Destinasi

Pesona 5 Pantai Jepara yang Tidak Boleh Terlewatkan

Pantai di Jepara yang memukau

Apa yang pertama kali kamu pikirkan tentang Jepara, Jawa Tengah? Mungkin kamu akan menyebut daerah ini sebagai tempat penghasil ukiran terbaik. Atau mungkin kamu mengetahuinya sebagai tempat kelahiran RA Kartini. Tapi, bukan hanya itu saja lho. Keindahan alam dan wisatanya juga terbilang memukau, terutama wisata pantai Jepara yang sayang sekali bila terlewatkan.

Jepara merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jawa Tengah. Letak geografisnya berada di bagian paling utara dan dekat dengan laut. Itulah kenapa banyak wisata Jepara yang merupakan pantai-pantai indah. Nah, ini dia daftarnya, sekiranya kamu sedang berencana datang ke Jepara.

1. Pantai Karimunjawa

Karimunjawa Masuk dalam deretan pantai di Jepara yang tak boleh terlewat

Pantai Jepara Karimunjawa ini mungkin salah satu wisata pantai yang terkenal, baik secara lokal ataupun mancanegara.

Karimunjawa adalah sebuah kepulauan dengan sekitar 27 pulau kecil. Di mana 5 di antaranya telah dihuni oleh masyarakat, dan 22 pulau lainnya tak berpenghuni. Kepulauan Karimunjawa ini berada di daerah Karimunjawa, sekitar 5 jam perjalanan dari Jepara dengan kapal cepat.

Baca Juga: 15 Spot Wisata Seru Saat Kamu Ke Karimun Jawa

Kamu bisa menikmati keindahan pantai yang memanjakan mata, hamparan pasir putih dan juga air laut jernih dengan keindahan bawah laut yang memukau. Di Karimunjawa juga kamu bisa melihat sekitar 90 jenis terumbu karang saat sedang snorkeling ataupun diving. Kamu juga dapat melihat penangkaran hiu, tracking ke hutan mangrove, wisata kuliner dan lainnya.

2. Pantai Bandengan

Jangan Lupa juga pantai Bandengan

Pantai yang punya nama lain Pantai Tirta Samudera atau Tirto Samudro ini juga merupakan pantai pasir putih Jepara yang cantik, dengan air laut yang jernih.

Bila ingin datang ke sini, pastikan kamu tidak datang sebelum pukul 6 pagi ataupun setelah jam 6 sore. Karena pantai ini hanya beroperasi di jam 6 pagi hingga jam 6 sore saja. Tapi bila kamu ingin menginap, kamu bisa menginap di penginapan sekitar pantai.

Pantai yang berlokasi di Desa Bandengan, sekitar 7 km sebelah utara dari pusat kota Jepara ini memiliki fasilitas pendukung seperti adanya tenda untuk berteduh, tempat penyewaan perahu atau kano, penyewaan banana boat, ATV, dan juga warung kuliner. Bahkan kamu duduk-duduk di pinggir pantai dan merasakan pantai Jepara rasa Bali, lho, di sini.

3. Pantai Pulau Panjang

Pergi ke Pulau panjang

Wisata Jepara berikutnya yang juga harus kamu kunjungi adalah Pantai Pulau Panjang yang berlokasi di Ujung Batu. Pulau ini sendiri adalah sebuah pulau kecil dengan luas 19 hektare yang tidak berpenghuni.

Pulau ini dikelilingi oleh perairan dangkal dengan air laut yang sangat jernih dan juga dipenuhi beragam terumbu karang. Kamu bisa berkeliling pulau dengan menyewa sepeda, ataupun hanya berjalan kaki menikmati sepinya pantai serasa pulau milik pribadi.

Selain bersepeda, kamu bisa menaiki perahu, ber-snorkeling, berkemah, ataupun berwisata religi dengan mengunjungi makam Syekh Abu Bakar Bin Yahya Ba’alawi yang ada di pulau ini.

Baca Juga: Wah, Ini Dia 10 Tempat Terbaik Melihat Sunset di Indonesia!

4. Pantai Kartini

Pantai Kartini Pantai di Jepara yang Tak boleh dilewatkan

Tidak jauh dari pantai Pulau Panjang, ada pantai Kartini. Lokasinya berada di Desa Bulu, Jepara, yaitu sekitar 2,5 km ke arah barat dari Kantor Bupati Jepara.

Pantai Jepara satu ini punya ikon berupa bangunan berbentuk kura-kura berukuran besar. Selain itu, terdapat Kura-Kura Ocean Park, di mana terdapat sebuah akuarium besar, tempat kamu dapat melihat penyu dan juga kura-kura. Serta adanya theatre 3 dimensi.

Tempat wisata satu ini adalah tempat yang cocok untuk mengajak anak berlibur. Karena ada fasilitas berupa taman bermain anak-anak di sini. Selain itu, anak-anak pun bisa jadi sekaligus berwisata dan belajar mengenai penyu atau kura-kura.

Kamu juga dapat beraktivitas lain di sini, seperti menyewa perahu atau banana boat, ataupun melihat keindahan matahari terbit dan terbenam di pantai ini.

5. Pantai Ombak Mati

Ombak Mati

Walaupun namanya tidak terlalu populer, tapi kamu tetap tidak boleh melewatkan keindahan pantai satu ini.

Berbeda dari pantai lainnya, di sini, hampir sama sekali tidak ada ombak besar di lautnya, seperti nama yang dimilikinya. Lautnya pun terbilang dangkal, dengan hamparan pasir putih dan tempat yang bersih.

Pantai ini berlokasi di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri. Bila datang ke sini, kamu bisa berenang, bermain air, bermain pasir, duduk-duduk menikmati suasana pantai, ataupun berfoto di spot yang instagramable.

Nah, pantai Jepara yang disebutkan di atas sangat menggoda untuk dikunjungi kan? Pesona pemandangan yang indah, baik dari pasir putihnya, ataupun air yang jernih, dan juga suasana pantai yang tenang dan menyenangkan, tidak boleh sampai terlewatkan bila kamu datang ke Jepara.

Related posts

10 Tempat Wisata Purwakarta Terbaru, Terpopuler, Murah Meriah dan Seru Untuk Didatangi

Marsyaviani

Destinasi Wisata Sulawesi Selatan yang Sayang Kamu Lewatkan!

Rostina

7 Destinasi Wisata Keluarga di Pantai Indah Kapuk

Risma

Leave a Comment