Food

Inilah 7 Makanan Khas Aceh yang Bisa Bikin Auto Ketagihan

Aceh merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Provinsi ini merupakan tempat yang unik karena memiliki sejarah yang sangat panjang dengan banyak etnis di Indonesia. Saat ini, Aceh merupakan provinsi dengan nilai Islam yang kuat, menjadi satu-satunya di Indonesia yang menerapkan hukum syariah. Provinsi ini juga kaya akan kelezatan kulinernya karena banyak sekali makanan khas Aceh yang bisa kamu nikmati. Penasaran? Langsung saja simak rekomendasi makanan khas Aceh pada ulasan berikut ini!

Makanan Khas Aceh

1. Mie Aceh

Mie Aceh

Jika kamu berwisata ke Aceh, maka kurang lengkap rasanya bila tak mencicipi kuliner ikoniknya, yaitu Mie Aceh. Mie kuningnya yang kental sangat cocok dengan kuah kaldu daging sapi, irisan daging domba, dan tauge.

Ada dua cara menyajikannya, yakni goreng atau kuah. Cita rasanya yang kuat berasal dari bumbu kunyit, kapulaga, jinten, dan merica. Hidangan ini biasa disajikan dengan bawang goreng, kerupuk udang, jeruk nipis dan irisan mentimun.

Baca Juga: Tertarik Wisata Kuliner Ikonik? Coba Makanan Khas Banyuwangi

2. Ayam Tangkap Aceh

Ayam Tangkap

Buat kamu yang pecinta ayam, wajib banget cicipi makanan khas Aceh yang satu ini. Ayam Tangkap khas Aceh terbuat dari daging ayam lokal yang digoreng kemudian disajikan secara unik dengan aromatik.

Ayam yang dipotong dadu kemudian dibumbui dengan kunyit, bawang merah, jahe, bawang putih dan air asam jawa, lalu digoreng hingga garing. Rasanya yang lezat dan unik dijamin bikin kamu auto nambah nasi.

3. Kue Timphan

Makanan Khas Aceh Kue Timphan

Kue Timphan merupakan salah satu makanan penutup terbaik di Aceh dan sangat cocok untuk kamu nikmati setelah menyantap hidangan berat. Jajanan manis ini terbuat dari ketan kukus, santan, tepung beras dan pisang dengan berbagai isian mulai dari srikaya (buah lokal yang manis) hingga kelapa parut.

Semua bahan tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang hingga matang dan beraroma harum. Teksturnya yang lembut dan chewy membuat makanan penutup ini bakal jadi hidangan yang memorable.

4. Rujak Aceh

Rujak Aceh

Masih dengan makanan penutup, rujak Aceh menjadi salah satu makanan yang wajib kamu coba untuk melengkapi wisata kuliner kamu di Aceh. Perpaduan rasa rujak aceh yang menyegarkan, manis, gurih, dan pedas menyatu sempurna dan memanjakan lidah kamu.

Untuk membuat makanan penutup tradisional ini, dibutuhkan beberapa jenis buah tropis segar seperti bengkuang apa ini, mangga muda, mentimun, apel, dan mangga kweni. Buah-buahan ini kemudian dipotong-potong lalu disiram dengan saus pedas yang terdiri dari cabai, gula merah, asam, dan kacang goreng yang diuleg sebagai pelengkap.

5. Sie Itek

Makanan Khas Aceh Sie Itek

Makanan khas Aceh ini menjadi salah satu kuliner yang high recommended buat kamu yang suka makan bebek. Hidangan ini dapat dengan mudah kamu temukan di sebagian besar tempat makan dan restoran di Aceh.

Yang membuat masakan ini begitu harum dan banyak dicari adalah perpaduan rempah-rempah seperti temurui dan daun koja. Kari jingga kemerahannya yang kental sangat enak disantap dengan nasi hangat.

6. Asam Keueng

Asam Keueng Makanan Khas Aceh

Jika kamu ingin merasakan kombinasi eksotis antara rasa pedas dan asam, maka Asam Keueng bisa jadi pilihan hidangan yang tepat buat kamu. pasalnya, hidangan ini terbuat dari ikan laut segar yang ditumis dengan bawang merah dan bawang putih.

Kemudian ditambah air bersama tomat hijau segar, jeruk nipis, belimbing wuluh dan bumbu halus yang terdiri dari kunyit, cabai, dan daun jeruk purut yang membuat cita rasa kuah asam keueng menjadi jadi makin kaya. Apalagi disantap dengan nasi hangat saat makan siang dijamin bisa bikin kamu ketagihan.

Baca Juga: Destinasi Wisata Kuliner Di Puncak yang Paling Recommended!

7. Sate Matang

Makanan khas Aceh sate matang

Aceh juga punya versi satenya sendiri, loh. Banyak wilayah di Indonesia yang punya hidangan sate khas dari daerahnya, misalnya sate Madura, sate Padang, dan lain-lain. Tapi di Aceh, masyarakat lokal biasa menyebutnya sate matang. Sate ini terbuat dari daging kambing yang dipotong dadu lalu direndam dengan perpaduan bumbu seperti ketumbar, kemiri, dan serai.

Kemudian daging tersebut ditusuk lalu dipanggang di atas arang yang membara. Untuk menikmati hidangan ini, celupkan sate ke dalam saus kacang yang mengandung aneka rempah seperti bawang putih, daun salam, kayu manis, santan, kecap, dan cabai kering. Hidangan ini juga jadi salah satu makanan recommended yang cocok sebagai teman makan nasi.

Nah, itulah beberapa makanan khas Aceh paling recommended dan bisa bikin kamu auto ketagihan. Pernahkah kamu mencoba untuk mencoba salah satu dari makanan di atas? Jika pernah, mana nih yang jadi favorit kamu?

Emkay Blast Lite
jasa pembuatan website

Related posts

Rekomendasi Makanan Khas Enak Tanpa Dimasak

Arif Buz

Bagaimana Cara Kerja Air Fryer, Tepatnya?

Arif Buz

Selain Pasar Cidu Makassar, Ini Dia Rekomendasi Tempat Berburu Kuliner di Makassar

Marsyaviani

Leave a Comment