Kesehatan

Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Salah satu yang tidak bisa diabaikan adalah asupan atau makanan yang mengandung zat besi. Jika ada seseorang yang mengalami kekurangan zat besi maka akan terjangkit penyakit. Salah satunya adalah anemia defisiensi besi.

Walaupun begitu jika orang tersebut terlalu banyak memakan makanan yang mengandung zat besi maka akan mengalami keracunan zat besi. Tetapi kondisi seperti ini tidak pernah bahkan jarang terjadi.

Menurut pakar kesehatan zat besi terbagi menjadi dua jenis. Yaitu zat besi heme yang terbentuk dari hewani atau hemoglobin hewani dan nonheme yang terbentuk atau berasal dari tumbuhan. Zat besi yang berasal dari hewan lebih mudah dicerna atau diserap oleh tubuh

Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung zat besi

1. Daging Merah

Daging merah ini biasanya berada pada daging sapi, kambing atau daging lainnya. Daging sapi memiliki lebih banyak mg zat besi yaitu sekitar 3mg. Walaupun begitu, pastikan kamu konsumsi daging tersebut secukupnya agar terhindari dari penyakit darah tinggi.

2. Jeroan

Jeroan pastinya sudah sering dimakan oleh banyak orang bahkan sudah familiar mulai dari hati, ginjal dan otak ayam. Jeroan ini memiliki banyak kandungan zat besi. Walaupun memang jeroan ini termasuk makanan yang enak Anda tetap harus mengkonsumsi dengan tepat agar tidak terkena penyakit kolesterol.

3. Ikan dan Sea Food

Dari sebagian orang banyak yang sangat menyukai makanan seafood ini. Mulai dari tuna, salmon, tongkol, nila, kembung, mujair. Mereka memiliki banyak kandungan zat besi.

Selain itu juga mengandung banyak protein dan omega-3 serta vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh, yang memiliki fungsi baik untuk tubuh seperti membantu menyehatkan otak serta jantung.

4. Sayuran Hijau

Sayuran yang paling banyak mengandung zat besi adalah bayam. Kurang lebih didalam banyak terkandung 7 mg zat besi, yang dapat membantu penyerapan dalam tubuh.

5. Tahu

Tahu ini juga tidak bisa diabaikan karena memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi yaitu sekitar 5 mg zat besi.

6. Kacang – kacangan

Mulai dari almond, kacang kedelai dan yang lainnya memiliki kandungan zat besi. Tidak sedikit juga orang yang ingin diet atau program hamil mengkonsumsi makanan ini.

Rekomendasi Asupan Zat Besi Tepat Per Harinya

Dikutip dari angka kecukupan gizi (AKG) Kementerian Kesehatan, berikut ini adalah rekomendasinya,

  • Anak usia 1–3 tahun: 7 mg
  • Anak usia 4–9 tahun: 10 mg
  • Anak usia 10–12 tahun: 8 mg
  • Remaja pria: 11 mg
  • Remaja wanita: 15 mg
  • Pria dewasa: 9 mg
  • Wanita dewasa: 18 mg
  • Ibu hamil: 27 mg

Sumber : https://www.alodokter.com/stamina-prima-berkat-makanan-mengandung-zat-besi

Nah itu adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang pentingnya zat besi untuk tubuh, tidak hanya makanan yang kaya protein, vitamin, lemak dan yang lainnya. Tetapi penting untuk mencukupi kebutuhan zat besi agar tubuh kuat seperti Popeye yang bisa mengalahkan Bluto. Nah sudah kebutuhan zat besi Anda tercukupi hingga saat ini ? Jika belum terapkan dan makan makanan ini.

Emkay Blast Lite
jasa pembuatan website

Related posts

Rekomendasi Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Arif Buz

Makanan Tepat Untuk Anak Batuk Pilek

Arif Buz

Tren Makanan Sehat di Indonesia

Arif Buz

Leave a Comment