, balas dendam bahkan membunuh seseorang., bahkan mereka juga punya ilmu untuk kebal terhadap senjata. Walaupun begitu, suku Baduy pun terkenal dengan keramahan mereka pada orang-orang yang berkunjung ke daerah mereka.

5. Suku Osing

Suku Osing berasal dari Banyuwangi, dan memang kawasan yang sudah terkenal dengan ilmu mistisnya. Bahkan daerah ini pun populer sebagai tempat dukun santet Indonesia. Bahkan suku ini ditakuti hingga ke luar negeri.

Kepopuleran suku Osing sebagai suku terkuat di Indonesia dimulai saat tahun 1998, di mana terjadi sebuah tragedi Santet Banyuwangi yang membuat ratusan orang kehilangan nyawa karena dibunuh secara sadis, seperti dipenggal hingga diarak keliling kota.

Baca Juga: 7 Wujud Keragaman Budaya Indonesia, Bukti Kekayaan Bangsa

Selain itu, kesenian yang berasal dari suku ini pun terbilang unik dan mengandung unsur mistik. Seperti Gandrung Banyuwangi, Patrol, Seblang, Tari Barong dan lainnya.

Dari artikel ini kita pun bisa belajar, kalau kita harus menghargai kebudayaan, adat, dan kebiasaan suku ataupun orang lain. Selama kita tidak mengganggu orang lain, maka keamanan dan ketentraman pun pasti terjaga.

Emkay Blast Lite
jasa pembuatan website

Related posts

Keunikan 5 Jenis Pakaian Adat Kalimantan Barat

Rostina

7 Properti Tari Kecak dan Keunikannya

Rumi

11 Daftar Suku di Pulau Jawa dan Penjelasannya

Novi Ardila

Leave a Comment