Destinasi

8 Tempat Wisata Nusa Penida Paling Keren

Tempat wisata Nusa Penida memang selalu menarik untuk dikunjungi. Spot-spot cantik dan unik juga banyak bertebaran di tempat yang satu ini. Maka tak heran jika banyak pengunjung termasuk turis mancanegara menjadikan Nusa Penida sebagai destinasi andalan mereka saat berlibur ke Bali. Tak hanya wisata pantai, Nusa Penida juga terkenal dengan wisata laut, tebing, gua, hingga wisata spiritualnya.

Jika dalam waktu dekat ini Anda akan berkunjung ke Bali, maka cobalah mengunjungi delapan spot terbaik yang ada di Nusa Penida berikut ini.

1. Crystal Bay Beach

Turis mancanegara menjadikan Crystal Bay Beach sebagai tempat favorit mereka saat berada di Bali. Pemandangan pantai, laut lepas yang dikelilingi dua tanjung dan sebuah bukit kecil di laut lepas selalu menghipnotis mata para pengunjung. Suasana senja di Crystal Bay Beach juga tak kalah cantiknya saat sore hari. Karena posisi pantai yang menghadap langsung ke arah barat, jadi Anda bisa menyaksikan langsung matahari terbenam yang eksotis di tempat ini. Selain bisa menikmati pemandangan yang cantik, di Crystal Bay Beach Anda juga bisa berenang, snorkeling, diving hingga bermain bola pantai.

Baca Juga: Sejarah, Makna dan Properti Tari Legong Khas Bali

2. Pantai Atuh

Pantai Atuh berada di Banjar Pelilit, Nusa Penida. Para pengunjung menyebutnya sebagai pantai tersembunyi karena dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi dan besar. Di pantai ini Anda bisa menikmati indahnya pasir putih yang terbentang luas mengelilingi pantai. Di bagian timur Pantai Atuh terdapat beberapa bukit besar yang bisa dijadikan spot untuk berkemah dan juga memancing.

3. Pasih Uug (Broken Beach)

Pasih Uug sebenarnya lebih dikenal dengan sebutan Broken Beach bagi para turis. Tebing yang memiliki lubang besar di tengahnya semacam menjadi ikon dari tempat ini. Pantai ini juga cukup menarik karena saat musim hujan tiba maka para pengunjung bisa melihat rerumputan yang menghijau di sekitar pantai. Pantai ini akan terlihat berubah bagaikan taman yang menghijau. Selain itu, Anda juga bisa hunting foto atau berswafoto di atas lubang besar bukit di pantai ini. Birunya langit dan birunya laut lepas dijamin akan menambah keestetikan hasil foto Anda.

4. Goa Giri Putri

Tak hanya wisata pantai dan laut, Nusa Penida juga menawarkan wisata gua yang tak kalah keren dan seru. Salah satu kawasan wisata gua yang juga ramai dikunjungi pengunjung di Nusa Penida ialah Goa Giri Putri. Saat berkunjung ke tempat ini, Anda akan menemukan bangunan pura yang merupakan tempat pemujaan untuk Dewa Siwa. Masyarakat Hindu di Bali menganggap Dewa Siwa sendiri sebagai Dewa yang selalu menjaga dan melindungi umat manusia.

Adapun panjang dari Goa Giri Putri ini ialah sekitar 262 meter dan 150 meter di atas permukaan laut. Di dalam gua Anda akan melihat gerombolan kelelawar, stalagmit dan juga stalagtit. Bagian depan gua terdapat tempat persembahan dan tiga tempat persembahan lainnya terdapat di bagian dalam gua.

Di dalam gua ini juga terdapat aliran air yang dianggap sebagai air suci bagi masyarakat setempat. Biasanya, umat Hindu akan ramai berkunjung ke Goa Giri Putri untuk melakukan peribadatan saat hari raya Kuningan dan Galungan.

5. Pura Paluang

Pura Paluang juga menjadi salah satu tempat wisata Nusa Penida yang tak pernah sepi pengunjung. Jika ingin mengunjungi Pura Paluang maka Anda wajib menggunakan kain dan ikat panggang atau kamben. Di kawasan Pura Paluang ini terdapat dua bangunan yang terlihat unik yaitu pelinggih yang menyerupai miniatur mobil.

Terdapat dua mobil di tempat ini, yang pertama ialah VW Beatle dan yang kedua bisa dibilang mirip dengan mobil Jimmy. Jika dilihat dengan lebih dekat, mobil VW Beatle ini diletakkan di atas sebuah panggung segi empat. Mobil ini dilengkapi ukiran di tiap sisinya serta memiliki corak warna emas pada kapnya dan warna coklat kekuningan di bagian bodinya. Mobil VW Beatle ini memiliki plat nomor kendaraan bertuliskan KD 013. Adapun mobil Jimmy yang terletak di sebelah mobil VW memiliki corak berwarna merah serta memiliki plot mobil bertuliskan DK 28703 GL.

Baca Juga: Rekomendasi Hotel Budget Murah di Bali yang Cocok Untuk Liburan dan Staycation

6. Angle’s Billabong

Banyak turis asing merekomendasikan Angle’s Billabong sebagai spot foto terbaik. Tempat ini sendiri merupakan muara akhir dari sebuah sungai di pulau Nusa penida. Saat berada di tempat ini, Anda akan melihat langsung jernih dan tenangnya air dari Angle’s Billabong. Titik lokasi dari tempat wisata ini sendiri berada tepat di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Nusa penida, Bali.

Kehadiran cerukan-cerukan yang membentuk kolam secara alami dan terlihat sangat cantik dan indah ini menjadi spot favorit para pengunjung untuk berfoto-foto. Pemandangan Angle’s Billabong semakin terlihat estetik karena terdapatnya batu karang berwarna hijau kuning yang mengelilinginya. Selain menikmati panorama yang disajikan oleh Angle’s Billabong, Anda juga bisa berenang di tempat ini. Namun, saat air laut sedang pasang dan terdapatnya gelombang besar, Anda sangat tidak dianjurkan untuk berenang.

7. Tembeling Water Spring

Kalau bosan berenang di laut maka cobalah mengunjungi kolam renang alami yang ada di Nusa Penida. Kolam renang alami yang terdapat di bawah tebing hutan hijau ini dikenal dengan nama Tembeling Water Spring. Warga setempat menganggap air dari kolam renang alami berasal dari gua rahasia. Yang makin membuat tempat ini begitu eksotis ialah karena di sekelilingnya dipenuhi oleh hutan yang sangat lebat.

Kawasan kolam renang alami ini juga memisahkan para pria dan wanita. Para wanita memiliki kolam renang khusus yang berada di dekat pantai. Untuk bisa mencapai kawasan wisata ini maka Anda juga perlu menyiapkan tenaga ekstra. Namun, rasa lelah itu akan terbayar dengan indahnya pemandangan serta segarnya air dari kolam renang alami ini.

8. Gala-Gala Underground House

Satu lagi destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi jika berkunjung ke Nusa Penida. Saat berada di Nusa Penida cobalah menikmati pengalaman seru di Gala-Gala Underground House. Gala-Gala adalah gua buatan manusia yang dibangun sejak 1961. Tempat ini dibangun oleh seorang jero Mangku Dalang Bernama Mangku Byasa yang juga berprofesi sebagai petani sekaligus petapa.

Saat membangun Gala-Gala, Mangku Byasa masih menggunakan alat-alat konvesional seperti linggis. Setelah bekerja keras membuat Gala-Gala, Mangkyu Byasa pun memutuskan untuk tinggal di tempat tersebut. Maka tidak heran, saat berkunjung ke tempat ini, Anda akan menemukan berbagai ruangan seperti halnya tempat tinggal pada umumnya.

Beberapa ruangan tersebut terdiri atas tempat meditasi, ruang tamu, ruang tidur, dapur hingga sumur. Untuk bisa masuk ke dalam Gala-Gala maka Anda harus menuruni anak tangga sekitar 2 meter jauhnya. Adapun kedalaman dari rumah bawah tanah ialah sekitar 7 meter di bawah permukaan tanah.

Baca Juga: 11 Tempat Jalan-Jalan di Bali yang Hits, Instagramable, dan Seru Buat Dikunjungi

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata Nusa Penida yang wajib Anda kunjungi saat berada di Bali. Jika ingin mengunjungi kedelapan spot yang ada di artikel ini maka pastikan untuk memiliki waktu liburan lebih dari sehari ya guys!

Emkay Blast Lite
jasa pembuatan website

Related posts

Banten: Banyak Tempat Ziarah Sambil Berwisata

admin

Tempat Wisata Purwokerto, Buat Kamu yang Kangen Traveling

Primaditya Riesta

20 Tempat Indah di Asia Yang Wajib Dikunjungi

Arif Buz

Leave a Comment