Traveling merupakan pilihan tepat untuk merefresh pikiran, setelah suntuk dalam beban aktivitas harian. Ada cukup banyak destinasi yang bisa Anda tempuh. Baik itu untuk suasana pegunungan, pantai, maupun jalan-jalan ke kota tetangga. Semua bisa menjadi cara terbaik untuk traveling. Kali ini, tim Onthespotrest.com ingin memberikan satu destinasi istimewa untuk pembaca setia, yakni Karimun Jawa.

Kepulauan yang terletak di Laut Jawa ini memang memberikan banyak pesona yang baru terlihat di Indonesia. Terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, kepulauan ini memiliki luas daratan sekitar  1.500 hektare dan luas perairan 110.000 hektare. Banyak pulau-pulau yang besar di Kepulauan Karimun Jawa seperti Pulau Karimun Jawa, Parang dan Nyamuk. Karimun Jawa menjadi destinasi wisata Taman Laut yang wajib dikunjungi untuk kamu yang suka dengan dunia bawah laut.

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan saat Berkunjung ke Maroko

Ada beberapa tujuan paling seru yang tidak boleh dilewatkan saat kamu pergi ke Karimun Jawa. Berikut daftarnya:

1. Pantai Barakuda

Pesona Panorama Pantai Barakuda Karimunjawa | Pariwisata Indonesia

Spot pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Barakuda. Bersantai diatas pasir putih sambil menikmati pemandangan laut memang sangat menyenangkan. Pantai Barakuda terletak di Desa Kemajon patut dinikmati. Pantai Barakuda memberikan keindahan air yang jernih dan pasir putih yang lembut. Di sepanjang bibir pantai terdapat pohon kelapa yang berderet menambah kecantikan pantai yang tidak bisa kamu lewati.

2. Pantai Batu Putih

KARIMUNJAWA DAN TEMPAT WISATANYA YANG BELUM TERJAMAH - PAKET TOUR KARIMUNJAWA, TRAVEL WISATA MURAH

Pantai Batu Putih adalah salah satu tempat wisata yang indah dan keren yang ada di Karimun Jawa. Terletak sekitar 15 km dengan Karimun Jawa. Spot yang asyik untuk mendapatkan keindahan birunya laut yang jernih. Wisata alam Pantai Batu Putih memang wajib dikunjungi. Salah satu yang mencuri perhatian adalah adanya bongkahan batu besar putih dan bersih saat air pantai surut. Dermaga kayu di pantai ini bisa kamu menjadi spot foto bersama teman-teman yang menarik untuk dicoba.

3. Pulau Sintok

Jalan Dikit: Pulau Sintok Karimunjawa

Jika ingin melihat pemandangan bawah laut yang indah, Pulau Sintok spot terbaik. Pulau yang menjadi wisata alam di Karimunjawa ini, selain menyuguhkan pantai pasir putih yang menawan, juga membuat kamu takjub dengan keindahahan bawah lautnya. Memiliki luas sekitar 21 hektar di sebelah timur pulau Karimunjawa, Pulau Sintok bisa kamu jadikan tempat snorkeling bersama teman-teman.

4. Bukit Joko Tuwo

Bukit Joko Tuwo, Karimun Jawa
Source: BackpackerJakarta.com

Bosan main air, saatnya kita pindah ke daratan. Salah satu tempat wisata yang menjadi andalan di Karimun Jawa adalah Bukit Joko Tuwo. Terletak menghadap ke kota Karimun Jawa. Di sini kamu akan disuguhkan dengan jelas bentuk utuh dari pulau-pulau yang ada di Karimun Jawa. Salah satu daya tarik dari Bukit Joko Tuwo adalah pemandangan pesona alam seperti Tasbih Raksasa, Kerangka Ikan Joko Tuo, dan Area olahraga alam. Sangat menarik bukan?

5. Pulau Cemara Kecil

PULAU CEMARA KECIL KARIMUN JAWA

Pulau Cemara Kecil, pulau ini memang didominasi oleh banyak pohon cemara yang ada disekitar pantai. Piknik di pulau memang menjadi salah satu hal yang wajib dicoba, terlebih melakukannya di salah satu tempat wisata yang indah di Karimun Jawa yaitu Pulau Cemara Kecil. Spot yang menyuguhkan pantai jernih dengan pasir putih yang indah, Pulau Cemara kecil ini tidak kalah dari pulau-pulau sebelumnya. Selain piknik, kamu juga bisa snorkeling di pantai yang indah ini.

6. Pulau Cemara Besar

Pulau Cemara Besar: Keindahan Pulau dan Perairan Dangkal di Karimun Jawa
Source: Traverse.id

Tidak jauh dari Pulau Cemara Besar, kamu akan menemukan salah satu destinasi wisata di Karimunjawa yang tidak kalah indah yaitu Pulau Cemara Besar. Keindahan pantai terpancar dari pulau Cemara Besar membuat kamu semakin betah ditempat ini. Air yang sangat jernih dan pemandangan laut yang menakjubkan.

7. Pantai Annora

Pantai Annora spot instagramable di Karimun Jawa

Terletak di Dusun Cikmas, tujuan di Karimun Jawa berikutnya kamu bisa temui salah satunya adalah Pantai Annora. Pantai Annora juga disebut sebagai Pantai Ayunan karena terdapat banyak ayunan yang ada diatas pantai. Memiliki pasir putih yang bersih dan indah, Pantai Annora sangat cocok dijadikan tempat bersantai Bersama keluarga dan kerabat.

Baca Juga: Fakta Menarik dari Garuda Wisnu Kencana, Ikon Pariwisata Terkenal di Bali

8. Bukit Annora

Keindahan Bukit Annora Karimun Jawa bikin wisatawan tersihir

Selain Pantai Annora, Bukit Annora juga wajib kamu datangi setelah berkunjung ke Pantai Annora. Lelah bermain di pantai, saatnya duduk bersantai di Bukit Annora. Menikmati semilir angin yang sepoi-sepoi dapat membuat kamu segar kembali. Jika ingin mendapatkan pemandangan yang luar biasa, kamu bisa datang saat matahari terbit atau matahari tenggelam.

9. Kampung Bugis Karimun Jawa

source : detik travel

Kalau kamu ingin menemui masyarakat asli Bugis, kamu bisa menemui mereka di Karimun Jawa. Bertemu mereka menjadi pengalaman tersendiri buat kamu saat berkunjung kesana. Tentu ini sangat mengasyikan untuk kamu coba. Kamu tidak perlu terbang jauh ke Sulawesi untuk bertemu suku Bugis, kamu bisa menemuinya di Karimun Jawa.

10. Pantai Ujung Batu Lawang

source : wikipedia

Pantai yang terletak di paling ujung utara Pulau Kemujan, Karimun Jawa ini sangat wajib kamu kunjungi. Hal yang wajib kamu coba saat berkunjung disini adalah menyusuri pantai. Pengalaman tracking menyusuri pantai sambil menikmati pemandangan yang indah akan membuat kamu lupa akan lelahnya berjalan menyusuri pantai.

11. Dermaga Mrican

source : tempatwisataunik

Melihat pemandangan matahari terbenam adalah satu pengalaman yang tidak akan terlupakan dan kamu bisa mencobanya di Dermaga Mrican ini. Menyaksikan matahari terbenam di tengah dermaga yang langsung menyongsong ke lautan. Kamu disuguhi oleh pemandangan pantai yang indah dan melihat langsung kapal-kapal nelayan yang bersandar setelah mencari ikan.

12. Karimun Jawa Butterfly Park

source : karimunbutterflypark.blogspot.com

Setelah berpanas-panasan di laut, sekarang waktunya wisata yang ke taman kupu-kupu atau yang dikenal dengan Butterfly park. Wisata buatan yang tidak kalah keren dengan wisata alam. Selain melihat keindahan pantai, di Karimun Jawa kamu bisa melihat keindahan hewan yaitu kupu-kupu. Di Butterfly park, kamu akan melihat berbagai jenis kupu-kupu cantik, bioskop 3D cinema, 3D art gallery dan masih banyak lagi. Sangat cocok dijadikan tempat refreshing sehabis dari pantai.

13. Bako Lolo

Tempat Wisata Karimun Jawa yang Paling Populer
Source: seruni.id

Di Karimunjawa sendiri terdapat laguna yang paling indah yaitu Bako Lolo. Memiliki hutan bakau di kedua sisinya, laguna di Karimunjawa tetap terjaga karena tidak ada ombak yang masuk kedalamnya. Wisata Bako Lolo wajib kamu coba bersama keluarga dan kerabat untuk snorkeling atau sekedar bersantai.

14. Kawasan Wisata Hutan Mangrove

source : http://www.paketwisatakarimunjawa.com

Wisata di Karimun Jawa menikmati bawah laut saja. Karimun Jawa juga memiliki kawasan Wisata Hutan Mangrove yang super estetik. Kamu bisa berjalan di jembatan kayu yang bisa kamu gunakan untuk menyusuri hutan mangrove yang mengasyikan. Jika beruntung kamu bisa menemukan beberapa hewan hidup di hutan mangrove tersebut. Kawasan Wisata Hutan Mangrove ini juga sangat bagus dijadikan tempat hunting foto karena terdapat beberapa spot yang menarik.

Baca Juga: Begitu Memesona, Inilah 13 Pemandangan Alam Terindah di Indonesia

15. Pulau Gosong

source : ksmtour.com

Destinasi terakhir yang wajib kamu kunjungi adalah Pulau Gosong. Pulau yang tidak selalu muncul, menjadikannya sebagai salah satu pulau yang cukup istimewa. Karena pulau ini baru muncul ketika air laut sedang surut. Pulau ini akan timbul ke permukaan sekitar pukul 09.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB dan akan tenggelam setelahnya. Jadi pastikan kamu berkunjung di waktu yang tepat ya!