Destinasi

20 Tempat Indah di Asia Yang Wajib Dikunjungi

Terdiri dari 48 negara, Asia tidak hanya merupakan benua terbesar di dunia, tetapi juga merupakan perpaduan budaya yang kaya, warisan sejarah, kota kuno, dan keajaiban alam. Apa yang menambah popularitasnya adalah beberapa tempat paling indah yang dimilikinya selain itu juga karena topografi kawasan yang beragam.

Jadi, mari kita lihat tempat-tempat terindah di Asia dan beberapa hal menarik yang bisa dilakukan saat berkeliling kawasan. 

Dengan pelonggaran pembatasan perjalanan yang diterapkan karena pandemi COVID-19 di seluruh dunia, wisatawan ke Asia tertarik untuk menjelajahi destinasi yang offbeat dan memikat. 

Untuk pelarian romantis bersama seseorang yang spesial, pengunjung dapat melakukan island hopping atau sekadar bersantai di pantai-pantai indah di negara-negara di Asia Tenggara ini, seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. 

Anda juga dapat merencanakan perjalanan ke anak benua India, yang merupakan rumah bagi pegunungan yang tenang, kota yang semarak, hutan lebat, bukit pasir, dan banyak lagi.

Jangan lewatkan beberapa hidangan lokal yang menggugah selera yang unik untuk setiap tujuan di benua ini. Ini menjadikan Asia salah satu tempat paling tenang, namun penuh petualangan untuk dikunjungi di dunia.

1. Air Terjun Kuang Si di Laos 

Kunjungi tempat indah di Asia Air terjun di Laos
Source: travel.kompas.com

Air terjun tiga tingkat menciptakan pemandangan keindahan yang tenang dan biru kehijauan. Terletak 29 km di selatan kota kuno Luang Prabang, wisatawan dapat mencapai air terjun utama yang terletak di tengah hutan tropis yang lebat. 

Untuk mencapai tempat ini, dibutuhkan perjalanan 15-20 menit dari pasar Air Terjun Kuang Si, di mana Anda dapat menemukan penduduk setempat yang menjual kerajinan tangan yang luar biasa.

Paling cocok untuk dikunjungi kapan saja antara November hingga April, setelah musim hujan berhenti, Air Terjun Kuang Si akan memungkinkan Anda untuk berkunjung dari pukul 8:00 sampai 17:30 dengan membayar kira-kira. RM6 sebagai biaya masuk.

2. Hoi An di Vietnam 

Hoi An di Vietnam
Source: pixabay

Terletak di tepi utara dekat Sungai Thu Bon, Hội An adalah contoh yang sangat terpelihara dari pelabuhan Asia Tenggara yang berasal dari abad ke-15 hingga ke-19. 

Situs Warisan Dunia UNESCO mencakup pengaruh budaya dari berbagai wilayah di seluruh dunia, termasuk Cina, Jepang, dan Eropa. Hal ini terlihat pada desain arsitekturnya yang unik, seperti bangunannya yang terdiri dari 1.107 bangunan berbingkai kayu yang terpelihara dengan baik.

Kota ini juga menawarkan makanan fusion yang menggugah selera yang dapat dinikmati para pelancong sambil melihat-lihat pulau, pantai, dan bukit pasir yang indah.

Hội An, diterjemahkan menjadi “tempat pertemuan yang damai”, menawarkan sesuatu untuk semua jenis wisatawan yang ingin belajar tentang tradisi lama, bersantai di pantai yang masih asli, merasakan ketenangan pedesaan, menikmati makanan lezat dan banyak lagi. 

Oleh karena itu, menambahkan Hội An ke daftar perjalanan Anda jelas merupakan pilihan yang tepat.

Waktu terbaik untuk mengunjungi keindahan Vietnam yang penuh warna ini adalah dari bulan Maret hingga Mei.

3. Jinhae di Korea Selatan

Jinhae Korea Selatan
Source: cheria-travel.com

Baik itu musik, acara TV, film, produk perawatan kulit, atau makanan lokal, semua yang muncul dari Korea Selatan menguasai dunia. Selain daftar tempat terindah di Asia adalah Jinhae.

Terletak di Changwon, Jinhae, umumnya dikenal sebagai Jinhae-Gu, menjadi tuan rumah salah satu festival musim semi terbaik di Korea Selatan, dan itu sangat indah seperti yang terlihat di foto. 

Saksikan bunga sakura berwarna merah muda menciptakan bayangan di bawah langit biru jernih dan ambil foto yang layak untuk Instagram. Dengan demikian, Jinhae juga berfungsi sebagai tempat romantis untuk pasangan.

Selain itu, Anda dapat berjalan di atas Jembatan Romantis, yang dibangun di atas aliran sungai Yeojwacheon yang tenang, untuk melihat area tersebut dengan lebih baik dan menghadiri Festival Cahaya saat Anda berada di sini.

Rencanakan perjalanan Anda ke Jinhae selama bulan Maret dan April untuk merasakan keindahan tertinggi dari tempat ini.

4. Bagan di Myanmar 

Kuil bagan di Myanmar
Source: theworldtravelyguy.com

Terkenal dengan banyak kuil dan lingkungan yang damai, Bagan adalah salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Myanmar. 

Terletak di Wilayah Mandalay dan berfungsi sebagai situs arkeologi yang kaya yang membentuk Zona Arkeologi Bagan. Area ini mencakup lebih dari 2.000 monumen kuno, kuil, dan pagoda yang dirancang untuk memikat jiwa Anda. 

Beberapa situs terkenal dan tidak boleh dilewatkan untuk menikmati arsitektur Bagan yang indah termasuk Pagoda Bupaya, Kuil Mahabodhi, dan Stupa Inn-hyapa.

Terletak di tepi timur Sungai Ayeyarwady (juga dikenal sebagai Irrawaddy), Bagan umumnya dianggap sebagai Laut Kuil. Paling cocok untuk dikunjungi dari November hingga Mei.

Selain kuil dan stupa yang indah, cobalah naik balon udara untuk pengalaman magis, serta makanan lokal, yang merupakan kombinasi dari Thailand, India, dan Cina.

5. Gunung Fuji di Jepang

gunung fuji di Jepang
Source: studio.polotno.com

Salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO yang paling menonjol di dunia, Gunung Fuji benar-benar kebanggaan industri pariwisata Jepang. Karena bentuknya yang kerucut namun anggun, Gunung Fuji — atau Fujisan dalam bahasa Jepang — menarik lebih dari satu juta turis setiap tahun. 

Sementara beberapa orang meluangkan waktu untuk membenamkan diri dalam keindahan kota-kota terdekat, para pendaki gunung bersiap-siap untuk pendakian yang sulit ke puncak untuk mengalami pemandangan yang menakjubkan.

Petualang biasanya merencanakan rencana perjalanan dua hari untuk mendaki di sepanjang jalur gunung ethereal. 

Mereka mulai dari stasiun ke-5 Fujinomiya (2.400 m) dan mencapai pondok gunung Akaiwa Hachigo (3.300 m) untuk beristirahat dan bermalam. Keesokan harinya, pendaki bisa mencapai puncak.

Selain mendaki gunung, pengunjung dapat menjelajahi Lima Danau Fuji, yang terdiri dari Danau Kawaguchiko, Danau Yamanakako, Danau Saiko, Danau Shojiko, dan Danau Motosuko. 

Tempat lain yang dapat mereka kunjungi termasuk Yamanakako Hanano Miyako Koen, taman tepi danau yang menawarkan pemandangan Gunung Fuji yang menenangkan, dan Oshino Hakkai, yang merupakan rumah bagi delapan mata air.

6. Backwaters of Kerala di India

backwater of kerala India
Source: thrillophilia.com

Salah satu tempat paling indah untuk dikunjungi di Asia, daerah terpencil Kerala adalah hal yang nyata dan menawarkan pengalaman sekali seumur hidup. 

Berada di pesisir Laut Arab, wisatawan dapat merasa nyaman saat berlayar di sepanjang danau, kanal, dan laguna yang merupakan daerah terpencil.

Kota Alappuzha, khususnya, menarik ribuan wisatawan setiap tahun. Ini sangat populer karena kapal pesiar rumah kapalnya, yang memungkinkan seseorang untuk menyerap alam dan terhubung ke bentuknya yang paling murni. 

Anda bisa mendapatkan pengalaman terbaik dengan mengunjungi destinasi wisata ini dari bulan September hingga Maret.

7. Kepulauan Gili di Indonesia 

Kepulauan Gili di Indonesia
Source: liputan6.com

Terdiri dari tiga pulau yaitu Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air — Kepulauan Gili di Indonesia menyambut Anda untuk menikmati liburan santai di surga. 

Dengan pantai pasir putih yang ditumbuhi pohon palem dan terumbu karang, pulau-pulau tersebut kini menjadi salah satu tempat teratas bagi wisatawan di negara ini.

Tanpa mobil, sepeda motor, atau gangguan dari luar, Kepulauan Gili memikat para pelancong dari seluruh dunia. Liburan tropis berfungsi sebagai tempat yang wajib dikunjungi bagi para penyelam dan perenang snorkel. 

Saksikan penyu hijau meluncur di atas hamparan terumbu karang berwarna-warni yang indah dan rasakan kehidupan laut yang unik.

Namun, untuk semua pengunjung pesta, kehidupan malam di Gili Trawangan akan menghibur Anda mulai sore hari dengan deretan bar dan restorannya.

Mereka yang mencari perlindungan kuno dapat mengunjungi Gili Meno untuk merasakan kota kecil, karena tempat itu hanya memiliki seratus penduduk tetap, sementara Gili Air lebih dekat ke daratan.

Anda dapat menyaksikan pemandangan paling indah di pulau-pulau dari bulan Juni hingga Oktober.

8. Sigiriya di Sri Lanka

sigiriya di Sri Lanka
Source: wikipedia

Sigiriya adalah rumah bagi monumen bersejarah paling menonjol di negara pulau, yang dikelilingi oleh Samudra Hindia.

Terletak di antara kota Damballah dan Habarane sekitar 349 meter di atas permukaan laut, Batu Sigiriya dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1982. Kunjungi Sigiriya pada bulan Juni, Agustus dan Januari.

Dipenuhi dengan sejarah kuno, Sigiriya memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada pengunjungnya, termasuk kuil, taman nasional, hutan yang diselimuti kabut, dan pemandangan yang indah.

Keindahan Sigiriya yang wajib dikunjungi antara lain Benteng Batu Singa, Batu Pidurangala, Kaludiya Pokuna, Cakar Singa, dan Museum Sigiriya.

9. Taman Nasional Sagarmatha di Nepal

Taman nasional sagamartha Nepal
Source: trip.com

Sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO, Taman Nasional Sagarmatha adalah tujuan lain di Asia yang harus Anda kunjungi. Yang membuatnya lebih istimewa adalah budaya Khumbu Sherpa dan tampilan unik flora, fauna, dan lanskap pegunungan.

Wisatawan dapat menyaksikan pemandangan puncak Himalaya yang memesona — Nuptse (7.861 m), Everest (8.850 m), Ama Dablam (6.856 m) dan Thamserku (6.608 m) — dari pusat pengunjung Taman Nasional Sagarmatha.

Selain itu, taman nasional memiliki gletser, pegunungan yang dramatis, dan lembah yang dalam. Seseorang dapat melihat spesies langka macan tutul salju dan panda yang lebih kecil.

Biaya masuk untuk taman nasional adalah sekitar Rs 1.872 (NRs 3.000). Adapun waktu terbaik untuk berkunjung adalah dari Oktober-November dan Maret hingga Mei.

10. Jaisalmer di India

Jaisalmer di India
Source: foodandtravel.com

Selain pantai dan pulau, daya tarik lain di Asia Tenggara yang akan mengesankan sebagian besar pengunjung adalah bukit pasir Jaisalmer di Rajasthan. 

Awalnya terdiri dari tiga bukit pasir utama, Sam Sand Dunes adalah yang paling terkenal di kalangan wisatawan. Membentang 3-5 km, daerah yang sepi ini hanya dikelilingi oleh pasir dan tidak ada tanaman.

Dikunjungi oleh lebih dari satu juta pelancong setiap tahun, rencana perjalanan normal untuk menjelajahi bukit pasir termasuk menunggang unta, menikmati safari gurun, menyaksikan matahari terbenam yang indah, dan tinggal di kamp.

Salah satu situs paling terkenal bagi para pelancong di negara ini, turis dapat mengunjungi bukit pasir Jaisalmer antara Oktober dan Maret untuk liburan gurun terbaik.

Baca Juga : Tips panduan jalan – jalan ke Medan untuk pemula

11. Goa Jomblang Cave di Indonesia

Goa Jomblang Cave di Indonesia
Source: outingjogja.com

Bersiaplah untuk salah satu pengalaman paling unik yang akan Anda saksikan selama kunjungan Anda ke Indonesia. Sebuah objek wisata alam di Asia, goa Goa Jomblang merupakan bagian dari sistem goa yang melintasi Gunung Kidul, tenggara Yogyakarta. 

Sempurna untuk pecandu petualangan dan fotografer, Anda akan diturunkan 50 m ke dalam gua lubang pembuangan dengan bantuan tali dan mendaki ke Gua Grubug untuk menyaksikan pancaran sinar matahari yang membanjiri gua yang gelap.

Untuk menyaksikan pemandangan terbaik dari pemandangan ini, Anda harus meninggalkan Yogyakarta pada pagi hari (06:30 – 7:00) dan mencapai goa Jomblang pada pukul 09:30. 

Penting untuk mencapainya lebih awal karena hanya mengizinkan 75-80 orang per hari, mengingat tali yang digunakan untuk membawa orang naik turun gua dioperasikan secara manual oleh penduduk setempat.

Pengunjung harus memesan terlebih dahulu perjalanan mereka. Biaya masuknya sekitar Rs 2.400 (Rp 450.000), dan waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara bulan April dan Desember.

12. Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi

Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi
Source: anugerahkubah.com

Salah satu masjid terbesar di dunia, Masjid Agung Sheikh Zayed adalah lambang arsitektur dan desain yang megah, yang mencerminkan perpaduan seni dan budaya Islam kuno dan modern.

Tempat ibadah yang memikat ini memiliki 82 kubah marmer putih, dan garis atap yang ditopang oleh 1.000 tiang. 

Lampu gantung Swarovski berlapis emas, kolam reflektif, halaman dengan salah satu karya seni mosaik marmer terbesar dan aula doa yang unik menambah kemegahan pengalaman yang luar biasa ini.

Masuk gratis untuk semua orang itu, waktu terbaik untuk mengunjungi Masjid Agung Sheikh Zayed adalah dari bulan April hingga Mei dan September hingga Oktober.

13. Taman Nasional Taroko di Taiwan

Taman Nasional Taroko di Taiwan
Source: id.depositphotos.com

Terbentang di area seluas 1.200 km persegi adalah Taman Nasional Taroko, yang terletak 3.700 meter di atas permukaan laut. 

Sungai Liwu, salah satu daya tarik taman nasional, membelah gunung seperti marmer, menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

Atraksi lain yang harus dialami pengunjung adalah Gua Walet, Tebing Zhuilu, dan Tebing Qingshui. Wisatawan dapat menikmati pemandangan menakjubkan dari Jembatan Gantung Zhu Liu, dan banyak air terjun yang termasuk Air Terjun Baiyang, Air Terjun Hyundai, Air Terjun Lushui, dan Air Terjun Changchun. 

Masuk ke taman ini gratis, dan waktu terbaik untuk menikmati waktu spektakuler di Taman Nasional Taroko adalah sebelum pukul 7:00 selama bulan Maret hingga Mei.

14. Pulau Lantau di Hongkong

Pulau Lantau di Honkong
Source: discoverhongkong.com

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Lantau adalah antara bulan Oktober dan Desember, dan pulau terbesar di Hong Kong ini memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada para penjelajah.

Ini memiliki perpaduan unik antara pengalaman pedesaan dan perkotaan. Misalnya, Kepulauan Lantau adalah rumah bagi kompleks perbelanjaan, Disneyland, pasar tradisional, dan beberapa pilihan anggur dan tempat makan terbaik yang menawarkan pemandangan Discovery Bay 180 derajat, serta pantai pasir putih.

Lantau menarik wisatawan dari seluruh dunia untuk menyaksikan patung Big Buddha, juga dikenal sebagai Tian Tan Buddha. 

Itu duduk dengan anggun di atas takhta teratai di puncak Gunung Muk Yue dan dengan tenang menatap pengunjung. 10 menit berjalan kaki dari Desa Ngong Ping dan 268 anak tangga ke podium dapat membawa Anda ke bangunan megah berukuran sekitar 34 m ini.

Disneyland adalah daya tarik lain di Pulau Lantau. Buat rencana perjalanan Anda dengan menambahkan tempat-tempat seperti Benteng Tung Chung, Jalur Kebijaksanaan, Pantai Cheung Sha, dan Pantai Pui O.

15. Handle di India

Handle di Indonesia
Source: tripoto.com

Terletak di wilayah Changhong di Ladakh, desa ini adalah rumah bagi sekitar 1.000 orang. 

Sebuah permata di benua India, Handle menciptakan pengalaman yang mempesona bagi para pengunjungnya dengan pemandangan udara yang menakjubkan dan petualangan keluar dari dunia.

Salah satu tempat terindah di Asia, desa ini terletak sekitar 260 km dari Leh, dan memiliki ketinggian hampir 4.300 meter. Untungnya, jalan raya mulus dan menyambut pengunjung tanpa kerumitan, membuat perjalanan menjadi mudah meskipun cuaca dingin.

Saksikan bintang-bintang berkelap-kelip di bawah langit ungu dan nikmati petualangan surgawi. Waktu terbaik untuk mengunjungi Handle adalah antara April hingga September.

16. Taman Klasik Suzhou di China 

Taman Klasik Shuzou di China
Source: id.depositesphotos.com

Suzhou umumnya dikenal sebagai kota taman dan menampung beberapa flora terbaik, yang menciptakan kembali lanskap alam mini. 

Menandakan pentingnya karya agung Tiongkok kuno dan berasal dari abad ke-11, taman ini mewakili aspek filosofis keindahan alam dalam budaya Tiongkok.

Sembilan dari 69 taman di Suzhou telah ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO.

Dengan Taman Administrator Humble menjadi yang terbesar. Kunjungan terkenal lainnya termasuk Master of the Nets Garden dan Lingering Garden. Semuanya populer karena arsitekturnya yang mencolok, formasi batuan yang terkenal, menara yang kaya dan mewah, dan banyak lagi.

Taman Klasik Suzhou adalah salah satu tempat terindah di Asia yang dapat dikunjungi antara bulan April dan Mei untuk pengalaman terbaik.

17. Pulau Borneo, Kalimantan di Indonesia

Pulau Borneo Kalimantan Indonesia
Source: celebes.com

Menjadi Pulau terbesar ketiga di dunia, Borneo membawa Anda ke surga yang merupakan rumah bagi beragam fauna dan flora untuk dijelajahi di hutan hujan lebat.

Salah satu tempat paling langka di bumi, Kalimantan terletak di tenggara Semenanjung Malaya, di kelompok Kepulauan Sunda Besar. Dikelilingi oleh empat laut — Laut Cina Selatan di barat laut, Laut Sulu di timur laut, Laut Sulawesi di timur dan Laut Jawa di selatan dan Kalimantan di sebuah pulau di Kepulauan Melayu.

Rangkaian pegunungan yang panjang menghadap ke perairan pulau pirus yang tenang, menciptakan pemandangan yang surealis. 

Selain menikmati alam, wisatawan dapat meningkatkan kunjungan ke Pulau Kalimantan dengan menikmati scuba diving, hiking ke Gunung Kinabalu dan menjelajahi gua-gua alam.

Untuk pemandangan paling indah, kunjungi pulau antara bulan Maret dan Oktober.

18. Danum Valley di Malaysia 

Danum Valley Di Malaysia
Source: pinterest.com

Dikatakan sebagai salah satu ekosistem paling kompleks di dunia, Lembah Danum tidak hanya memberi Anda pemandangan hutan hujan lebat tetapi juga memungkinkan Anda melihat beragam burung dan hewan. 

Wisatawan dapat dengan mudah melihat kucing liar, orangutan, kera, siamang, monyet daun merah, dan gajah kerdil. Meskipun jarang, Anda mungkin berkesempatan untuk menyaksikan macan dahan yang langka jika Anda beruntung.

Berkendara malam, berjalan melintasi kanopi, dan menikmati puncak pohon adalah beberapa atraksi lain bagi wisatawan. 

Jika Anda menyukai alam, area inti Lembah Danum adalah tempat yang wajib dikunjungi karena komunitas flora dan faunanya yang kaya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi hutan hujan yang masih asli adalah antara bulan Maret dan Oktober.

19. Biara Paro Taktsang di Lembah Paro

Bukit Paro Taktsang di Lembah Paro
Source: kumparan.com

Anda harus mengunjungi Biara Paro Taktsang dari bulan Maret sampai Mei dan dari bulan September sampai November.

Biara Paro Taktsang terletak 3.120 meter di atas permukaan laut yang berdekatan dengan Lembah Paro, menarik bagi wisatawan di seluruh dunia. 

Memiliki kepentingan dan pengaruh budaya yang besar, Biara Paro Taktsang pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjung karena lokasinya. 

Kuil ini dikelilingi oleh pegunungan yang megah dan lembah yang sangat halus. Juga, seseorang dapat mengalami jalan setapak yang ditutupi dengan hutan pinus, yang ditutupi dengan panji-panji doa, menciptakan energi positif.

Lembah hijau yang kaya dan pegunungan yang megah menambah keindahannya. 

Namun, lokasi biara yang terisolasi adalah salah satu daya tariknya. Selain suasana damai di vihara Buddha, wisatawan juga dapat merasakan trekking dan mengunjungi kuil-kuil lain di Lembah Paro.

20. Kumanan Kodo di Jepang

Kumanan Kodo di Jepang
Source: tourjepang.co.id

Kumano Kodo adalah jaringan jalur ziarah dan sangat penting dalam sejarah budaya Jepang. 

Rute ziarah ini telah ada dan digunakan selama lebih dari 1.000 tahun. Mereka dimasukkan ke dalam UNESCO sebagai situs warisan pada tahun 2004 juga.

Kumano Kado menampilkan kuil-kuil yang dipahat dengan baik — Hongu Taisha, Hayatama Taisha, dan Nachi Taisha. Selain itu, jalan menuju kuil-kuil ini memberikan pengalaman spiritual bagi para pelancong. 

Ziarah Kodo menghubungkan Kumano ke Kyoto, Koyasan, Yoshino dan Aomine dan Kise — kuil terpenting di Jepang. Wisatawan juga dapat menikmati pepohonan hijau zamrud sambil menutupi trek dan pemandangan pegunungan, terutama Pegunungan Kii.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kumano Kodo adalah pada bulan Mei dan September.

 

Emkay Blast Lite
jasa pembuatan website

Related posts

Simak Sederet Fakta Unik Sirkuit Mandalika Berikut Ini!

Risma

Eksotis! 10 Destinasi Wisata Favorit 2020 yang Wajib Dikunjungi

Arif Buz

Pantai Tanjung Benoa: Surga Watersport di Bali

Agung

Leave a Comment