Destinasi

9 Tempat Wisata Surabaya Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Surabaya

Surabaya tidak hanya terkenal sebagai kota sejarah. Namun, kini memiliki berbagai macam tempat wisata Surabaya yang Instagramable .

Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, Eko wisata, Wahana permainan, aneka wisata malam, wisata belanja, sampai kuliner khas Surabaya.

Daftar Tempat Wisata Surabaya yang Instagramable

Kota Surabaya memiliki luas sekitar 326,8 kilometer persegi dan tidak kalah besar dengan kota-kota lainnya. Kota ini juga sering disebut sebagai kota metropolitan terbesar setelah Jakarta.

Bagi Anda yang ingin berada di Surabaya, wajib mengunjungi beberapa tempat wisata yang populer. Berikut ini sudah ada beberapa informasi tempat wisata Surabaya yang wajib Anda kunjungi.

Baca Juga: 11 Daftar Suku di Pulau Jawa dan Penjelasannya

1. Kampung Arab

Tempat Wisata Kampung Arab Surabaya

Indonesia terkenal dengan keragaman suku dan budayanya. Kampung Arab menjadi salah satu tempat wisata Surabaya, yang masih berhubungan dengan etnis.

Kampung ini memiliki mayoritas penduduk asal Arab. Bila Anda berkunjung ke Kampung Arab, akan lebih mengenal budaya Arab dan berburu oleh-oleh unik.

Harga tiket: Gratis

Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB

Alamat: Jalan Ampel Kejeron I No.4, RT.006/RW.02, Ampel, Kec. Semampir, Kota SBY, Jawa Timur 60151

2. Museum House of Sampoerna

Tempat Wisata Surabaya Museum of Sampoerna

Museum  House of Sampoerna merupakan tempat wisata ikonik Surabaya yang wajib dikunjungi. Awalnya, museum ini adalah tempat pembuatan rokok Sampoerna.

Pengunjung yang berada di Museum ini bisa mengetahui lebih dalam terkait sejarah kretek Indonesia. Mulai dari pemantik rokok, cengkeh, dan proses pembuatan rokok.

Tempat ini menyediakan fasilitas berupa bus gratis untuk para pengunjung. Fasilitas lainnya seperti tempat penjualan souvenir dan kafe.

Harga tiket: Gratis

Jam Operasional : 08.00-17.00 WIB

Alamat: Taman Sampoerna No.6, Krembangan Utara, Kota Surabaya, Jawa Timur 60163

3. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan Surabaya

Monumen Tugu Pahlawan adalah ikon Surabaya yang paling populer dan memiliki tanaman hijau rindang, sehingga cocok sebagai tempat bersantai. Tugu Pahlawan ini sudah lama menjulang tinggi sejak zaman penjajahan.

Harga tiket: Gratis

Jam Operasional : 08.00-17.00 WIB

Alamat: Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60174

4. Museum 10 November

Museum 10 November

Museum 10 November merupakan bukti sejarah dari perjuangan para pahlawan zaman dahulu. Di sana ada sejumlah koleksi benda bukti perjuangan Bung Tomo dan peralatan arek arek-arek Suroboyo. Jadi pengunjung bisa berwisata wisata.

Harga tiket: Rp. 5.000

Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB

Alamat: Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60174

5. Monumen Suro dan Boyo

Monumen Suro & Boyo

Selain terkenal dengan Tugu Pahlawan, Surabaya juga memiliki dua patung yang menjadi ikonik yaitu Patung Suro dan Boyo. Patung Suro dan Boyo menceritakan bagaimana Surabaya terbentuk menjadi Kota Pahlawan.

Sementara itu, Anda bisa foto dengan latar buaya dan hiu di sekitaran patung patung Suro dan Boyo. Salah satu spot terbaik yang bisa Anda kunjungi adalah Taman Skateboard.

Harga tiket: Gratis

Jam Operasional: 24 jam

Alamat: Jalan Diponegoro No.1-B, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60241

6. Food Junction Grand PakuwonFood Junction Grand Pakuwon

Tempat wisata Food Junction Grand Pakuwon berbeda dari lainnya, karena menyediakan berbagai jenis kuliner yang enak dan gurih.  Food Junction Grand Pakuwon sudah hadir sejak 2016 dan selalu dikunjungi oleh pecinta kuliner.

Terdapat sederet kuliner yang tersedia, mulai dari makanan Nusantara sampai Mancanegara. Anda dapat menikmati pemandangan danau buatan yang indah, sambil menikmati makanan dan menikmati minuman di sini. Selain makanan, tersedia juga wahana yang siap menghibur.

Harga tiket : Rp. 5.000-Rp. 30.000

Jam Operasional: Pagi-Malam

Alamat: Jalan Grand Pakuwon, Banjar Sugihan, Kec. Tandes, Kota Surabaya, Jawa Timur 60184

7. Kebun Binatang SurabayaTempat Wisata Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya menjadi destinasi berikutnya yang bisa Anda kunjungi saat ke Surabaya. Faktanya, Kebun binatang Surabaya menjadi salah satu tempat wisata tertua di Indonesia.

Di sini tersedia berbagai jenis satwa yang menarik untuk Anda lihat. Namun, Kebun Binatang Surabaya biasanya tutup pada tanggal merah.

Baca Juga: Pengalaman Seri Berkemah di 6 Tempat Camping di Jawa Timur

Harga tiket: Rp. 15.000

Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB

Alamat: Jalan Setail No.1, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60241

8. Dermaga Utara Surabaya

Dermaga Utara Surabaya

Surabaya North Quay merupakan sebuah objek wisata yang unik di Kota Surabaya. Nama North Quay berasal dari terminal persinggahan kapal pesiar mewah yang dibuat menjadi lokasi menarik untuk berwisata.

Melalui terminal ini Anda dapat melihat kapal pesiar mewah yang bersandar, serta menyaksikan matahari terbenam ketika hari sudah petang. Sementara itu, North Quay juga menyediakan sederet kuliner lezat khas Kota Surabaya.

Fasilitas yang ada di sana sudah terawat dan bersih. Mulai dari ruangan ber-AC, sofa yang nyaman, kursi santai dan bangunan tertata rapi.

Hanya dengan tiket Rp. 50.000, Anda bisa memperoleh akses yang lebih dekat dengan tepi laut. Tempat wisata Surabaya ini akan memberikan pengalaman baru dan unik untuk Anda yang berasal dari luar kota. Anda dapat menyesuaikan jadwal bila ingin berkunjung untuk melihat kapal-kapal pesiar mewah.

Harga tiket: Rp. 10.000-Rp. 50.000.

Jam Operasional : 11.30-20.00 WIB.

Alamat: Perak Utara daerah Pabean Cantian

9. Pagoda Tian Ti 

Pagoda Tian-Ti Surabaya

Pagoda Tian Ti dikenal sebagai Skyworld dan sudah berdiri sejak tahun 2010. Tempat wisata Pagoda tidak digunakan sebagai acara ritual keagamaan dan ikon pariwisata baru di Surabaya. Pagoda Tian Ti terdiri dari tiga lantai dan konstruksinya terbuat dari baja.

Harga tiket: Rp. 10.000-Rp. 50.000

Jam Operasional : 08.00-20.00 WIB

Alamat: Jalan Sukolilo Nomor 100, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya

Demikian informasi mengenai beberapa tempat wisata Surabaya yang Instagramable  dan unik. Bagi Anda yang ingin pergi ke Surabaya, jangan lupa luangkan waktu untuk berkunjung.

Related posts

Indah dan Instagramable, 7 Tempat Wisata Alam di Lampung

Marsyaviani

5 Restoran di Ciwidey untuk Kumpul Bareng Kerabat

Risma

Hilangkan Penat dengan Jalan-Jalan di 10 Tempat Wisata di Jakarta

Marsyaviani

Leave a Comment