Tips

Cara Memilih Transportasi untuk Traveling dan Menghemat Pengeluaran

Bepergian bersama keluarga, sahabat, kerabat ataupun pasangan tentu ada banyak sekali yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah akomodasi atau transportasi yang nantinya akan kamu gunakan. Cara memilih transportasi untuk traveling pun mungkin agak susah-susah gampang. Salah memilih malah akan membuat budget liburanmu jadi membengkak, lho.

Sebenarnya ada banyak sekali pilihan transportasi untuk traveling yang bisa kamu pilih sesuai keinginan dan budget yang kamu miliki. Walaupun begitu, tentunya kita ingin mengeluarkan budget sedikit namun bisa mendapatkan transportasi yang tentunya maksimal. Maka dari itu, kamu bisa melihat beberapa hal penting sebelum akhirnya menentukan pilihan transportasi yang akan kamu gunakan untuk traveling nantinya.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Transportasi Traveling

Sebelum menentukan transportasi yang akan kamu gunakan, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dulu:

Jarak tujuan yang akan ditempuh

Kamu sebelumnya pasti sudah menentukan akan traveling ke mana, apakah masih satu kota dengan tempat tinggalmu, atau luar kota, luar pulau, ataupun luar negeri. Nah, jarak tujuan traveling-mu ini adalah hal yang harus kamu perhatikan sebelum memilih transportasi. Bila kamu akan bepergian ke tempat yang masih satu kota ataupun luar kota namun masih satu pulau, kamu bisa memilih transportasi darat. Sedangkan luar pulau atau luar negeri, tentunya transportasi udara akan lebih nyaman dan membuatmu tidak terlalu lama di perjalanan.

Untuk transportasi darat pun kamu bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum, sesuai dengan keinginanmu. Kendaraan umum pun saat ini sudah sangat memberikan kenyamanan dengan beragam fasilitas yang mereka tawarkan. Apalagi, ada banyak promo tiket transportasi umum yang ditawarkan oleh Online Travel Agent (OTA).

Baca Juga: Masih Sering Disamakan, Begini Beda Traveler dan Backpacker!

Kenyamanan

Cara memilih transportasi untuk traveling selanjutnya adalah memerhatikan faktor kenyamanan. Karena bila kamu nyaman selama perjalanan, maka traveling pun akan jadi menyenangkan. Nah, kalau soal kenyamanan, transportasi udara memang punya tingkat kenyamanan yang lebih tinggi dibanding jenis tranportasi lainnya. Barang yang kamu bawa pun bisa diletakkan di kabin atau bagasi bila kamu menaiki transportasi udara.

Walaupun begitu, memilih transportasi udara namun jarak yang kamu tuju tidak terlalu jauh juga mungkin agak berlebihan. Bila memang perjalanan yang kamu lakukan bukan ke luar pulau atau ke luar negeri, kamu bisa memilih naik kereta api saja. Kereta api pun sekarang ini sudah memberikan kenyamanan yang lebih. Soal barang bawaan pun kamu tidak perlu kawatir, karena kereta api sudah menyiapkan kabin dan bagian bawah tempat duduk yang terbilang luas. Bahkan, perjalananmu juga akan lebih nyaman karena adanya AC di setiap gerbongnya.

Keamanan

Baik transportasi pribadi ataupun umum, baik itu transportasi darat, laut ataupun udara, pasti punya risiko masing-masing. Maka dari itu, memilih transportasi untuk traveling yang tepat adalah dengan memilih jenis transportasi yang memberikan kamu rasa tenang dan aman ketika di perjalanan.

Harga

Nah, harga juga tentunya jadi salah satu pertimbangan ketika memilih transportasi untuk traveling. Karena ini akan berhubungan dengan budget yang akan kamu keluarkan.

Memilih menggunakan pesawat untuk traveling memang nyaman dan perjalanan pun cenderung lebih cepat, namun biayanya tentu akan lebih mahal dibandingkan menggunakan transportasi lain.

Jika waktu traveling­-mu terbilang fleksibel, kamu bisa memilih transportasi darat, seperti bus, menggunakan travel, dan kereta api, ataupun transportasi laut seperti kapal. Namun bila tidak memungkinkan, lebih baik gunakan pesawat. Yang pasti pastikan kamu sudah menyisihkan budget tersendiri untuk transportasi yang akan kamu gunakan, dan tentunya selektif untuk memilih.

Jumlah orang

Jumlah orang saat traveling juga jadi salah satu bahan pertimbangan ketika memilih transportasi. Jika kamu rencananya berlibur hanya berdua, maka kamu bisa memilih kendaraan pribadi seperti menggunakan motor ataupun mobil. Namun ini dipilih bila kamu akan berlibur dengan jarak yang tidak jauh. Atau kamu bisa memilih transportasi umum bila menggunakan kendaraan pribadi tidak memungkinkan.

Sedangkan jika kamu pergi dalam jumlah orang yang lumayan banyak, dan tidak cukup bila harus menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa memilih transportasi umum. Tapi bila jumlahnya cukup banyak, kamu bisa melakukan pembelian tiket transportasi umum secara terpisah untuk mendapatkan harga termurah.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata Di Magetan yang Hits

Pengalaman

Perjalanan ketika traveling adalah salah satu pengalaman terbaik yang bisa kamu dapatkan. Kamu bisa bertemu orang baru, menjelajah daerah baru, mencoba kuliner yang belum pernah kamu coba sebelumnya, dan lainnya. Itulah kenapa, faktor pengalaman pun harus jadi salah satu pertimbangan ketika kamu memilih transportasi traveling.

Cara Memilih Transportasi Untuk Traveling yang Hemat Budget

Lalu bagaimanakah cara memilih transportasi untuk traveling yang bisa membuat budget liburan jadi lebih hemat dan tidak membengkak? Ini dia jawabannya:

1. Naik kendaraan pribadi

Jika kamu punya kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, dan jarak tempuh tujuanmu tidak jauh, dan jumlah orang yang pergi berlibur bersamamu pun memungkinkan jumlahnya, maka sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi yang kamu miliki saja.

Namun hitung-hitung kembali kemungkinan budget yang akan keluar bila kamu menggunakan kendaraan pribadi dengan menggunakan transportasi umum. Karena kendaraan pribadi harus membuatmu mengeluarkan budget untuk pemeriksaan ke bengkel sebelum bepergian, bayar tol, dan juga bayar bensin.

2. Mencari tiket murah

Bila kamu memutuskan untuk naik transportasi umum, sebaiknya pintar-pintar mencari tiket murah yang banyak ditawarkan oleh OTA. Selain itu, coba beli tiket di musim-musim promo seperti mendekati musim libur. Dengan begitu kamu bisa lebih menghemat budget transportasi traveling-mu.

3. Jangan sampai di tujuan saat malam hari

Sebelum bepergian, pastikan kamu mengetahui estimasi waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan. Nah, dengan begitu kamu bisa menghindari perjalanan yang akan memungkinkanmu untuk sampai di tujuan saat malam hari. Karena jika kamu tiba di tujuan ketika malam, malah akan membuat pengeluaran untuk transportasi jadi lebih boros, terutama bila kamu menaiki transportasi umum.

Ini karena saat malam hari akan sedikit angkutan umum yang masih beroperasi. Pilihan transportasimu pun jadi terbatas.

Tips Aman dan Nyaman Traveling dengan Transportasi Umum

Transportasi umum seringkali jadi pilihan untuk traveling, baik itu solo traveling ataupun bepergian bersama sahabat, keluarga dan pasangan. Pilihan ini karena transportasi umum diyakini akan lebih membuat budget yang dikeluarkan jadi lebih hemat.

Nah, bila kamu memutuskan untuk traveling dengan transportasi umum, berikut ini ada beberapa tips cara memilih transportasi untuk traveling agar kamu tetap aman dan nyaman traveling menggunakan transportasi umum:

  • Cari tau jenis transportasi yang akan kamu gunakan; ini berguna agar kamu tidak kebingungan ketika perjalanan dan juga saat sampai di tujuan. Ini juga akan menghindarkan kamu dari kemungkinan dimanfaatkan oleh orang yang punya niat jahat. Mencari informasi sebanyak mungkin sebelum berangkat adalah hal yang penting.
  • Pergi di siang hari; bepergian dengan transportasi umum di siang hari tentu jadi lebih aman dan nyaman. Kamu pun bisa jadi lebih waspada, dan juga bisa melihat pemandangan indah di sekitar.
  • Manfaatkan transportasi online; bila kamu akan bepergian mengelilingi tempat liburanmu dengan transportasi umum, kamu bisa memanfaatkan transportasi online yang ada. Ini tentunya akan lebih memudahkan dan memberi kenyamanan serta keamanan yang lebih.
  • Bawa barang seperlunya; karena menggunakan transportasi umum, sebaiknya kamu tidak membawa terlalu banyak barang bawaan. Ini hanya akan membuatmu kerepotan dalam perjalanan.

Dengan mengetahui cara memilih transportasi untuk traveling serta apa saja yang harus diperhatikan sebelum memilih jenis transportasi yang tepat, kamu jadi lebih tau dan mempersiapkan segala hal dengan matang sebelum bepergian. Dengan begitu, liburanmu pun akan jadi lebih tenang dan menyenangkan.

Emkay Blast Lite
jasa pembuatan website

Related posts

Debut Plesiran ke Luar Negeri? Simak 5 Tips Agar Perjalanan Anda Anti Risiko!

admin

Wow, Ternyata Ini Rahasia untuk Mendapatkan Diskon Tiket Pesawat

Marsyaviani

Tips Aman Travelling Bersama Disabilitas

Arif Buz

Leave a Comment