Destinasi

Tempat Wisata Purwokerto, Buat Kamu yang Kangen Traveling

Tempat wisata di Purwokerto yang menarik

Para travelers juga dapat menyiapkan kesehatan, energi, bekal dan juga mulai mencari referensi tempat liburan jika mana pandemi ini kelak berakhir. Sebagai rekomendasi untuk para travelers, beberapa tempat wisata Purwokerto ini wajib banget untuk dijamah setelah pandemi ini berakhir.

Kota Purwokerto ialah kota di Jawa Tengah yang menjadi ibu kota kabupaten Banyumas. Total penduduknya kurang lebih 240 ribu jiwa. Kota Purwokerto mempunyai berbagai hal unik serta lokasi geografis yang strategis, tentunya memiliki tempat wisata yang wajib banget para travelers kunjungi.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Purwakarta Terbaru, Terpopuler, Murah Meriah dan Seru Untuk Didatangi

Nah maka dari itu artikel ini akan merangkum beberapa tempat wisata Purwokerto yang wajib banget para travelers sambangi. Berikut beberapa diantaranya:

Tempat Wisata Purwokerto

Purwokerto menjadi salah satu surganya tempat wisata di Indonesia. Kota ini juga memiliki beberapa julukan dan salah satunya adalah kota wisata. Hal ini karena selain memang kota ini memiliki tanah yang subur serta pemandangan yang memanjakan mata, pemerintahan juga membangun struktur kota menjadi kota wisata.

Kota yang juga dijuluki kota kripik ini memiliki berbagai objek wisata dan dibawah ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata Purwokerto yang wajib banget para travelers tahu.

Telaga Sunyi, Damai Dalam Sunyinya Keindahan Alam

Bagi para travelers yang merasa jenuh dengan suasana pandemi yang tak kunjung usai, wajib banget memasukkan tempat wisata yang satu ini menjadi tempat pertama yang dikunjungi setelah pandemi berakhir. Jauh dari keramaian kota dengan suasana yang sunyi dan damai, serta pemandangan yang indah akan memberikan energi positif.

Kesunyian menjadi salah satu daya tarik dari tempat ini, memberikan efek damai dan kebebasan bagi setiap orang yang datang. Salah satu tempat wisata yang sering disebut harta karun tersembunyi yang dimiliki Kota Purwokerto.

Tempat wisata Purwokerto, Telaga Sunyi
Telaga Sunyi. Sumber : Purwokertoguidance

Pemandangan indah yang disajikan akan memanjakan mata travelers yang mungkin sudah jenuh terus dirumah saja. Berendam dan berenang di dalam air yang jernih dari mata air Gunung Slamet menjadi salah satu aktivitas yang dapat travelers lakukan di tempat wisata ini.

Udara yang bersih dengan lebih sedikit polusi menjadikan relaksasi anda semakin istimewa. Selain itu para travelers juga tidak perlu khawatir karena tempat ini sudah difasilitasi dengan tempat parkir, tempat ganti dan kamar mandi.

Tempat ini berada di daerah Limpakuwus, Sumbang Kabupaten Banyumas. Buka setiap hari mulai dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Akses jalan sudah dapat dengan mudah ditempuh dengan kendaraan roda empat.

Tiket masuknya cukup terjangkau, travelers hanya perlu merogoh kocek sebesar 13 ribu per orang dan 5 ribu untuk parkir kendaraan travelers dapat menikmati wahana yang ada, berfoto di hutan pinus, berenang hingga menelusuri gua di sebelah kanan telaga ini.

Baca Juga: Kota Terindah di Indonesia, nomor 4 Gudangnya Taman Hiburan!

Baturaden, Surganya Kumpulan Tempat Wisata

Berkunjung ke berbagai tempat wisata di Baturaden
Source: Tempatwisataunik.com

Jika berbicara tentang tempat wisata Purwokerto, maka tidak bisa dipisahkan dengan tempat wisata satu ini. Tempat wisata ini sering muncul di feed media sosial traveler Purwokerto. Hal ini memang tidak dapat dipungkiri karena keindahan serta fasilitas yang disuguhkan di dalam tempat wisata ini memang sangat menggairahkan.

Pemandangan yang memanjakan mata serta hawa yang sejuk dan damai menjadi alasan para travelers harus berkunjung ke tempat wisata ini setelah pandemi berakhir. Apalagi banyak spot indah dan instagramable yang bisa kamu jadikan background pengambilan gambar.

Walaupun masih kental dengan nuansa budaya tetapi tempat wisata ini juga tetap mengutamakan kenyamanan travelers dengan fasilitas yang tersedia. Tempat wisata yang memiliki legenda yang mungkin sering travelers dengar yaitu lutung kasarung menjadi daya tarik utama bagi tempat ini.

Bagi para travelers yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini harus melewati jalur pegunungan sebelum mencapai lokasi ini dan menikmati seluruh wahana yang ada. Komplek wisata ini memiliki ragam wahana, wisata alam, wisata edukasi hingga wahana buatan seperti kolam renang dan sepeda air.

Hanya dengan 14 ribu travelers sudah dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada termasuk berenang, pemandian air panas, dan juga sepeda air. Dengan membeli tiket terusan seharga 24 ribu travelers dapat menikmati keindahan kebun binatang mini.

Pagubugan, Sensasi Menyelam di Tengah Sawah

Memang liburan di daerah pegunungan tidak lengkap jika tidak merasakan sensasi alam dan juga berenang entah di telaga, curug maupun kolam renang. Hadir dengan menonjolkan nuansa wisata buatan kolam renang yang dipadukan dengan alam persawahan menjadi salah satu daya tarik dari wisata pagubugan Purwokerto ini.

Tempat wisata yang wajib banget travelers kunjungi saat berada di Purwokerto ini adalah salah satu tempat wisata baru di awal 2020. Sensasi berenang dalam kolam outdoor yang dibangun di tengah sawah ini sempat menjadi trending topik di Purwokerto sebelum PSBB gencar dicanangkan di Indonesia.

Pagubungan, Sensasi berenang di tengah sawah

Berada tepat di Dusun Melung, Kecamatan Kedungbanteng Purwokerto adalah wisata edukasi yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Hanya sekitar 40 menit dari pusat kota melalui jalur pegunungan. Buka dari jam 8 pagi hingga 5 sore dengan tiket masuk hanya sangat murah, yaitu 10 ribu rupiah saja

Museum Bank Rakyat Indonesia, Belajar Sejarah Secara Cuma Cuma

Menjadi bank pertama di Indonesia yang dibangun di daerah Purwokerto. BRI sekarang telah menjadi salah satu bank terbesar bahkan mungkin di asia. Namun semua itu tidak lepas dari perjalanan sejarah yang terjadi. Melihat nilai sejarah itu akhirnya dibangun Museum Bank Rakyat Indonesia sebagai bukti sejarah yang ada.

Museum ini memiliki banyak sekali koleksi bersejarah seperti mata uang lama, uang kuno, mesin perbankan kuno dan  masih banyak lagi. Berdiri sejak diresmikan tahun 1990 oleh direktur utama kala itu Kamardy Arief. Museum ini masih eksis dan siap mengedukasi mengenai sejarah perbankan di tanah air Indonesia hingga saat ini.

Museum BRI menjadi salah satu Tempat wisata Purwokerto
Museum BRI. Sumber : Homestayrose50

Berada di Jalan Sudirman, Desa Pesayangan, kecamatan Kedungwuluh Purwokerto tidak jauh dari pusat kota. Travelers tidak akan dipungut biaya tiket masuk untuk masuk ke dalam Museum ini. Hal ini menjadi salah satu upaya pelestarian sejarah perjalanan perbankan di Indonesia.

Liburan Setelah Pandemi

Bagaimana?, pasti sudah tidak sabar bukan untuk berwisata setelah pandemi?. Tenang, bagi para travelers yang ingin berlibur bisa banget buat masukin rekomendasi tempat wisata Purwokerto diatas sebagai tempat yang ingin dikunjungi setelah pandemi usai. Jangan lupa melakukan vaksin sebelum travelling, dan tetap menjaga protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak saat travelling.

Related posts

7 Destinasi Wisata Keluarga di Pantai Indah Kapuk

Risma

Cek Promo Dufan Bulan April Di Sini!

Rostina

Rekomendasi Tempat Wisata Hits di Sentul

Rostina

Leave a Comment