Tips

Wow, Ternyata Ini Rahasia untuk Mendapatkan Diskon Tiket Pesawat

Trik Dapatkan Promo Tiket Pesawat

Kamu termasuk orang yang selalu beranggapan bahwa mereka yang memiliki hobi traveling, apalagi menggunakan pesawat, termasuk orang yang punya banyak uang? Nah, segera buang deh pikiran ini mulai sekarang, ya. Bisa saja, mereka tau tips rahasia mendapat diskon tiket pesawat ini, lho.

Kalau kamu berencana untuk traveling dalam waktu dekat ini, cara berikut ini bisa kamu terapkan untuk lebih menghemat anggaran berliburmu, dan menggunakan sisa budget liburanmu untuk keperluan lain. Sudah siap mengetahui apa saja rahasianya? Cek di sini, yuk!

1. Cek harga tiket pesawat normal

Pertama, tentukan dulu destinasi tujuanmu. Ini akan membuatmu tau, tiket pesawat ke mana yang akan kamu cari. Kemudian cek harga tiket pesawat normal untuk tujuan ke destinasi yang kamu inginkan. Harga normal ini akan jadi patokan harga untuk mencari diskon tiket pesawat yang kamu inginkan. Ketika kamu menemukan promo diskon tiket pesawat yang murah, maka kamu akan tau seberapa murah harga tersebut.

2. Rajin membuka website maskapai dan OTA

Menemukan Diskon Tiket Pesawat dari website Maskapai
Cek diskon tiket pesawat melalui website maskapai atau OTA. Tumblr.com

Kamu bisa lho sering-sering mengecek website maskapai dan juga website OTA (Online Travel Agent). Siapa tau ketika kamu sedang membukanya, ada promo diskon tiket pesawat dengan destinasi yang kamu ingin kunjungi. Apalagi, sekarang ini sudah banyak situs OTA yang mudah untuk digunakan, dan banyak dari mereka yang seringkali memberi promo diskon.

3. Mencari tau jadwal promo

Umumnya, maskapai dan OTA akan memberikan promo di bulan-bulan tertentu, seperti misalnya September hingga November. Ataupun di hari-hari peringatan maskapai dan OTA tersebut. Nah, di saat itulah, kamu bisa jadikan patokan harga tiket promo murah. Kamu juga bisa membeli pada saat jadwal promo tersebut. Lumayan kan diskonnya!

4. Mendaftar newsletter maskapai dan OTA

Biasanya, maskapai ataupun OTA akan membagikan promonya melalui email, sebelum promo tersebut dimulai. Nah, ketika kamu mendaftar newsletter, sudah pasti kamu akan jadi salah satu orang yang tau lebih dulu mengenai promo tersebut. Jangan lupa untuk sering-sering mengecek emailmu bila sudah mendaftar newsletter ya!

5. Follow akun media sosial maskapai dan OTA

Di zaman yang serba digital seperti sekarang, media sosial banyak sekali digunakan untuk kebutuhan bisnis. Banyak perusahaan yang menjadikan media sosial Itulah kenapa, di media sosial pun kamu bisa lho menemukan promo diskon terbaru. Terkadang, media sosial maskapai ataupun OTA sering juga mengadakan flash sale di media sosialnya, dengan harga yang terbilang menguntungkan kamu.

6. Mendaftar jadi member airlines

Manfaatkan Member Airline untuk Diskon Tiket Pesawat
Source: Flickr.com

Kalau kamu tipe orang yang memang sering berpergian, mendaftar menjadi anggota dari airlines bisa membuatmu mendapatkan keuntungan yang menarik lho. Kamu bisa menikmati fasilitas dan juga informasi yang tersedia. Ketika ada promo, member pun biasanya dapat menikmati promo terlebih dulu dibandingkan non-member. Biasanya juga maskapai memberi banyak kuota pada membernya.

7. Menukarkan poin frequent flyer

Untuk kamu yang merupakan member airlines, biasanya ada semacam program frequent flyer. Kamu bisa mendaftar program tersebut, dan kumpulkan poinnya. Semakin sering kamu terbang dengan maskapai tersebut, poin pun akan semakin banyak, dan nantinya, poin ini bisa kamu tukarkan dengan terbang gratis ataupun promo lainnya. Umumnya, program frequent flyer ini bisa dimiliki oleh satu airlines saja ataupun gabungan airlines.

8. Beli paket pesawat dan hotel

Kalau kamu memang berencana untuk menginap di hotel, kamu bisa membeli paket tiket pesawat sekaligus hotel untuk mendapat harga yang pastinya jauh lebih murah. Biasanya, OTA akan memberikan harga spesial bila kamu memesan paket pesawat dan hotel seperti ini.

Baca Juga : Ini Dia 10 Promo Hotel Jakarta yang Cocok Untuk Staycation

9. Beli tiket terpisah bila pergi rombongan

Banyak orang yang menganggap bahwa membeli tiket pesawat rombongan akan jauh lebih murah. Padahal ini salah, lho. Jadi, kamu bisa mencoba cara untuk memecah pembelian tiket, bila berencana pergi bersama-sama. Ini karena, saat pencarian tiket pesawat untuk rombongan, kebanyakan tidak menampilkan harga yang termurah, karena bisa jadi tidak mencukupi jumlah anggota rombongan kamu.

10. Memanfaatkan promo bank

Maskapai dan OTA seringkali bekerjasama dengan berbagai bank. Nah, saat kamu akan membeli tiket, sebaiknya cek terlebih dulu di halaman promo, siapa tau bank yang kamu gunakan bekerjasama dengan maskapai atau OTA tersebut, sehingga kamu bisa mendapatkan harga spesial. Tiap bank umumnya punya promo yang berbeda-beda.

11. Membayar dengan mata uang berbeda

Salah satu tips yang bisa kamu lakukan jika melakukan perjalanan ke luar negeri adalah menggunakan pembayaran dengan mata uang berbeda. Menurut seorang ahli travel, membayar dengan mata uang lokal negara tersebut, bisa membuatmu jadi lebih hemat, ini karena kamu tidak dianggap sebagai turis oleh sistem OTA tersebut. Selain itu, bila kamu berencana traveling ke luar negeri, dan membutuhkan penerbangan antar kota di sana, sebaiknya beli tiket jangan saat masih di Indonesia. Beli saat berada di sana, dan gunakan mata uang lokal agar lebih murah.

12. Pilih penerbangan transit

Penerbangan Transit bisa jadi pilihan
Source: Mainlymiles.com

Banyak orang yang memilih direct flight ke destinasi tujuannya dibandingkan dengan penerbangan transit. Ini karena transit dirasa lebih melelahkan dan butuh waktu yang lebih lama. Namun, bila tujuan kamu terbang adalah untuk berlibur dan berjalan-jalan, tidak ada salahnya lho memilih penerbangan yang transit. Kamu bisa meng-explore area di dekat bandara transit, apalagi bila durasi transit terbilang lama. Selain itu, untuk masalah harga pun, umumnya penerbangan transit punya harga yang lebih murah dibanding direct flight. Bila ingin menghemat budget berliburmu, cara ini bisa dilakukan.

13. Beli tiket kombinasi maskapai

Tips mendapat promo diskon tiket pesawat berikutnya adalah dengan membeli tiket beda maskapai. Terkadang, ada maskapai yang memberikan promo tiket murah untuk sekali jalan saja. Nah, untuk mendapat tiket murah untuk pulang, kamu bisa memilih maskapai lain yang juga memberi harga spesial.

14. Memilih bandara alternatif

Memilih mendarat di bandara alternatif bisa jadi salah satu cara menekan budget tiket pesawat, lho. Misalnya, ketika kamu ingin bepergian ke Yogyakarta, kamu bisa memilih penerbangan ke Solo saja. Dan meneruskan perjalanan ke Yogyakarta dengan jalur darat. Tapi, sebaiknya pastikan bahwa ongkos perjalanan darat yang dilakukan tidak menambah total pengeluaran, ya.

15. Membawa barang seperlunya

Terkadang, yang membuat biaya penerbangan bertambah adalah membayar kelebihan berat bagasimu. Nah, untuk menghindari kemungkinan ini, sebaiknya bawa barang seperlunya saja. Pilih barang bawaan sesuai dengan cuaca destinasi tujuanmu. Dan tidak perlu membawa bayak aksesori atau barang tambahan yang malah membuat kopermu malah jadi penuh dan terlalu berat.

Nah, itu dia beberapa tips and trick yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan diskon tiket pesawat jadi lebih murah, untuk menghemat budget dan pengeluaran untuk travelingmu. Jadi, kata siapa, kalau mau traveling harus menunggu banyak uang dulu? Selagi tau celah untuk mendapatkan banyak promo, kapan pun kamu ingin liburan, bisa kok!

Related posts

Masih Sering Disamakan, Begini Beda Traveler dan Backpacker!

Rostina

6 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan saat Berkunjung ke Maroko

Rumi