Loading...

Selasa, September 28, 2021

6 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan saat Berkunjung ke Maroko

Kerajaan Maroko adalah sebuah negara yang memiliki garis pantai yang sangat panjang di Samudera Atlantik. Secara geografis, memiliki wilayah yang sebagian besar terdiri dari gurun dan pegunungan yang terjal. Dengan ibukota Rabat. Negara Maroko menggunakan bahasa Franch untuk kesehariannya. Setiap negara pasti punya ciri khas gaya hidup tertentu yang unik dan menjadi wisatawan asing. Saat berkunjung ke Maroko, ada beberapa fakta unik yang wajib kamu ketahui sebelum berkunjung kesana.

1. Tidak Boleh Membuang Roti

Jangan Buang Roti saat Berkunjung ke Maroko
Source: Matadornetwork.com

Membuang sisa makanan pasti menjadi hal yang mungkin lumrah bagi tiap orang. Tapi di Maroko, membuang makanan yakni roti adalah hal yang tidak boleh dilakukan. Masyarakat di Maroko sangat menjunjung tinggi dan hormat terhadap makanan satu ini. Sekalipun makanan ini basi, roti tidak boleh dibuang. Biasanya mereka akan melakukan sistem barter untuk mengatasinya. Roti basi dapat ditukar dengan keperluan sehari-hari seperti sabun dan detergen.

Baca Juga: Fakta Menarik dari Garuda Wisnu Kencana, Ikon Pariwisata Terkenal di Bali

2. Simbol Hati

Jika kamu terbiasa menggunakan simbol hati (love) dalam menunjukan perasaan atau hanya sekedar menggambar, di Maroko simbol hati ini digambarkan dengan simbol hati pada harfiahnya yaitu hati atau liver. Dan jika di Maroko ada yang mengatakan, “kamu telah menaklukan liverku” itu adalah pernyataan cinta yang sama artinya dengan “kamu telah menalukkan hatiku” karena pada hakikatnya di Maroko, hati atau liver yang sehat sendiri dipercaya akan membantu pencernaan dan meningkatkan kesehatan.

3. Menghindari Berkata Kasar atau Kotor

Di negara barat berkata kasar adalah yang lumrah bagi sebagian masyarakat. Namun, di Maroko hal itu menjadi perbuatan yang harus dihindari, terlebih kamu belum sepenuhnya mengenal masyarakat di Maroko. Umumnya memang masyarakat di Maroko berbahasa Franch dan Inggris, namun kamu tidak bisa menebak bahasa apa lagi yang mereka mengerti. Tidak sedikit masyarakat Maroko yang mengerti bahasa Arab, Spanyol dan Berber dengan baik. Jadi kamu harus hati-hati untuk tidak mengeluarkan bahasa kasar dan kotor dalam tiap bahasa pun.

4. Peraturan antara Pria dan Wanita di Maroko

Di Maroko sendiri, wanita memiliki banyak keterbatasan, contohnya seperti tidak boleh keluar rumah. Batas usia wanita boleh keluar adalah saat menginjak usia anak-anak, setelahnya wanita akan dilarang keluar rumah karena adanya larangan yang dimana para pria dan wanita tidak boleh bertemu di tempat umum, kecuali bertemu di sekolah atau pun tempat kuliah.

Pria di Maroko juga memiliki hak seperti raja, mereka memiliki kebebasan yang tidak terbatas seperti boleh keluar rumah kapan saja dan kemana saja. Hal lainnya adalah persamaan antara pria dan wanita di Maroko tidak boleh mengenakan celana pendek saat keluar rumah. Walaupun cuaca sedang panas-panasnya, hindari memakai celana pendek saat keluar rumah karena masyarakat Maroko tidak terbiasa melihat orang bertelanjang kaki saat keluar rumah.

5. Couscous pada Hari Jumat

Berkunjung Ke Maroko menyantap coucous
Source: Morrocanfoodtour.com

Couscous adalah makanan pokok khas Maroko yang terbuat dari olahan gandum semolina yang sudah digiling dan dikukus, dengan tampilan berbentuk butiran kecil seperti beras. Jika kamu berkunjung ke Maroko pada hari Jumat dan melakukan ibadah sholat Jumat disana, kamu akan terbiasa dengan kebudayaan masyarakat Maroko yaitu menyantap couscous bersama-sama setelah ibadah sholat Jumat. Pihak dari masjid menyiapkan couscous dengan jumlah yang banyak untuk disajikan setelah sholat Jumat usai.

Baca Juga: Wah.. Rumah Gadang di Sumatera Barat Ternyata Rumah Anti Gempa Loh

6. Tidak Boleh Menolak Hidangan Daging dan Teh

Saat bertamu, umumnya kita akan disuguhkan hidangan oleh tuan rumah. Seperti hal nya di Maroko, disana juga kita akan disuguhkan dengan bermacam hidangan. Jika tuan rumah memberikan hidangan daging dan memberikan minuman teh, kamu tidak boleh menolak karena hal tersebut adalah tindakan kekerasan. Dan salah satu persamaan gaya hidup di Indonesia dan Maroko adalah harus menggunakan tangan kanan untuk makan. Menggunakan tangan kiri saat makan di Maroko adalah suatu hal yang dianggap hina. Jadi hati-hati ya ketika akan makan di Maroko.

Nah, diatas merupakan Do dan Don’t yang harus kamu perhatikan sebelum berkunjung ke Maroko. Kenali budayanya dan tetap berhati-hati ya!